Otomotif
Selasa, 29 Mei 2012 - 12:22 WIB

MOBIL ESEMKA: Jadwal Uji Emisi Esemka Belum Pasti

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - PEMBERANGKATAN MOBIL ESEMKA--Walikota Solo Joko Widodo didampingi Wawali FX Hadi Rudyatmo menaikkan mobil Esemka ke atas truk pengangkut menuju Jakarta untuk menjalani uji emisi ke dua saat akan diberangkatkan dari Solo Techno Park (STP) Solo, Senin (28/5/2012).(Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

PEMBERANGKATAN MOBIL ESEMKA--Walikota Solo Joko Widodo didampingi Wawali FX Hadi Rudyatmo menaikkan mobil Esemka ke atas truk pengangkut menuju Jakarta untuk menjalani uji emisi ke dua saat akan diberangkatkan dari Solo Techno Park (STP) Solo, Senin (28/5/2012).(Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Kendati sudah berangkat menuju Tangerang sejak Senin (28/5) siang, hingga saat ini belum ada kepastian jadwal, kapan uji emisi resmi mobil Esemka bakal dilakukan.

Advertisement

Informasi yang diperoleh solopos.com, sebelum uji emisi resmi, terlebih dahulu akan dilakukan serangkaian uji coba (trial) di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) di Serpong. Trial itu untuk mengetahui sejauh mana improvement yang telah dilakukan oleh tim teknis Esemka.

Perjalanan mobil itu sendiri agak lambat karena faktor kepadatan lalu lintas. “Pukul 06.00 WIB, informasi yang saya terima baru sampai Indramayu. Mungkin siang baru sampai BTMP. Sebenarnya tidak ada hambatan berarti. Hanya lalu lintasnya agak padat,” ungkap Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park (STP), Gampang Sarwono, saat dihubungi solopos.com, Selasa (29/5/2012).

Gampang, yang saat dihubungi mengaku sudah mendahului  berada di Jakarta, mengatakan belum tahu pasti kapan jadwal uji emisi Esemka. Menurut Gampang, antrean uji emisi itu cukup panjang.

Advertisement

Guru SMKN 2 Solo, Budi Martono alias Totok, yang ikut serta dalam perjalanan mobil Esemka, ketika dihubungi sekitar pukul 10.00 WIB, mengatakan mobil baru saja memasuki tol lingkar dalam Jakarta. Dia memperkirakan mobil akan sampai BTMP sekitar pukuk 12.00 WIB.

“Mengenai uji emisi maupun trial-nya kami belum tahu. Sesampai di sana kami baru akan meminta waktu,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pusat Teknologi Industri dan Sistem Transportasi BTMP, Prawoto membenarkan mobil Esemka memang harus menunggu antrean untuk bisa uji emisi. Namun berapa banyak antreannya, Prawoto mengaku tak tahu persis.

Advertisement

Dia pun mengaku belum bisa memastikan kapan jadwal untuk Esemka. “Sesuai perjanjian, sebelum uji emisi yang sesungguhnya kan akan ada trial dulu untuk mengetahui sejauh mana improvement yang telah dilakukan oleh tim Esemka, di mana BTMP juga ikut mendampingi,” ujar Prawoto, melalui sambungan telepon, Selasa (29/5).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif