SOLOPOS.COM - Danar Widianto, pemuda asal Banyumas yang ikut audisi X Factor Indonesia (Youtube/X Factor Indonesia)

Solopos.com, PURWOKERTO — Seorang pemuda asal Banyumas, Jawa Tengah, membawakan lagu ciptaannya sendiri di audisi ajang pencarian penyanyi berbakat, X Factor Indonesia. Pemuda berusia 18 tahun yang disapa Danar itu pun sukses mencuri perhatian sederet penyanyi papan atas yang menjadi juri di ajang tersebut.

Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui video di kanal Youtube X Factor Indonesia, Sabtu (18/12/2021), Danar  dengan logat Ngapak khas Banyumasnya memperkenalkan diri kepada kelima juri, Anang Hermansyah, Bunga Citra Lestari, Ariel Noah, Rossa, dan Judika Sihotang. Rossa menanyakan alasan Danar kenapa dia mengikuti ajang kompetisi tersebut dan Danar menjawab “karena diamku adalah perjalanan untuk membuatmu diam.”

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Dari pernyataan itu, para juri langsung berasumsi bahwa Danar sedang dalam misi balas dendam. Rossa juga dengan instingnya menebak bahwa Danar akan menyanyikan lagu ciptaannya sendiri. Benar saja, kontestan X Faxtor asal Banyumas ini menyanyikan lagu yang dia tulis sendiri berjudul Dulu. Lirik yang dia tulis mengandung kata-kata yang tajam, berikut penggalannya:

Baca Juga: Rasakan Sensasi Kulineran Asyik Sambil Lihat Kereta Api Berkeliling

Dulu…ku kau maki

ku kau hina

ku kau benci

Dulu… kau injaki harga diri, ku tak sempurna

Akan ku buktikan, kan kulawan, tak kan terhenti

Akan ku buktikan, ku takkan mati, karena dibully

Setelah menampilkan lagu itu di hadapan lima juri, Danar bercerita bahwa dia kerap dirundung saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Saat itu, Danar dikucilkan oleh teman-temannya di sekolah favorit di Purwokerto. Hal ini terjadi karena dia tidak bisa mengikuti gaya hidup teman-temannya yang mewah.

Cerita tersebut menjadi inspirasi bagi Danar dalam menciptakan lagu. Para juri menilai makna lagu ini sangat dalam dan tajam. Bahkan Rossa menilai bahwa sosok Danar dengan lagunya bisa menjadi penyemangat bagi para generasi muda yang sering dirundung. Video pemuda Banyumas yang mengikuti audisi X Factor Indonesia ini menuai lebih dari 11 juta penonton dan lagunya, Dulu juga viral di media sosial lain.

Baca Juga: Ternyata Ini Awal Mula Munculnya Mitos Larangan Pacaran di Gunung Muria

Lolos

Meski cukup menginspirasi, Danar tidak mendapatkan lima yes dari juri. Kendati demikian, dia tetap lolos ke babak selanjutnya karena mendapat tiga yes dari Judika, Rossa dan Bunga Citra Lestari. Mereka sama-sama melihat aspek keontentikan dari pribadi Danar, sedangkan Anang dan Ariel melihat dari sisi kemampuan vokalnya yang dinilai kurang kuat untuk kompetisi ini. Namun meskipun demikian, Danar tetap maju ke babak berikutnya dan para warga net berharap Danar bisa terus bertahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya