Soloraya
Jumat, 15 Maret 2024 - 11:33 WIB

5 Lokasi Pilihan Ngabuburit di Karanganyar, dari Perairan hingga Pegunungan

Redaksi Solopos.com  /  Kaled Hasby Ashshidiqy  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - De Tjolomadoe Karanganyar. (Istimewa/Instagram @detjolomadoe_official)

Solopos.com KARANGANYAR – Sudahkah Anda memiliki rencana ngabuburit di Bumi Intanpari yakni Kabupaten Karanganyar? Momen ngabuburit memberikan kesempatan menikmati waktu buka puasa lebih berkesan bersama teman, pasangan, atau keluarga Anda.

Tak hanya di Tawangmangu, Karanganyar menawarkan beberapa tempat lain yang cocok dan menarik untuk dijadikan referensi tempat menantikan azan maghrib berkumandang di bulan Ramadhan ini.

Advertisement

Berikut spot ngabuburit versi Solopos.com yang bisa Anda jadikan pilihan :

1. Alun-Alun Karanganyar

Suasana car free day (CFD) di sekitar Alun-alun Karanganyar. (Instagram/@dishubkaranganyar)

Tempat yang berada di depan Kantor Bupati Karanganyar ini akan cocok bagi Anda yang suka menghabiskan waktu ngabuburit dengan hunting kuliner baik makanan berat maupun cemilan. Saat sore, kawasan Alun-Alun Karanganyar atau yang sering disingkat menjadi Alkra ini sangat ramai.

Advertisement

Tak hanya pedagang makanan, Anda dapat menemukan beberapa permainan anak kecil seperti istana balon, kereta mini, dan area menggambar di sterofoam dengan cat. Selain itu juga ada taman air mancur di bagian depannya.

Jika Anda ingin menghabiskan waktu sampai malam di sini, jangan risau. Di Alkra terdapat Masjid Agung Madaniyah yang sangat megah dan terdiri atas dua lantai. Tempat ibadah yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Jumat (8/3/2024) lalu ini menyediakan tempat wudu yang banyak sehingga Anda akan merasa sangat nyaman.

2. Taman Pancasila

Suasana Taman Pancasila Karanganyar. (Youtube/@zona sang petualang)

Tidak jauh dari Alun-Alun Karanganyar, ada juga spot bersantai gratis yaitu di Taman Pancasila Karanganyar. Tempat ini identik dengan patung garuda, Ir. Soekarno, dan Moh. Hatta bertuliskan Taman Pancasila yang ukurannya sangat besar.

Advertisement

Sama seperti di Alun-Alun Karanganyar, tempat ini ramai dari sore sampai malam hari sehingga sangat cocok untuk ngabuburit. Di sini Anda bisa berolahraga sore, berburu takjil, dan menyenangkan anak atau adik Anda dengan arena bermain yang cukup luas. Ada permainan seperti kereta mini, istana balon, dan mobil-mobilan dengan pedal gas.

Taman Pancasila terletak di dekat Rumah Dinas Bupati Karanganyar tepatnya di Jl. Lawu, Dompon, Kecamatan Karanganyar, Karanganyar. Lokasi Taman Pancasila hanya berjarak 1,6 km atau sekitar 4 menit saja dari Alun-alun Karanganyar.

3. Waduk Delingan

Bangsal Balekambang di Waduk Tirtomarto, Delingan, Karanganyar masih utuh meskipun telah mengalami renovasi. Pada tahun 1922 (kiri), tempat tersebut digunakan sebagai objek wisata oleh segenap kerabat Mangkunegaran. Bangunan tersebut sekarang masih utuh dan sebagai tempat tujuan wisata masyarakat umum sambil menikmati panorama Gunung Lawu. (Dok/JIBI/Solopos)

Apakah Anda penyuka ngabuburit dengan memancing? Jika benar, Waduk Delingan sangat cocok masuk dalam daftar tempat ngabuburit Anda. Banyak pengunjung yang mencoba keberuntungan dengan umpan dan pancing kesayangannya.

Advertisement

Cukup dengan mengeluarkan Rp3.000 saja untuk membeli tiket masuk, suasana yang tenang dengan view Waduk Delingan bisa Anda jadikan tempat mengobrol bersama orang pilihan Anda sembari menantikan waktu berbuka puasa. Selain itu Anda juga dapat melakukan olahraga sore ringan seperti bersepeda atau jalan santai.

Di sini juga ada warung makan dengan berbagai pilihan menu. Tempatnya sangat strategis yaitu di Desa Delingan, Kecamatan Karanganyar, Karanganyar. Jaraknya hanya sekitar 2,5 km saja dari pusat kota atau sekitar 6 menit perjalanan.

4. De Tjolomadoe

Pabrik Gula DeTjolomadoe di Colomadu, Karanganyar. (Istimewa/Google Maps Pabrik Gula Colomadu)

Jika Anda penyuka tempat bersejarah dan ingin pengetahuan baru, bekas pabrik gula yang menjadi ikon Colomadu, De Tjolomadoe, bisa menjadi pertimbangan Anda untuk jadi lokasi ngabuburit. Museum ini buka setiap hari Selasa-Minggu pukul 10.00-17.00 WIB.

Advertisement

Di museum ini, Anda dapat melihat bagaimana pabrik gula dengan mesin-mesin buatan Jerman dengan suasana pabrik sebagaimana mestinya. Anda akan merasa nyaman karena bangunan ini beratap tinggi dan dan dilengkapi penyejuk ruangan.

Pabrik ini berada di Jl. Adisucipto No.1, Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar dan berjarak 4,6 km saja dari Bandara Adi Soemarmo. Jika Anda tertarik untuk datang ke sini dapat memesan tiket secara online di sini.

Harga tiket untuk umum adalah Rp40.000 dan pelajar Rp30.000, namun untuk pelajar jangan lupa untuk membawa identitas pelajar untuk ditunjukkan di loket nanti.

5. Cemoro Kandang 1.800 Mdpl

Puncak Pass 1.830 Mdpl Cemara Kandang. (Solopos.com/Mariyana Ricky P.D.)

Anda pasti sudah tidak asing dengan tempat ini karena merupakan jalur utama menuju puncak Gunung Lawu. Sepanjang jalan, Anda akan menemukan tempat makan yang berjejer mulai dari warung biasa hingga kafe.

Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat ngabuburit karena Anda dapat menunggu waktu berbuka sembari menikmati pemandangan alam yang membentang luas. Anda dapat memilih salah satu tempat makan dan naik ke lantai duanya.

Advertisement

Lokasi Cemoro Kandang 1.800 Mdpl terletak di Jl. Raya Matesih-Tawangmangu atau naik sekitar 20 menit saja dari Pasar Tawangmangu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif