SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Dok. Solopos.com/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi terus merosot. Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menyebutkan kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi hanya mencapai angka 51%, sedangkan 47% menyatakan tidak puas, dan 2% ragu-ragu memberikan pilihan.

Hasil survei itu dilakukan IPO dalam kurun waktu 29 November-Desember 2021. Survei dilakukan di sejumlah desa yang dipilih secara acak, menggunakan random kish grid paper.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode multistage random sampling (MRS), atau pengambilan sampel bertingkat di 34 provinsi Indonesia. Tingkat kepercayaan survei ini 95%, dengan margin error 2,5%.

Baca juga: Kala Presiden Jokowi Tak Puas dengan Kinerja Menantu di Medan

Hasil survei IPO itu menyatakan kepuasan terhadap kinerja Presiden mencapai 51%, atau mengalami penurunan dibanding survei sebelumnya di bulan Agustus yang berada di angka 52%.

Pada periode Agustus 2021, angka ketidakpuasaan hanya mencapai 41%, dengan 7% penilaian ragu-ragu. Angka ketidakpuasan ini pun meningkat 4% hanya dalam kurun waktu tiga bulan.

“Persepsi kepuasan publik terhadap kinerja Presiden dalam penanganan pandemi masih belum dominan, cenderung kian menurun jika dibandingkan dengan survei periode Agustus 2021. Termasuk dalam hitungan detail turut terjadi penurunan pada bidang sosial, hukum dan politik. Bahkan, tingkat kepuasan publik pada kinerja Presiden berada di bawah persentase jumlah pemilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pemilu 2019,” ujar Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah, dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Sabtu (4/12/2021).

Wakil Presiden

Tak jauh berbeda dengan kepuasan pada kinerja Presiden, Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, juga tak luput dari sorotan survei publik IPO. Ma’ruf Amin dalam perspektif publik hanya meraih kepuasan 31%, sementara 62% responden merasa tidak puas dengan kinerja Wakil Presiden, dan 7 persen menyatakan ragu-ragu. Jika dibandingkan dengan Presiden, penilaian publik atas kinerja Wakil Presiden terpaut sangat jauh.

“Tidak banyak berubah hasil survei ini dengan periode Agutus 2021. Posisi Wapres dalam persepsi publik tetap jauh di bawah tingkat kepuasan pada kinerja Presiden. Bahkan bidang sosial sekalipun yang paling dekat dengan ketokohan Wapres cenderung konsisten menurun hingga di angka 27 persen. Kondisi ini menandai semakin banyak publik yang tidak percaya pada kapasitas Wapres Ma’ruf Amin,” imbuh Dedi.

Baca juga: Hasil Survei: Soeharto Presiden Favorit Rakyat Indonesia

Secara detail, kinerja pemerintah pada bidang hukum dan politik, merupakan bidang paling signifikan berkontribusi pada penurunan angka persepsi publik, yakni hanya memuaskan di angka 39%. Sementara dua bidang lainnya, ekonomi dan sosial cukup baik. Pada bidang ekonomi, angka kepuasan pada kinerja Presiden mencapai 53%, sedangkan di bidang sosial sekitar 48%.

“Kontribusi terbesar penurunan persepsi publik dari kinerja bidang politik dan hukum. Juga, terkait kinerja Kementerian Kesehatan yang hanya mampu memuaskan di angka 36%. Tentu ini disayangkan, bagaimanapun kinerja Kemenkes paling disorot sepanjang pandemi Covid-19,” imbuh Dedi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya