SOLOPOS.COM - Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf. Cristian Irreuw. ANTARA/Evarukdijati

Solopos.com, JAKARTA — Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf. Cristian Irreuw menyatakan pelaku penyerangan ke Koramil Suru-suru yang menyebabkan satu tentara asal Kendal, Jawa Tengah, Sertu Ari Baskoro tewas, Sabtu (20/11/2021), adalah KKB pimpinan Tendius Gwijangge.

Menurut Dandim, sudah ada informasi KKB akan melakukan penyerangan terhadap kodim dan pos-pos TNI sehingga pihaknya memerintahkan kepada personel untuk bersiaga dan meningkatkan patroli.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Aksi itu diduga dilakukan jelang 1 Desember 2021 yang dijadikan sebagai ulang tahun Papua Merdeka,” kata Dandim Yahukimo Letkol Inf. Irreuw kepada Antara, Minggu (21/11/2021).

Ketika dihubungi dari Jayapura, Letkol Inf. Irreuw mengaku belum ada laporan lengkap tentang kronologi tertembaknya dua prajurit yang menyebabkan salah seorang di antaranya gugur, kemarin.

Baca Juga: Tertembak KKB di Sugapa, 2 Tentara Diobati di Timika 

Berdasarkan informasi, pada Sabtu pukul 06.00 WIT, KKB menyerang dan menembaki Koramil Suru-suru yang merupakan koramil persiapan. Baku tembak, kata Irreuw, terjadi hingga pukul 12.00 WIT.

“Jumlah KKB cukup banyak. Namun, berapa perkuatan belum diketahui pasti,” kata Letkol Inf. Irreuw.

Dua prajurit, termasuk seorang di antaranya yang gugur pada hari Minggu (21/11/2021) dievakuasi dengan pesawat milik Semuwa Air dari Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo ke Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Dijelaskan pula bahwa setelah tiba di bandara Sentani, jenazah Sertu Ari Baskoro diterbangkan ke Surabaya, selanjutnya ke kampung halamannya di Kendal, Jawa Tengah.

Sementara itu, Kapten Inf. Arviandi yang menjabat Komandan Koramil Suru-suru akan dirawat di RST Marthen Indey Jayapura.

Dandim menjelaskan bahwa kedua korban merupakan anggota dari Kodam Iskandar Muda Banda Aceh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya