Soloraya
Rabu, 24 April 2024 - 15:20 WIB

Info Lur, CFD Solo 28 April 2024 Ada Perubahan Jam Pelaksanaan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga melintas di dekat lapak pedagang saat Car Free Day Solo di Jalur Citywalk di Sriwedari, Solo, Minggu (17/3/2024). Car Free Day Solo digelar perdana pada bulan suci Ramadan 2024. Pada kali ini berbeda jauh dibandingkan Minggu biasanya yang dipenuhi ribuan orang dari Solo dan sekitarnya. Sejumlah pengunjung melakukan aktivitas berolahraga seperti bersepeda, lari-lari, dan jalan santai sedangkan sebaliknya sejumlah pedagang kaos, pernik-pernik, hingga mainan tetap berjualan. (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO– Kegiatan car free day atau CFD di Jl. Slamet Riyadi dan Jl. Juanda, Pucangsawit pada Minggu (28/4/2024) mendatang akan ada perubahan jam pelaksanaan, yakni baru akan dimulai pukul 06.00 WIB. dan berakhir pukul 09.00 WIB. Para penyelenggara event , pedagang, dan masyarakat diminta untuk menyesuaikan.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo melalui media sosial Instagram @dishubsurakarta, perubahan ini dilakukan lantaran adanya event  lomba lari Mangkunegaran Run In Solo di hari yang sama. Hal ini bertujuan memberikan kelancaran kepada peserta lari ketika melintas di dua ruas jalan tersebut mulai pukul 05.00-06.00 WIB.

Advertisement

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, ketika dihubungi Solopos.com, Rabu (24/4/2024), mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait perubahan jam CFD kepada para pihak. Dan kegiatan CFD akan kembali normal setelah pukul 06.00 WIB.

“Kami sudah sosialisasikan kepada para penyelenggara event, pengisi kegiatan CFD dari beberapa perusahaan atau OPD Solo, PKL termasuk masyarakat terkait perubahan tersebut. Harapannya mereka tidak menggelar kegiatan sebelum pukul 06.00 WIB.” kata dia.

Ari menjelaskan bila nantinya para penyelenggara event atau pihak pengisi CFD dalam kondisi yang mengharuskan memasukkan barang atau peralatan di lokasi CFD tetap diperbolehkan. Namun tetap dengan syarat.

Advertisement

“Bagi penyelenggara event yang mau loading barang sebelum pukul 06.00 WIB, silakan. Tapi jangan sampai memakan ruas jalan, artinya pukul 05.00 WIB-06.00 WIB jalan harus benar-benar steril tidak ada panggung, kajang atau pedagang, karena yang melintas kemungkinan ribuan orang” beber dia.

Terkit petugas Ari pun juga sudah melakukan persiapan matang untuk penyelenggaraan CFD maupun Mangkunegaran Run In Solo. Dan terkait masih nekatnya beberapa pengendara motor yang nekat menerobos CFD pihaknya akan mengambil tindakan tegas.

“Personel kami sudah siap membantu mengawal dua event tersebut. Mereka akan stand by di lokasi mulai pukul 05.00 WIB. Terkait pengendara yang nekat menerobos CFD akan kami tegur dan tepikan,” jelas dia.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana Distribusi Perdagangan Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Joko Sartono, mengatakan pihaknya telah memberikan pemeberitahuan kepada kepada para pedagang CFD terkait perubahan jam pelaksanaan.

“Sudah ada surat pemberitahuan dari dinas kepada para pedagang lewat paguyuban” katanya saat dihubungi Solopos.com, Rabu (24/4/2024).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif