15.000 Dosis Vaksin Moderna Mulai Disalurkan Kepada Warga Kulonprogo

Pemberian vaksin Moderna untuk warga Kulonprogo telah dimulai sejak Sabtu (18/9/2021). Jumlah vaksin Moderna yang tersedia sebanyak 15.000 dosis.

 Bupati Kulonprogo Sutedjo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kapanewon Panjatan pada Selasa (24/8/2021). (Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

SOLOPOS.COM - Bupati Kulonprogo Sutedjo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kapanewon Panjatan pada Selasa (24/8/2021). (Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

Solopos.com, KULONPROGO — Sebanyak 15.000 dosis vaksin Covid-19 jenis Moderna disiapkan bagi warga Kabupaten Kulonprogo. Vaksinasi Covid-19 jenis Moderna sudah dilakukan sejak Sabtu (18/9/2021) lalu di RSUD Wates.

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Moderna yang diperuntukkan kepada masyarakat umum dilakukan di RSUD Wates. Sebanyak 200 masyarakat telah menerima vaksinasi Covid-19 jenis Moderna,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami, pada Senin (20/9/2021).

“Mekanisme penggunaan vaksin Covid-19 jenis Moderna juga hampir sama dengan vaksin Covid-19 varian lainnya ya. Dosis yang digunakan sebanyak dua kali. Tenggat waktu antara dosis pertama dan kedua adalah sekitar empat pekan,” ujar dia melanjutkan.

 

Dinas Kesehatan Kulonprogo juga terus melakukan pemantauan terhadap kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) pasca-vaksinasi Moderna. Hasilnya, sejauh ini tidak ada KIPI serius yang terjadi kepada masyarakat pasca menerima suntikan vaksin Moderna.

“Mekanisme pengawasannya sama dengan lainnya. Pengawasan KIPI tetap kita lakukan secara ketat. Alhamdulillah, berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kulonprogo tidak ada KIPI serius yang terjadi kepada masyarakat pasca menerima suntikan vaksin Covid-19 Moderna,” terang Sri Budi.

Merujuk data dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, total pencapaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama sebanyak 235.420 orang atau sekitar 68,69%. Sedangkan, dosis kedua mencapai 103.445 orang atau sekitar 30,19%.

 

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati, mengatakan total target angka vaksinasi Covid-19 adalah 342.720 warga. “Bagi warga Kulonprogo yang belum menerima vaksin Covid-19 silakan mendaftarkan diri untuk menerima suntikan vaksin Covid-19 agar herd immunity atau kekebalan kelompok mampu dicapai oleh kabupaten Kulonprogo. Resiko terpapar Covid-19 juga bisa diminimalisasi,” ujar Baning.


Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Gunungkidul Bebas Pilih Vaksin, Ini Jenis yang Paling Diminati

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memberikan kebebasan bagi warganya untuk memilih jenis vaksin Covid-19.

Kabar Baik! Tak Ada Zona Merah di Jogja, Tinggal Satu Oranye

Wakil Wali kota Jogja, Heroe Poerwadi, mengumumkan tidak ada lagi kelurahan di Kota Jogja yang masuk zona merah, dan tersisa satu yang zona oranye.

Gelar Workshop Kewirausahaan, ITNY Jogja Siap Cetak Technopreneur Muda

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan workshop pengembangan kewirausahaan, Sabtu (16/10/2021).

Kemiskinan Kulonprogo Tembus 18,1 Persen, DPRD Minta Ada Evaluasi

Tingginya angka kemiskinan di Kulonprogo menjadi sorotan DPRD setempat. Legislatif ingin ada Pemkab mengevaluasi program pengentasan kemiskinan.

Pemkot Jogja Ingin Seluruh Wisata di DIY Bolehkan Anak 12 Tahun Masuk

Pemerintah Kota atau Pemkot Jogja berharap seluruh tempat wisata di Yogyakarta diizinkan untuk memperbolehkan anak usia di bawah 12 tahun masuk ke kawasan wisatanya.

Ternyata... Gaji Debt Collector Pinjol Ilegal di Sleman Setara UMR

Debt collector salah satu kantor pinjol ilegal di ruko lantai 3, Jalan Prof Herman Yohanes, Depok, Sleman, DIY digaji sesuai UMR Yogyakarta.

Pemkot Jogja Tidak Lagi Gunakan Metode Swab untuk Tes Covid-19, Lalu?

Pemerintah Kota Jogja tidak akan lagi menggunakan metode swab dalam pengambilan sampel tes Covid-19.

Bertambah, Pasien Covid-19 Klaster Senam Sehat di Bantul Jadi 14 Orang

Jumlah pasien Covid-19 dari klaster senam di Mbelan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Kabupaten Bantul terus bertambah hingga Kamis (14/10/2021), tercatat 14 orang.

Ini Daftar Wisata Terbaru di Yogyakarta yang Instagramable

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beragam destinasi wisata terbaru yang layak dikunjungi.

Wisata Pantai di Gunungkidul Kapan Buka?

Inilah penjelasan kenapa sampai saat ini objek wisata pantai di Gunungkidul tak kunjung dibuka.

Jual ke Penyedia Nikah Siri, Komplotan Pencuri Buku Nikah Diringkus

Aparat Polres Gunungkidul meringkus komplotan pencurian spesialis buku nikah dan akta nikah untuk dijual lagi ke penyedia jasa nikah siri dan kawin kontrak.

Tabrakan Pikap dan Scoopy Di Kulonprogo, Dua Orang Tewas di TKP

Dua orang meninggal dunia seketika di tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan antara pikap dan Scoopy di Kulonprogo.

Gempa 4,9 Magnitudo Goyang Yogyakarta, Warga Berhamburan Keluar Gedung

Gempa bumi berkekuatan 4,9 Magnitudo yang terjadi di Pacitan, Jawa Timur, turut dirasakan warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

7 Warga Positif Covid-19 dari Klaster Tilik Bantul Dipindahlan ke RSLKC

Warga yang terpapar Covid-19 dari klaster tilik di Srigading, Saden, Bantul mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid (RSLKC) Bambanglipuro Bantul.

Gempa Kekuatan Magnitudo 4,9 Guncang Yogyakarta Siang Ini

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,9 di ke kedalaman 10 kilometer (km) dan pusat gempa di perairan selatan Jawa.