SOLOPOS.COM - Aksi pencurian yang terekam CCTV. (istimewa/tangkapan layar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Aksi pencurian helm pada sepeda motor yang diparkir di pinggir jalan terjadi di wilayah Karanganyar. Dalam sepekan setidaknya ada dua aksi yang terekam kamera closed circuit television (CCTV).

Modusnya, pelaku yang menggunakan sepeda motor menepi ke titik sasaran kemudian mengambil helm dan langsung membawanya kabur. Salah satunya terjadi di toko komputer Techno Computer di Jl. Slamet Riyadi, Dompon, Kelurahan/Kecamatan Karanganyar, Jumat (17/12/2021). Korbannya adalah karyawan (siswa magang) di toko setempat, Sri Wahyuni.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Baca Juga: Senkom Mitra Polri Tawangmangu Ikuti Diklat Bela Negara

Saat ditemui Sabtu (18/12/2021), Sri mengatakan bahwa sepekan ia magang di toko itu, ia meletakkan helm pada sepeda motor yang diparkir di depan toko. Namun pada hari Jumat saat ia hendak pergi untuk makan siang, helmnya sudah tidak ada.

“Biasanya saya taruh di motor. Tapi kemarin pas mau makan siang helm saya sudah tidak ada. Lalu saya bilang [melapor] kepada yang punya toko,” ujar warga Ngargoyoso ini.

Sementara itu, pemilik toko, Eko Paryanto mengatakan setelah mendapat laporan dari karyawannya itu, ia langsung mengecek rekaman CCTV yang terpasang di area toko. Ternyata helm tersebut diambil oleh seseorang yang diduga sengaja datang untuk mencuri.

“Saya lihat di rekamannya, kejadian sekitar pukul 10.30 WIB. Ia datang sendirian naik sepeda motor. Ciri-cirinya laki-laki, pakai sepeda motor, sendirian. Pelat nomor motornya ada tetapi sepertinya sudah dililit tali-tali supaya tidak terbaca,” ujarnya.

Sementara itu, kejadian serupa juga terjadi di halaman parkir salah satu toko modern di dekat Gedung DPRD Karanganyar. Salah satu karyawan toko, Puspa, mengatakan pencurian helm tersebut terjadi sekitar sepekan yang lalu.

Baca Juga: Dusun Jati Karanganyar Juara I Lomba Kampung Tertib Lalu Lintas

“Kejadiannya sudah sepekan yang lalu, korbannya pelanggan toko sini yang motornya memang sedang diparkir. Dalam rekaman CCTV, dia [pelaku] hanya datang ke parkiran, tidak belanja. Lalu dia mendekat ke helm pelanggan kami dan langsung kabur,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam pengamatan Solopos.com pada tangkapan layar rekaman CCTV, pelaku pencurian di dua tempat ini memiliki kesamaan. Yakni menggunakan sepeda motor matik warna hitam, menggunakan helm hitam, jaket merah marun, dan celana panjang warna abu-abu/krem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya