2 Universitas Luar Negeri Masuk 10 Nomine UNS Jawametrik

UNS Jawametrik merupakan sebuah pemeringkatan berbasis TI untuk memberikan informasi tentang institusi/lembaga pengembang budaya Jawa,

 Kampus UNS Solo (Solopos-dok)

SOLOPOS.COM - Kampus UNS Solo (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO — Dua universitas luar negeri yakni Leiden University, Belanda, dan Australian National University masuk dalam 10 nominasi UNS Jawametrik 2021.

UNS Jawametrik merupakan sebuah pemeringkatan berbasis teknologi informasi (TI) yang dirancang untuk memberikan informasi tentang institusi/lembaga pengembang dan penangkar budaya Jawa, baik yang berada di dalam negeri maupun luar negeri.

UNS Jawametrik yang digawangi Pusat Unggulan Iptek (PUI) Javanologi menetapkan 11 kriteria dan indikator dalam perankingan tersebut.

Baca juga: Selamat! 1.497 Peserta Lolos SNMPTN UNS Solo

Yaitu institusi kajian Jawa, akademisi kajian Jawa, penelitian kajian Jawa, literatur dan koleksi pustaka tentang kajian Jawa, kolaborasi dan kerja sama yang berkaitan dengan kebudayaan Jawa, acara/kegiatan yang berkaitan dengan kebudayaan Jawa, koleksi artefak Jawa, tindakan/aksi yang berkaitan dengan nilai kebudayaan dan norma Jawa, penggunaan bahasa Jawa, pengakuan atau penghargaan yang diakui oleh institusi lain berkaitan dengan budaya Jawa, digitalisasi/adaptasi berbasis teknologi pada kebudayaan Jawa.

“Berdasarkan keaktifan, online visibility, dan kontribusi partisipan dalam pengembangan Kebudayaan Jawa berdasarkan 11 kategori tersebut, tim UNS Jawametrik 2021 telah merumuskan 27 institusi teratas. Sedangkan top 10 nomine UNS Jawametrik 2021 berdasarkan update sistem pada 20 Maret 2021 ditempati delapan perguruan tinggi Indonesia dan dua lainnya dari luar negeri,” ujar Kepala PUI Javanologi UNS Sahid Teguh Widodo kepada wartawan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Selasa (23/3/2021).

Universitas Kelas Dunia

Kesepuluh nomine itu adalah UNS, Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI) Solo, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Indonesia (UI), Leiden University Belanda, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Australian National University, Universitas Negeri Semarang, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, dan Universitas Negeri Surabaya.

Baca juga: Mantap! Mahasiswa UNS Solo Bikin Telur Asin "Anti" Hipertensi

Ia berharap, kegiatan pemeringkatan ini menjadi pelopor sistem pemeringkatan budaya Jawa untuk lembaga internasional di seluruh dunia. Kegiatan ini juga diharapkan mendukung UNS menuju universitas kelas dunia.

“Kami berharap berharap sistem perankingan ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai lembaga pendidikan tinggi dan institusi kebudayaan untuk saling berbagi informasi dan bekerja sama dalam memajukan kebudayaan dan peradaban global,” imbuhnya didampingi Sekretaris PUI Diah Kristina.

Sementara itu, calon peserta yang berpotensi dalam UNS Jawametrik 2021 hingga awal tahun sebanyak 104 institusi yang tersebar berbagai belahan dunia. Yakni Benua Amerika 38 institusi, Benua Asia 47 institusi, Benua Eropa 13 institusi, dan Benua Australia serta Oceania 6 institusi.

Sementara itu, rencananya pemeringkatan Jawametrik 2021 ini akan diumumkan pada 20 Mei mendatang.

Baca juga: UNS di Sepuluh Besar

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Profil Denny Caknan, Penyanyi & Pencipta Lagu dari Ngawi Yang Ngefans Didi Kempot

Berikut profil Denny Caknan, Penyanyi sekaligus pencipta lagu pop Jawa dengan lirik bermakna patah hati yang terinspirasi dari Didi Kempot.

Ketika Swab Test di Buleleng Berakhir Ricuh, Dandim Mengaku Dipukul, TNI Hajar Warga

Video anggota TNI memukuli warga Buleleng, Bali, viral di media sosial. Insiden itu kabarnya dipicu pemukulan kepala Dandim, namun dibantah warga.

Wadidaww, Penyaluran Bansos Bakal Dipantau Pakai Satelit?

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut dengan bantuan satelit Kemensos bisa mengecek langsung kondisi penerima bansos. Kemensos dapat mengetahui posisi dan kondisi rumah.

Vaksin Nusantara Diminati Turki, Siap Impor 5,2 Juta Dosis

Vaksin Nusantara besutan mantan Menyeri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, ternyata sudah mencuri hati negara lain.

Hore, Data Penerima Bantuan Subsidi Upah Diusulkan Tambah 1,5 Juta Pekerja

Sebanyak 1,5 juta data pekerja peserta diusulkan BPJS Ketenagakerjaan menerima bantuan subsidi upah atau BSU tahap III.

Meski Kemarau Basah, 24 Desa di Jateng Dilanda Kekeringan

Sebanyak 24 desa yang mengalami kekeringan berada di 7 kabupaten di Jateng.

Rusunawa Semanggi Solo Bakal Dirobohkan, Penghuni Meminta Solusi

Warga keberatan jika harus menyewa kos maupun kontrak rumah

Mendikbud Ristek Keluhkan 12 Daerah Belum Izinkan PTM Termasuk Jateng, Ganjar Bilang Ini

Jateng menjadi salah satu dari 12 wilayah yang dikeluhkan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, karena belum bolehkan PTM digelar.

Ini 3 Strategi Pemerintah Agar Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Pemerintah tidak hanya fokus pada penanganan, namun juga menyiapkan strategi agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

10 Berita Terpopuler : Semburan Gas Rawa Sragen - Jl RM Said Wonogiri Ditutup Saat Malam

Ulasan tentang semburan gas rawa di Sragen hingga penutupan jalan di Wonogiri masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: PPKM Turun Bertahap

Presiden Jokowi memperpanjang PPKM dengan penurunan level hingga 30 Agustus. Topik ini menjadi berita utama dalam Koran Solopos hari ini, Selasa (24/8/2021).

Logika Waktu Pendek

Revolusi industri 4.0 menjanjikan banyak kemajuan sekaligus menjanjikan banyak ancaman pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik.

Dipicu Kepala Dandim Dipukul, Anggota TNI Hajar Pemuda Buleleng

Pihaknya mengaku bakal membicarakannya terlebih dahulu dengan berbagai tokoh masyarakat.

Viral, Bupati Banjarnegara Sebut Menteri Luhut Penjahit

Video itu saat pembagian jaring pengaman sosial di Desa Bawang, Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu (21/8/2021).

Ciaaaat... Perguruan Silat Digandeng untuk Operasi Kerumunan

Sasaran yang ditertibkan adalah masyarakat yang berkerumun tanpa mematuhi protokol kesehatan.