SOLOPOS.COM - Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Kegiatan Serbuan Vaksin Covid-19 kembali diadakan di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Kamis (9/9/2021) dan Jumat (10/9/2021). Bertempat di Balairung Universitas, kegiatan ini ditujukan bagi 3.000 peserta yang telah mengikuti vaksinasi dosis pertama Juli lalu.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan UKSW, Andeka Rocky Tanaamah, S.E., M.Cs., menyampaikan rasa syukurnya vaksinasi Covid-19 dosis kedua berhasil dilaksanakan.

“Setelah sempat terkendala ketersediaan vaksin, akhirnya kegiatan vaksin dosis kedua bisa diadakan hari ini dan besok. Kami bersyukur mahasiswa bisa terlayani vaksin dosis kedua, sehingga dalam proses persiapan menuju kuliah luring, mahasiswa sudah tervaksinasi. Kami sangat berterima kasih kepada TNI, khususnya kepada Kodam IV Diponegoro yang telah berusaha keras menyediakan vaksin dosis kedua ini,” katanya.

Baca juga: Peringati HUT ke-76 Kemerdekaan RI, UKSW Siap Dukung Indonesia Maju dan Tangguh

Lebih lanjut, Andeka Rocky menyampaikan bahwa UKSW saat ini tengah mengadakan penjajakan dengan berbagai pihak seperti Koramil dan Danrem untuk kembali mengadakan kegiatan vaksinasi.

“Kami sedang melakukan penjajakan untuk mengadakan lagi kegiatan vaksinasi bagi 5.000 mahasiswa dan juga masyarakat Salatiga. Waktunya belum pasti kapan, tetapi kami terus melakukan koordinasi dan persiapan sebagai bentuk pelayanan kami untuk masyarakat Salatiga,” imbuhnya.

Nakes Ramah

Sama seperti sebelumnya, kegiatan vaksinasi ini didukung oleh Klinik Pratama UKSW, dosen dan mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UKSW serta tim Kesdam IV Diponegoro. Agar proses vaksinasi berjalan lancar, disediakan 1.500 dosis vaksin per harinya yang dibagi menjadi 2 termin dengan 10 petugas vaksinator.

“Kami membagi peserta menjadi dua termin agar tidak terjadi penumpukan dan tetap menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan. Hari pertama ini berjalan lancar. Karena mahasiswa sudah mulai kuliah online, sempat terjadi kepadatan di jam mahasiswa selesai kuliah online dan terlihat senggang di jam lainnya,” terang Giner Maslebu, S.Pd., S.Si., M.Si, selaku Kepala Lembaga Layanan Kemahasiswaan (LLK) penyelenggara kegiatan vaksinasi.

Baca juga: Awali Masa Orientasi, Mahasiswa Baru UKSW Ikuti Ibadah bersama Sivitas Akademika

Salah satu mahasiswa yang mengikuti vaksinasi adalah Frelly Mercyani mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi. Mahasiswa asal Timika Papua ini menuturkan dirinya menikmati kemudahan mendapatkan layanan vaksin di UKSW.

“Banyak petugas yang membantu mengarahkan sehingga kami tidak bingung. Tenaga kesehatannya juga ramah jadi mahasiswa nda takut waktu disuntik,” katanya.

Senada, Novy Rojali mengatakan antrian vaksinasi teratur rapi.

“Antrinya tidak lama dan tenaga kesehatannya juga ramah-ramah, jadi kita ndak terlalu deg-degan pas mau disuntik,” imbuhnya.

Baca juga: Virtual Tour UKSW Berikan Sensasi Jelajah Kampus di Masa Pandemi

Rekomendasi
Berita Lainnya