3 Tahun Pimpin Kabupaten Madiun, Ini Pencapaian Kaji Mbing-Hari Wuryanto

Bupati Ahmad Dawami Ragil Saputro dan Wakil Bupati Hari Wuryanto sudah memimpin Kabupaten Madiun tiga tahun.

 Bupati dan Wakil Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro dan Hari Wuryanto. (Istimewa/Pemkab Madiun)

SOLOPOS.COM - Bupati dan Wakil Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro dan Hari Wuryanto. (Istimewa/Pemkab Madiun)

Solopos.com, MADIUN—Bupati Ahmad Dawami Ragil Saputro dan Wakil Bupati Hari Wuryanto sudah memimpin Kabupaten Madiun tiga tahun. Berbagai perubahan positif di Kabupaten Madiun pun telah terwujud.

Kepemimpinan Ahmad Dawami-Hari Wuryanto mengusung lima misi, mewujudkan rasa aman bagi seluruh masyarakat dan aparatur Pemkab Madiun, mewujudkan aparatur pemerintah yang profesional untuk meningkatkan pelayanan publik, dan meningkatkan pembangunan ekonomi yang mandiri bebrasis agrobisnis, agroindustri, dan pariwisata yang berkelanjutan.

Kemudian meningkatkan kesejahteraan yang berkeadilan, dan mewujudkan masyarakat berakhlak mulia dengan meningkatkan kehidupan beragama, menguatkan budaya, dan mengedepankan kearifan lokal.

Baca Juga: 3 Tahun Ahmad Dawami-Hari Wuryanto: Bangun Kabupaten Madiun dari Pinggiran

Meski dalam dua tahun terakhir terjadi bencana non-alam pandemi Covid-19, Ahmad Dawami-Hari Wuryanto tak lantas menyurutkan semangat mewujudkan cita-cita tersebut.

Berbagai indeks pengukur keberhasilan pembangunan terlihat tumbuh, indeks rasa aman naik dari 66,97 pada 2019 menjadi 69,88 pada 2020.

Indeks reformasi birokrasi dari 70,45 pada 2019 naik 70,55 pada 2020, indeks pembangunan manusia 71,69 pada 2019 naik menjadi 71,73 pada 2020, indeks kualitas lingkungan hidup dari 75,44 pada 2019 menjadi 76,55 pada 2020. Sementara itu, indeks kesalehan sosial dari 61,67 pada 2019 menjadi 61,90 pada 2020.

“Indikator-indikator itu setiap tahun ada perhitungan dan pencapaian masing-masing. Dan itu nanti finisnya pada 2023. Meski dilanda pandemi, capaian dari indeks itu menunjukkan masih baik. Itu artinya semuanya masih dalam relnya,” jelas bupati yang akrab disapa Kaji Mbing itu, Jumat (24/9/2021).

Baca Juga: 3 Tahun Ahmad Dawami-Hari Wuryanto: Sejahterakan Petani Kabupaten Madiun Melalui Porang

 

Buka Investor

Dia menjelaskan kenaikan indeks tersebut menjadi bukti keseriusan dalam memajukan daerah. Kaji Mbing akan berupaya mengejar ketertinggalan pada tahun depan dalam pembangunan karena pandemi.

Dia mengakui pertumbuhan ekonomi Kabupaten Madiun turun dari 5,42 pada 2019 menjadi -1,69 pada 2020. Untuk mengembalikan pertumbuhan ekonomi minimal di angka 5,42 itu, harus didukung semua OPD.

“Misalkan ingin mengembangkan pariwisata. Itu tidak bisa sendirian. Seluruh dinas harus siap mendukung semua. Begitu juga sektor pertanian. Bukan hanya Dinas Pertanian saja. Tetapi Dinas Perdagangan juga harus bertanggung jawab,” kata dia.

Baca Juga: 3 Tahun Ahmad Dawami-Hari Wuryanto: Respons Cepat Penanganan Covid-19 Kabupaten Madiun

Kaji Mbing menegaskan pemerintah juga membuka lebar pintu bagi investor. Namun, dia menegaskan investasi itu harus baik untuk masyarakat, untuk investor, dan juga baik untuk pemerintah.

“Baik untuk pemerintah itu seperti apa? Pemerintah kan punya target penurunan pengangguran, investor itu kan akan membuka lapangan pekerjaan. Perkara investasi, memberi peluang perizinan itu ada hak dan kewajiban. Investor mempunyai kewajiban yang itu menjadi hak saya, investor punya hak, yang itu menjadi kewajiban saya,” jelasnya. (ADV)


Berita Terkait

Berita Terkini

Sopir Ngantuk, Mobil Tabrak Median Jalan di Ponorogo Hingga Terbalik

Sopir mobil mengantuk hingga menabrak median jalan di Jalan Sultan Agung, Ponorogo, pada Kamis (14/10/2021) pukul 23.30 WIB.

Yang Mau ke Banyuwangi, KA Mutiara Timur Jalan Lagi... Catat Jadwalnya

PT KAI kembali mengoperasikan KA Mutiara Timur rute Ketapang-Yogyakarta untuk mendukung geliat pariwisata di Banyuwangi.

Bawa Pulang 110 Emas, Jawa Timur Peringkat 3 PON XX Papua

Kontingen Jatim mendapatkan juara tiga dalam klasemen akhir perolehan medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua dengan perolehan 110 medali emas.

Karam Sejak 1936, Bangkai Kapal Van Der Wijck Akhirnya Ditemukan

Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) akhirnya menemukan bangkai kapal Van der Wijck yang tenggelam di perairan Lamongan.

Pemkot Madiun Gelar Vaksinasi Covid-19 di Pasar Besar, Syaratnya WNI

Pemkot Madiun menyiapkan 500 dosis vaksin Covid-19 menyasar pedagang dan pengunjung Pasar Besar Madiun, Jumat (15/10/2021).

DBHCHT Madiun untuk Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas Petani Tembakau

DBHCHT Kabupaten Madiun diwujudkan dalam bentuk program dan bantuan alat produksi untuk petani tembakau di Desa Kedungmaron, Kecamatan Pilangkenceng.

Tega! Mahasiswi Kebidanan di Malang Buang Bayi Sendiri

Seorang mahasiswi kebidanan di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim) tega menjadi pelaku pembuangan bayi yang baru saja dilahirkannya.

34 Daerah di Jatim Level 1 PPKM, Begini Reaksi Gubernur Khofifah

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, menyebut 34 daerah di Jatim sudah masuk PPKM Level 1.

Anak Madiun Dihamili Makhluk Halus? Pelaku Mengaku Sudah Berkali-kali

Polres Madiun mengungkap kasus anak perempuan di Madiun berusia 14 tahun yang disebut-sebut dihamili makhluk halus hingga melahirkan.

Beroperasi Agustus 2022, Ini Teknologi yang Disematkan di LRT Jabodebek

LRT Jabodebek bikinan PT Inka Madiun menggunakan teknologi tinggi dibandingkan teknologi perkeretaapian lain di Indonesia.

Pohon dan Ijuk Penutup Tak Ketemu, Gimana Nasib Sendang Kuncen Madiun?

BPCB Jatim tidak menemukan bagian bawah pohon dan ijuk penutup sumber mata air Sendang Kuncen Madiun di Sendang Kuncen, Kecamatan Taman, Kota Madiun dalam ekskavasi tahap kedua.

Pilkades 143 Desa di Madiun Digelar 20 Desember 2021

Ada 143 desa di Kabupaten Madiun yang akan menggelar pemilihan kepala desa atau Pilkades pada akhir 2021.

Ekskavasi Sendang Kuncen, BPCB Jatim: Tak Ada Bukti Cagar Budaya

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur tidak menemukan sumber mata air dalam ekskavasi tahap kedua di Sendang Kuncen, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

PT Inka Madiun Selesaikan 31 Train Set LRT Jabodebek, Siap Menjajal?

PT Inka Madiun telah menyelesaikan pesanan 31 train set LRT Jabodebek yang rencananya mulai beroperasi pada 2022.

Geger! Siswi SMP di Madiun Dihamili Makhluk Halus, Ini Faktanya

Kisah misteri tentang siswi SMP di Madiun yang kabarnya dihamili makhluk hingga melahirkan akhirnya terungkap.