SOLOPOS.COM - Kegiatan “3CM Berbagi” FKIP UKSW Salatiga ditandai dengan penyerahan aplikasi Amongkrissa kepada SMP Kristen 01 Solo belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Belum lama ini, 3CM Center Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menggelar kegiatan “3CM Berbagi” yang dilakukan dengan penyerahan aplikasi Amongkrissa kepada SMP Kristen 01 Solo.

3CM Center adalah Pusat Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran yang mengusung konsep belajar cool, critical, creative, dan meaningful (asik, kritis, kreatif, dan bermakna).

Acara yang diselenggarakan secara online ini dihadiri Pimpinan FKIP UKSW yaitu Dekan Herry Sanoto, S.Si., M.Pd., dan Wakil Dekan Dr. Wahyudi, M.Pd., serta Ketua Perhimpunan Pendidikan Kristen Surakarta (PPKS) Pdt. Hida Dianto, M.Si., dan Kepala SMP Kristen 01 Solo Drs. Riyadi Marjono.

Baca Juga: Profil Yuliyanto, Wali Kota Salatiga yang Gantengnya Mirip Aktor Hong Kong

Amongkrissa adalah sebuah aplikasi pembelajaran online yang dirancang oleh 3CM FKIP UKSW untuk mendukung proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Penyerahan aplikasi ini menjadi bagian dari kegiatan virtual workshop, pendampingan persiapan pembelajaran daring berbasis 3CM Learning yang dilakukan untuk meningkatkan kreativitas dan sikap baik peserta didik di masa pandemi.

Penyerahan aplikasi ditandai dengan pemutaran video singkat tentang Amongkrissa. Pada kesempatan itu, Herry Sanoto mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerja sama antara UKSW dengan PPKS.

“Program ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat FKIP UKSW di mana melalui kegiatan ini dapat memberikan inovasi proses pembelajaran di masa pandemi sehingga guru dan siswa terbantu dan proses pembelajaran tetap bisa berjalan secara efektif dan efisien,” ujar Herry Sanoto.

Baca Juga: UKSW dan TNI Gelar Vaksinasi Massal Bagi Pelajar dan Masyarakat Umum

Wahyudi yang juga merupakan Ketua 3CM UKSW menambahkan Amongkrissa dirancang menjadi tempat untuk guru memberikan layanan yang lebih baik dan mengembangkan ilmu lebih baik lagi. “Harapannya SMP Kristen 01 ini menjadi sekolah yang lebih baik lagi, tidak kalah dengan sekolah lainnya,” imbuh Wahyudi.

Sementara itu, Hida Dianto sangat mengapresiasi dan menyampaikan rasa terimakasihnya atas kegiatan 3CM Berbagi ini. “Kami banyak dibantu oleh UKSW melalui FKIP dalam hal pengembangan sumber daya manusia maupun pengembangan sekolah, khususnya terkait media pembelajaran. Ke depan kami berharap tetap dilakukan pendampingan agar bisa menguasai dan mengembangkan aplikasi-aplikasi model 3 CM ini,” katanya.

Senada, Riyadi Marjono juga menyampaikan terima kasih dan berharap ke depan bisa segera melakukan pengembangan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Virtual workshop yang diikuti guru-guru SMP Kristen 01 Solo ini akan diselenggarakan sampai 16 Oktober 2021 dan akan diisi dengan kegiatan peer teaching, implementasi dalam kelas dan beragam kegiatan lainnya.

Rekomendasi
Berita Lainnya