Alas Bedak Mengandung SPF, Efektifkah Lindungi Kulit dari Sinar Matahari?

Saat ini sudah banyak alas bedak memiliki kandungan SPF, sehingga praktis dipakai.

 Ilustrasi memakai alas bedak mengandung SPF. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi memakai alas bedak mengandung SPF. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Saat ini sudah ada banyak produk kecantikan seperti alas bedak hingga bedak padat dan tabur mengandung SPF dengan kandungan SPF 15 hingga 20. Masalahnya benarkah produk tersebut efektif melindungi kulit dari sinar matahari?

Seorang dermatologi asal India, dr. Jushya Bhatia Sarin mengatakan menjelaskan bahwa SPF 30 ketika dicampur ke dalam alas bedak tidak seefektif tabir surya SPF 30 murni.  Dia menyarankan penggunaan tabir surya diperlukan meski berada di dalam ruangan.

Jika akan pergi ke luar rumah, setidaknya dibutuhkan tabir surya dengan kadar SPF 30 untuk melindungi diri mulai dari kepala hingga ujung kaki secara memadai.  “Ini berarti alas bedak sebanyak 1 sampai 1,5 sendok teh diperlukan untuk seluruh wajah dengan asumsi bahwa alas bedak tersebut benar-benar SPF 30, namun kebanyakan formula yang digunakan pada make-up tidak seperti itu,” ujar Sarin seperti dilansir Indian Express dan Antaranews.com pada Kamis (23/9/2021).

Baca Juga: Bermanfaat bagi Tubuh, Bikin Smoothie Bowl untuk Sarapan Yuk!

Tabir surya harus bisa menutupi semua bagian kulit yang terbuka termasuk pada garis rambut dan leher serta tempat-tempat lain yang mungkin terlewati oleh riasan. Menurut Sarin bahwa alas bedak dengan SPF sama sekali tidak efektif melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

“Memiliki lebih banyak perlindungan dari matahari bukanlah hal yang buruk. SPF akan selalu kehilangan efeknya sepanjang hari, itulah mengapa harus menerapkan ulang setiap dua-tiga jam sekali sangat penting,” kata dr. Sarin.

“Jadi memiliki alas bedak yang mengandung SPF membuatnya lebih mudah untuk mengaplikasikan ulang SPF yang sudah mulai luntur fungsinya,” lanjutnya.

Sarin juga menyarankan untuk tetap menggunakan produk khusus tabir surya sebelum memakai alas bedak, kemudian lapisi dengan foundation yang mengandung SPF sebagai perlindungan tambahan.

Berikut ini cara memakai tabir surya di wajah yang telah dibubuhi make up seperti dikutip dari alodokter.com, Kamis (23/9/2021):

1. Pilih sunblock wajah dengan SPF minimal 30

Untuk aktivitas sehari-hari, cukup gunakan tabir surya dengan SPF 30. Apabila Anda akan beraktivitas sepanjang hari di tempat yang terkena sinar matahari langsung, gunakan sunblock wajah dengan SPF 50.

Baca Juga: Kontroversi MSG, Berbahaya atau Tidak untuk Tubuh?

Tetap gunakan sunblock wajah meski Anda beraktivitas di tempat teduh atau di dalam ruangan. Ini karena sinar matahari tetap dapat memancarkan radiasi. Jadi, saat beraktivitas, bagaimana pun cuacanya, tetap gunakan sunblock yang dilengkapi SPF.

2. Oleskan sunblock ke seluruh area sekitar wajah

Sebelum menggunakan make up, oleskan sunblock ke seluruh wajah. Pastikan Anda benar-benar mengoleskannya secara merata, termasuk daerah leher dan telinga. Gunakan sunblock setidaknya 15 – 30 menit sebelum beraktivitas ke luar.

Baca Juga: Jadi Produk Keluarga Broken Home, Anak Ikke Nurjanah Buktikan Tidak Broken

3. Aplikasikan make up

Pada umumnya, masalah yang akan dihadapi adalah terjadinya penumpukan antara lapisan sunblock dan alas bedak sehingga wajah terkesan tebal dan tampak seperti mengenakan topeng. Agar hal ini tidak terjadi, pakailah alas bedak (foundation) bertekstur ringan. Setelah itu, lanjutkan dengan bedak padat karena partikelnya dapat menahan sunblock dan pelembap pada tempatnya. Anda juga dapat memilih bedak padat yang mengandung SPF.

4. Jangan lupa bibir

Bibir juga butuh perlindungan. Sinar UV tidak hanya berdampak buruk pada kulit, tapi juga bibir. Oleskan pelembap bibir atau lipstik yang memiliki kandungan SPF 15 untuk menghalau sinar UVA dan UVB. Jika beraktivitas di luar ruangan, pilihlah yang memberikan hasil akhir matte. Pasalnya lipstik atau lip gloss yang mengkilap malah menarik lebih banyak sinar UV.


Berita Terkait

Berita Terkini

Ikuti 8 Kebiasaan Makan Ini untuk Melawan Peradangan

Ada sejumlah kebiasaan makan yang dapat membantu Anda melawan peradangan.

Doa Agar Hubungan Rumah Tangga Langgeng dan Harmonis

Berikut ini terdapat doa agar hubungan berumah tangga tetap langgeng dan harmonis menurut Islam yang dilengkapi dengan latin dan artinya.

Tiga Senjata Terbaik Lawan Penyakit Kardiovaskular, Mau Coba?

Nah, sebelum terlambat, sebaiknya mulai sekarang praktikkan tiga senjata ini dalam lawan penyakit kardiovaskular.

Viral! Pria Buang Ratusan Telur ke Sungai, Gegara Harga Anjlok?

Aksi seorang pria yang membuang ratusan telur ke sungai di tengah harga telur yang merosot menjadi perbincangan netizen dan viral di media sosial.

Bacaan Doa Supaya Dimudahkan Segala Urusan, Bisa Dibaca Setiap Hari

Untuk mendapatkan kemudahan dalam segala urusan selain dengan berusaha juga berdoa seperti bacaan berikut.

Doa Sebelum Bekerja Menurut Islam, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa sebelum bekerja menurut Islam yang dilengkapi dengan latin dan artinya supaya diberkahi Allah SWT.

Work from Coffee Shop Diminati, Benarkah Kopi Buat Otak Lebih Kreatif?

Ada sejumlah alasan work from coffee shop diminati, salah satunya adalah karena menjamurnya tempat-tempat ngopi estetik.

Benarkah Pengangkatan Rahim Pengaruhi Kehidupan Seksual Wanita?

Tak sedikit wanita merasa khawatir operasi pengangkatan rahim seperti dialami artis Melanie Subono bisa pengaruhi kehidupan seksual mereka.

7 Alasan Medis Wanita Jalani Pengangkatan Rahim Seperti Melanie Subono

Prosedur medis pengangkatan rahim pada wanita disebut histerektomi.

Viral Aksi Selfie di Tempat Berbahaya, Warganet: Auto Kaki Gemetaran

Meski insiden kecelakaan saat melakukan aksi selfie di tempat berbahaya sudah sering terjadi, namun masih ada orang berani menantang bahaya demi mendapatkan foto epic.

Duh! Gegara Penyiksaan Anjing, Pria di Magelang Doakan Aceh Tsunami

Pemilik akun Twiter yang diduga berasal dari Magelang, Jawa Tengah, mendapat kecaman netizen seletah mendoakan Provinsi Aceh terjadi tsunami.

Mengisi Waktu Senggang dengan Mewarnai bersama AnaKrea

Melalui program AnaKrea "Ayo Mewarnai", anak mendapatkan sarana mewarnai pada gambar yang telah di sediakan. Kegiatan ini sangat cocok sebagai pengisi waktu luang yang bermanfaat di masa pandemi.

Viral Kalimat Salam dari Binjai, Ternyata Video Ini Penyebabnya

Kalimat Salam dari Binjai viral di media sosial setelah aksi pemuda dalam video ini.

Kementerian Kesehatan Israel: Subvarian Delta AY4.2 Lebih Menular

Subvarian Delta yang kali pertama diidentifikasi di Inggris saat ini tidak dianggap sebagai varian minat atau perhatian dan belum secara resmi dinamai huruf alfabet Yunani.

8 Cara Mudah Stock Opname Inventaris Kantor

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk menjalankan stock opname inventaris kantor.

Doa Telinga Kanan atau Kiri Berdenging Menurut Islam

Berikut ini terdapata bacaan doa ketika telinga kanan atau kiri berdenging menurut Islam yang diungkap oleh Nahdlatul Ulama (NU).