SOLOPOS.COM - Ilustrasi kuota internet PJJ. (Istimewa-telkomsel)

Solopos.com, SOLO —Telkomsel memastikan keberlanjutan komitmen dalam mendukung penyaluran program Bantuan Kuota Internet kepada pelajar dan tenaga pengajar dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) selama periode September-November 2021.

Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit, mengatakan program Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbudristek RI merupakan salah satu upaya nyata Telkomsel mendukung perubahan perilaku masyarakat dalam beradaptasi dengan kebiasaan baru, melalui adopsi teknologi yang lebih inklusif dan menyentuh di lebih banyak sektor kehidupan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Untuk memperlancar penyaluran bantuan kuota, Telkomsel mengimbau para penerima manfaat agar memastikan nomor ponsel yang didaftarkan sejak penyaluran bantuan Paket Kuota Data Internet tahap satu pada 2020 masih dalam status aktif,” kata dia, Senin (30/8/2021).

Baca juga: Penghulu Ini Viral Setelah Beri Nasihat Super Kocak untuk Pengantin Baru

Jika terdapat perubahan nomor ponsel, penerima manfaat dapat berkoordinasi dengan perwakilan sekolah atau institusi pendidikan terkait yang ditunjuk pemerintah setempat.

Bagi penerima manfaat yang belum terdaftar atau ingin memastikan proses verifikasi pendaftaran data dalam program ini juga dapat menghubungi perwakilan sekolah atau institusi pendidikan berwenang melalui aplikasi Dapodik Kemendikbudristek RI. Petunjuk teknis penyaluran bantuan dapat diakses pada situs kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Rincian penyaluran program Bantuan Kuota Internet periode September-November 2021 bagi setiap penerima manfaat, yakni peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapat 7GB/bulan selama 3 bulan, peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapat 10GB/bulan selama 3 bulan, pendidik jenjang PAUD dan pendidikan dasar dan menengah mendapat 12GB/bulan selama 3 bulan, dan dosen dan mahasiswa mendapat 15GB/bulan selama 3 bulan.

Distribusi bantuan akan dilakukan pada 11–15 September 2021, 11–15 Oktober 2021, dan 11–15 November 2021. Kuota data internet yang diberikan akan berlaku selama 30 hari sejak diterima.

Baca juga: Mahasiswa UMY Ciptakan Kaus Pelancar ASI, Mantap Lur!

Keseluruhan bantuan kuota internet pada tahap ini adalah kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali platform yang dibatasi Kemendikbudristek RI.

“Telkomsel akan memastikan seluruh penerima manfaat di dalam basis pengguna perusahaan sesuai dengan data yang telah terverifikasi di sistem Kemendikbudristek RI. Telkomsel senantiasa mengajak masyarakat yang telah terverifikasi secara resmi untuk memanfaatkan Bantuan Paket Kuota Internet periode September-November 2021 ini dengan optimal dan bijak sesuai kebutuhan demi kelancaran dan kenyamanan dalam menjalani kegiatan belajar jarak jauh secara daring,” papar dia.

Status Pendaftaran Nomor Ponsel

Sedangkan bagi pelanggan Telkomsel dapat melakukan pengecekan status pendaftaran nomor ponselnya dalam program bantuan paket Kuota Data Internet periode September-November 2021 dari Kemendikbudristek RI melalui UMB *363*844# (jika data penerima manfaat sudah diterima Telkomsel) dan untuk mengetahui jumlah kuota data yang sudah masuk dan yang sudah digunakan dapat melakukan pengecekan secara berkala melalui UMB *888# atau aplikasi My Telkomsel.

Di sisi lain, Telkomsel juga mendistribusikan Perdana Internet Merdeka Belajar ke sejumlah sekolah dan kampus yang melakukan kerja sama dengan Telkomsel.

Baca juga: Awas! Anak dan Remaja Juga Bisa Terkena Stroke, Kenali Gejalanya

Pada Perdana Internet Merdeka Belajar tersedia kuota internet hingga 52GB dengan rincian, yakni kuota 11GB (1GB kuota utama + 10GB kuota belajar) otomatis aktif di kartu perdana, ekstra 11GB (1GB kuota utama + 10GB kuota belajar) seharga Rp5.000, yang dapat diaktifkan lewat UMB *363*844#, aplikasi My Telkomsel, atau aktivasi melalui outlet, dan ekstra 30GB kuota belajar senilai Rp10 yang dapat diaktifkan jika nomor perdana Telkomsel didaftarkan dan aktif di sistem Dapodik melalui sekolah/kampus (setelah mendapatkan kuota dari Kemendikbudristek RI).

Paket kuota ini dapat diaktifkan lewat aplikasi My Telkomsel.

“Pelajar dan tenaga pengajar yang sudah menggunakan produk Telkomsel dan aktif terdaftar di sistem Dapodik, juga bisa mendapatkan kuota internet sebesar 11GB senilai Rp5.000 dan dapat diaktifkan melalui *363*844# dan aplikasi My Telkomsel,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya