SOLOPOS.COM - Kepala Desa Wonokerto, Suyanto (kiri), menyerahkan surat keputusan pembentukan panitia pengisian perangkat kepada ketua panitia, Sutrisno, di kantor desa setempat, Senin (11/10/2021). (Istimewa/ Kades Wonokerto, Suyanto)

Solopos.com, WONOGIRI—Sejumlah desa pelaksana pengisian perangkat desa serentak 2021 di Kabupaten Wonogiri optimistis kuota jumlah pendaftar setiap lowongan bakal terpenuhi.

Sudah banyak warga yang mengambil formulir pendaftaran, meski di desa tertentu belum ada yang mendaftar secara resmi. Sebagai informasi, pendaftaran dibuka 14 Oktober-3 November. Kuota pendaftar setiap lowongan minimal dua orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Desa (Kades) Wonokerto, Suyanto, kepada Solopos.com, Selasa (26/10/2021), menginformasikan pihaknya membuka tiga lowongan perangkat desa, yakni Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan, Kasi Kesejahteraan, dan Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan. Hingga Selasa itu belum ada warga yang mendaftar secara resmi.

Baca Juga: Dari Olahan Singkong, Pengusaha Muda Ini Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah

Namun, warga yang mengambil formulir pendaftaran di sekretariat panitia pengisian perangkat desa sudah mencapai 49 orang. Hampir setiap hari ada warga yang mengambil formulir pendaftaran.

Ada yang dari desa setempat, tetapi banyak juga dari wilayah lain dari Kecamatan Wonogiri, Selogiri, Jatipurno, dan lainnya. Tidak menutup kemungkinan masih akan ada warga yang mengambil formulir pendaftaran, karena waktu pendaftaran masih cukup panjang.

Kades optimistis banyak dari mereka yang akan mendaftar secara resmi. Jika mereka mendaftar kuota jumlah pendaftar setiap lowongan akan terpenuhi.

Baca Juga: Apel Siaga Bencana, Bupati Boyolali Waspadai Bencana Alam dan Covid-19

“Banyaknya warga yang mengambil formulir menandakan mereka sudah berniat mendaftar. Kami optimis akan banyak yang mendaftar,” ucap Kades saat dihubungi Solopos.com.

Dia melanjutkan sebelum mengusulkan pengisian perangkat desa kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab), kades menata susunan organisasi dan tata kerja (SOTK) pemerintahannya terlebih dahulu. Sejumlah posisi kepala dusun (kadus) dirampingkan. Saat ini posisi kadus ada enam jabatan semuanya terisi.

Mereka memiliki wilayah tugas di 11 dusun. Masing-masing kadus membawahi dua dusun. Ada pula yang satu dusun. Pada sisi lain ada tiga jabatan perangkat desa yang kosong.

Baca Juga: Gelap Gulita saat Malam, Jembatan Nambangan Wonogiri Butuh Penerangan

Alokasi dana desa (ADD) yang merupakan sumber anggaran penghasilan tetap (siltap) perangkat desa mampu mengaver jika tiga jabatan itu diisi. Setelah itu Kades mengusulkan pengisian perangkat desa kepada Pemkab.

“Usulan kami berdasar pertimbangan matang dengan mengacu pada hasil estimasi ADD. ADD masih mencukupi,” ujar Kades.

 

174 Desa

Terpisah, Sekretaris Desa (Sekdes) Sendang, Kecamatan Wonogiri, Agung Susanto, mengatakan pihaknya membuka satu lowongan, yakni Kasi Pelayanan. Hingga Selasa ada 19 warga yang mengambil formulir pendaftaran. Dari mereka ada satu orang yang sudah mendaftar secara resmi. Dia optimistis kuota jumlah pendaftar terpenuhi.

Baca Juga: Sri Mulyani Minta Produk UMKM Tampilkan Logo Klaten

Untuk diketahui, ada 174 desa dari total 251 desa di Kabupaten Wonogiri yang akan menggelar pengisian perangkat desa serentak tahun ini. Jumlah lowongan yang dibuka sebanyak 298 yang terdiri atas lima lowongan sekdes, 202 lowongan kaur/kasi, dan 91 lowongan kadus.

Jika kuota jumlah pendaftar tak terpenuhi, panitia harus memperpanjang pendaftaran selama sepekan, yakni 4-12 November. Jika setelah diperpanjang kuota tidak terpenuhi, pengisian lowongan bersangkutan dibatalkan tanpa menggugurkan proses pengisian lowongan yang kuotanya terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya