Barcode Merchant SGS 2021 Dapat Dicetak Sendiri, Begini Caranya

Untuk mendukung kegiatan transaksi Solo Great Sale (2021), tahun ini panitia SGS memberikan fasilitas kepada merchant untuk dapat mencetak kode batang atau barcode sendiri.

 Tangkapan layar video promosi Solo Great Sale 2021 (sologreatsale.com)

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video promosi Solo Great Sale 2021 (sologreatsale.com)

Solopos.com, SOLO — Untuk mendukung kegiatan transaksi Solo Great Sale (2021), tahun ini panitia SGS memberikan fasilitas kepada merchant untuk dapat mencetak kode batang atau barcode sendiri. Dengan begitu merchant dapat membagikan langsung kode batang masing-masing kepada konsumen.

Sekretaris Panitia SGS 2021, M. David R. Wijaya, mengatakan pada pelaksanaan SGS tahun ini ditargetkan ada sekitar 20.000 merchant yang terlibat.

Untuk mengetahui sebuah merchant merupakan peserta SGS atau bukan, selain terdaftar di dalam aplikasi juga ada stiker yang tertempel di merchant tersebut.

“Tapi memang banyak kami cetak stikernya, sekitar 20.000. Ini sebagian sudah kami distribusikan di tenant [merchant], sebagian masih kami cetak,” kata dia, Rabu (6/10/2021).

Baca Juga: Ingin Hadiah SGS 2021? Rekam Transaksi dan Tukar Poin via Solo Sale Go

Memudahkan

Namun dia menjelaskan, melalui sarana yang ada, saat ini merchant tidak perlu menunggu dari panitia. Sebab merchant sudah dapat mencetak barcode masing-masing.

“Kami ada kemudahan. Tidak harus menunggu cetak dari kami. Barcode dan identitas tenant yang bisa ditempel di depan toko atau kasir, dapat dicetak sendiri. Kami menyiapkan menu, yang bisa diakses tenant melalui aplikasi berbasis web, sgsgo.id,” jelas dia.

Proses bisa dimulai dengan membuka website sgsgo.id. Kemudian lock in dengan akun yang sudah dibuat. Jika sudah terverifikasi sebagai tenant atau merchant, klik profil kemudian geser data pengajuan tenant atau merchant hingga pojok paling kanan. Selanjutnya klik tombol cetak QR code.

Kemudian klik download dan tunggu hingga proses pengunduhan selesai. Selanjutnya QR code sudah siap untuk dicetak.

Baca Juga: Panitia SGS 2021 Andalkan Gibran Jadi Influencer Transaksi Digital

Menurut David, barcode tersebut dapat ditampilkan pada komputer, HP, hingga bisa dicetak. Masing-masing merchant juga dapat membagikan langsung kepada pelanggannya. Dengan begitu akan memudahkan proses transaksi.

“Bisa ditunjukkan kepada pembelinya untuk kemudian dipindai. Itu memudahkan. Itu mau dicetak berapa pun bisa,” lanjut dia.

Dia mengatakan untuk tahun ini, sosialisasi kepada tenant lebih banyak dilakukan secara virtual, termasuk melalui media sosial. H itu dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan di masa pandemi Covid-19.

“Kalau tahun-tahun lalu, sebelum SGS, kami mengumpulkan semua merchant atau perwakilan merchant. Tapi saat ini tidak memungkinkan. Untuk itu kami lakukan sosialisasi melalui video tutorial, YouTube, Instagram, Facebook, serta website Kadin dan sebagainya,” kata dia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Dirut Beberkan Perkembangan Restrukturisasi Utang Garuda Indonesia

Garuda Indonesia memastikan bahwa seluruh aspek kegiatan operasional penerbangan akan tetap berlangsung dengan normal.

Biar Ekonomi Tumbuh 5%, Investasi 2022 Ditarget Capai Rp1,2 Kuadriliun

Pemerintah menetapkan target pertumbuhan ekonomi pada 2022 sebesar 5,2 persen secara tahunan (year-on-year/yoy), dalam APBN 2022.

Kembali Digelar, PLN Journalist Award 2021 Siapkan Hadiah Rp400 Juta

Terdapat 9 kategori karya jurnalistik yang dilombakan dalam PLN Journalist Award 2021.

Punya Peternakan di Wonogiri, Ini Deretan Bisnis Widodo Makmur Perkasa

Widodo Makmur Perkasa merupakan perusahaan holding yang membawahi lima lini bisnis dari peternakan sapi sampai konstruksi dan energi terbarukan.

Animo Berbisnis Tinggi, Aku Saudagar Muda 2021 Terima 2.510 Pendaftar

setiap peserta yang lolos proses seleksi, akan menjadi reseller untuk memasarkan produk–produk unggulan UMKM mitra binaan Rumah BUMN BNI.

Catat, Begini Cara Mengajukan KPR Rumah Subsidi di BTN

Banyak lembaga keuangan yang menawarkan kredit kepemilikan rumah (KPR) yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan rumah idaman, termasuk untuk generasi milenial dan Z.

Airlangga: Akselerasi Transformasi Digital Percepat Pemulihan Ekonomi

Indonesia memiliki bonus demografi yang mendukung pembentukan ekosistem digital yang berkelanjutan dengan mayoritas penduduk generasi Z dan milenial.

11 Anak Muda Tangguh Terima Apresiasi SATU Indonesia Awards dari Astra

Semangat dan kegigihan 11 anak muda tersebut semakin terasa pada acara Awarding 12th SATU Indonesia Awards 2021 yang diadakan secara virtual pada hari ini, Kamis (28/10/2021).

Widodo Makmur Perkasa Tawarkan Saham Hingga 25%

PT Widodo Makmur Perkasa Tbk melangsungkan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) dengan melepas 25% saham.

Dirut Garuda Liburan Pakai Fasilitas Kantor? Ini Penjelasan Manajemen

Belum lama ini Serikat Karyawan Garuda melaporkan dugaan Direktur Utama Irfan Setiaputra liburan bersama keluarga dengan menggunakan fasilitas kantor.

Hari Listrik Nasional, PLN Beri Kado Istimewa untuk 17 Pelanggan

PLN sebagai penyedia kelistrikan senantiasa berkomitmen untuk dapat menyediakan listrik yang berkualitas,

Ini Permintaan Kadin kepada Buruh terkait Tuntutan Kenaikan UMR 2022

Formulasi penetapan UMP/UMR sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan sebagai turunan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Siap-Siap, Insentif Pajak Mulai Dikurangi Tahun Depan di Sektor Ini

Pemerintah menegaskan akan mengurangi pemberian insentif pajak secara bertahap pada tahun depan.

Jelang Akhir Tahun, KPP Madya Solo 19 Kali Sita Aset Wajib Pajak

Kurang dari dua bulan jelang akhir tahun ini, KPP Madya Solo berhasil melakukan 19 kali penyitaan dengan total tunggakan pajak lebih dari Rp26 miliar.

Lagi Turun Nih! Buruan Cek Harga Emas Pegadaian Kamis 28 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (28/10/2021) turun dari hari sebelumnya, baik untuk cetakan Antam maupun UBS.

Festival Kuliner Online Logan Food di Solo Banyak Diskon, Ayo Serbu!

Festival ini menggandeng lebih dari 75 stan kuliner khas Kota Solo. Di antaranya Tumpeng Solo, sate Pak Manto, bakmi Bu Yayuk, bakso Titoti, dan Kusuma Sari.