Tutup Iklan

Begini Perjuangan Charly van Houten Ciptakan Imej Melayu

Bukan hal mudah bagi Charly van Houten untuk mengenalkan imej band beraliran Melayu kepada publik waktu itu.

 Charly van Houten. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Charly van Houten. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Penyanyi Charly van Houten kini memiliki penampilan baru dengan gaya rambut   mirip oppa-oppa atau model Korean.  Dengan model rambut pendek seperti itu, tak sedikit yang pangling lantaran berbeda jauh dari imej yang selama ini melekat di dirinya.

Sebagaimana diketahui penampilan Charly van Houten sebagai vokalis ST12 sudah sangat lekat di benak publik. Selain itu imej ST12 adalah sebagai band beraliran Melayu juga tak mudah dihapus begitu saja dari ingatan penggemar.

Bukan hal mudah bagi Charly van Houten untuk untuk menciptakan imej ST12, sebagai band pertama beraliran Melayu, pada masa itu. Semua itu diungkapkannya di channel Youtube Prost Club TV Ngobarr Bareng Gofar Hilman Dan Si Raja Melayu Charly van Houten seperti dikutip Solopos.com pada Rabu (15/9/2021).

“Sekarang gaya rambutnya berubah kayak oppa-oppa.. Ini ada agenda apa Charly? Pingin mengubah brand image kah? Ada yang bilang Bang Charly sekarang udah kayak Naruto. Tapi alasan elo apa? Gaya rambut lama kan ciri khas elo banget, elo nggak takut kayak kehilangan sosok Charly yang orang-orang sudah ngeh?” tanya Gofar Hilman sebagai pembawa acara.

“Sebetulnya memang rambut sosok Charly sendiri emang sudah melekat, trus dengan anting itu sudah 10 tahun lbh. Selama 10 tahun lebih dengan gaya rambut seperti itu. Dan sekarang aku harus nyoba ya dan orang di entertaint kan penampilan juga penting tapi dari aku sendiri yang terpenting adalah karya. Aku mengubah ini untuk supaya biar enggak monoton, buat rebranding, refresh, terus aku pikir ala-ala Korean kayak oppa seru juga nih teryata trending juga,” beber pria yang kembali bermusik di Setia Band ini.

Penampilan Charly saat jadi vokalis ST12 memang sangat khas. Waktu itu, dia identik dengan rambut belah tengah, anting besar, dan jaket Rollink.

“Dulu awal-awal pas pake anting, aku juga ditentang sama label sendiri. Jadi awalnya aku tu mikir aku akui vokal aku biasa aja aku ga ganteng. [Padahal] penyanyi yang  bagus banyak, yang ganteng banyak. Tapi bagaimana menciptakan penyanyi yang beda dan diingat banyak orang. Aku mikir pake anting tapi antingnya bukan yang biasa yang panjang kayak emak-emak. Produser langsung bilang apa-apaan kok pake anting? Gue  minta izin, izinin gue pakai anting 3 bulan, diizinin. Setelah 3 bulan gue copot dan rambut gue dipotong, trus produser ngelitain gue. Terus gue tanya kenapa? Dia bilang iya ya kalo enggak pake anting gue kayak nggak liat Charly. Orang dulu kenal Charly dengan antingnya, rambutnya, dan jaket Rollink,” bebernya.

Terkait jaket tersebut, pelantun Cari Pacar Lagi itu juga punya cerita tersendiri. Menurutnya jaket tersebut juga atas pesanan dirinya.

Selain penampilan, Charly van Houten juga harus mengubah vokalnya agar terdengar lebih Melayu sesuai brand image yang diusung ST12 waktu itu. Menurutnya untuk mengubah karakter suara itu tidak mudah, bahkan dia sempat diejek.

Basic gue tu jaz dan klasik. Awalnya referensi Melayu… waktu itu aku mikir kalau gue  bawain British waktu itu udah ada Peterpan. Peterpan sudah booming dengan British-nya. Emang berat perjuangannya gue dianggap band kampungan. Dulu udah bikin udah rekaman 2 lagu. Waktu itu aku benar-benar mengubah, mengemas vokal aku supaya mirip Melayu tapi Melayu Indonesia. Habis itu dengan beraninya aku membawakan format aliran baru sampe aku telepon si Adjie vokalisnya Dygta. Gue bilang Bro gue bikin rekaman, ta ajak ke studio. Terus dia bilang Bro sayang banget sih kok vokal elo jadi hancur gini?  Karena  biasanya gue  kan bawain lagu-lagu  Al Jarreau. Sayang banget vokal elo jadi  hancur,” paparnya.

Perjuangan pelantun Puspa itu tidak sia-sia. Nama ST12 mampu berkibar dan sukses memiliki imej sebagai band beraliran Melayu pertama di Indonesia.

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

6 Jenis Permainan di Squid Game Ini Dijamin Bikin Jantung Berdebar

Para peserta diharuskan lolos melewati 6 jenis permainan di Squid Game ini, jika tak lolos maka nyawa taruhannya.

Setia Mendampingi Sang Ayah, Ini Sosok Putra Tukul yang Jadi Polisi

Ega Prayudhi memang selalu setia mendampingi sang ayah yang sedang terbaring sakit. Pria gagah tersebut merupakan anggota kepolisian.

Tukul Arwana, Si Raja Duit yang Doyan Oseng Kangkung

Komedian Tukul Arwana merupakan salah satu artis terkaya di Indonesia yang hidup sederhana.

Kaesang Sebut Duit Bapaknya Sedikit, Sering Minta Dibelikan Makanan

Kaesang Pangarep menyebut gaji bapaknya sebagai Presiden RI lebih kecil daripada penghasilannya sebagai pengusaha.

Tukul Arwana Dikabarkan Meninggal, Begini Respons Sang Manajer

Rizky Kimun selaku manajer membantah kabar Tukul Arwana meninggal dunia. Malah menurut Rizky, kondisi komedian 57 tahun ini terus berangsur membaik.

Kabar Tukul Arwana Terbaru, Sudah Mulai Respons Tapi Butuh Istirahat

Tukul Arwana mulai merespons, tapi belum 100 persen sadar dan sudah bisa gerakan beberapa anggota tubuh

Kondisi Tukul Arwana Membaik Tapi Belum Bisa Sembarangan Dijenguk

Meski kondisinya berangsur membaik, pihak rumah sakit tidak memperbolehkan Tukul dijenguk kecuali keluarganya.

Ikatan Cinta 25 September 2021: Andin Ketemu Irvan, Pelaku Teror Terungkap?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Sabtu, 25 September 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Anak Tanggapi Foto Viral Pria Diduga Tukul Arwana Terbaring dengan Banyak Selang: Waduh, Bukan Itu

Sesaat sebelum dilarikan ke rumah sakit, Tukul Arwana masih sehat dan bisa beraktivitas seperti biasa.

Tersedak Lalu Lemas, Manajer Ceritakan Detik-Detik Tukul Arwana Alami Pendarahan Otak

Sebelum mengalami pendarahan otak, Tukul dalam keadaan baik-baik saja dan sempat bercengkrama dengan keluarga dan juga karyawannya.

Lirik Lagu Pilihan Ati - Happy Asmara

Berikut ini lirik lagu Pilihan Ati dari Happy Asmara,, yang tayang pada Selasa, 21 September 2021 di Youtube.

Tukul Arwana Pendarahan Otak, Meggy Diaz Tulis Kalimat Ini di Instagram

Menyertai kalimat tersebut, Meggy Diaz juga mengunggah foto dirinya bersama Tukul Arwana.

Jarang Disorot, Ini Profil Anak Tukul Arwana yang Jadi Polisi

Meski punya orang tua artis, anak Tukul Arwana menikmati bangku pendidikan di sekolah biasa.

Punya 200 Kontrakan, Segini Penghasilan Tukul dari Bisnis Persewaan Properti

Keberhasilan Tukul hingga punya 200 kontrakan itu tidak lepas dari peran almarhumah istrinya, Susi.

Kondisi Tukul Arwana Membaik, Bisa Gerakan Mata dan Tangan

Kondisi terbaru pria yang mempopulerkan kalimat "Kembali ke laptop" itu disampaikan oleh manajer Tukul Arwana, Rizky Kimun.

2 Jam Diunggah, 'My Universe' Kolaborasi Coldplay X BTS Langsung Trending di Twitter

My Universe, single hasil kolaborasi Coldplay dan BTS menembus puncak trending di twitter hari ini.