SOLOPOS.COM - Aspal di Sirkuit Mandalika Lombok. (MotoGP)

Solopos.com, LOMBOK — Biaya pembangunan Sirkuit Internasional Mandalika yang amat megah di Lombok, NTB, dikabarkan tidak sampai Rp1 triliun.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer menyebutkan bahwa proyek sirkuit ini menelan biaya Rp800 miliar. Namun, jumlahnya belum pasti, yang sudah pasti dana sudah keluar Rp122 miliar untuk membuat jalan dasarnya.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

“Fase satunya ini Rp 122 miliar, panjangnya 4,3 km, paket dua saya kasih range aja ya karena belum ada resminya, itu antara Rp 650 miliar sampai Rp 700 miliar. Jadi total investasi nggak sampai Rp 1 triliun, paling Rp 800an miliar,” ucap dia, dilansir Detik.com, pada 2019.

Baca juga: Istimewa! Race Control Sirkuit Mandalika Desainnya Wah Banget

Hal ini juga membantah isu tentang pembangunan sirkuit yang mencuri perhatian Rossi ini mencapai Rp3,6 triliun. “Jadi pembangunan street circuit Mandalika bukan dibangun dengan biaya Rp3,6 triliun,” kata dia, dikutip dari situs resmi ITDC.

Untuk mencukupi biaya pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok ini, ITCD juga mendapatkan pinjaman dari Asian Infrastructure Investment Bank senilai US$248,4 juta atau sekitar Rp3,4 triliun.

Dana tersebut juga untuk membangun kawasan pendukungnya, seperti hotel, balai pertemuan, rumah sakit hingga pusat pusat perbelanjaan di sekitar sirkuit.

“Kita kan sirkuit saja, kalau hotel dan lain itu investor. Sudah masuk US$1,3 miliar, mereka akan bangun hotel dan kawasan pendukungnya kayak mal, dan sebagainya. Investor dari Prancis, itu Vinci,” tegas dia.

Baca juga: Geger Isu Wanita Muslim Tak Boleh Pakai BH, Ini Respons Ketua MUI

Telan Dana Rp1,1 Triliun

Akan tetapi berdasarkan kabar terbaru yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Selasa (5/10/2021), biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan Sirkuit Mandalika mencapai Rp1,1 triliun.

Dwianto Eko Winaryo, Direktur Kontruksi dan Pengembangan Mandalika Grand Prix Associaton (MGPA), mengatakan, biaya tersebut untuk pekerjaan dasar sirkuit dan pembangunan sirkuit.

Baca juga: Yutuk Goreng Khas Pesisir Kebumen-Cilacap, Gurih Banget Lur

Dwi menjelaskan ada dua pekerjaan utama dalam proyek tersebut, yaitu groundwork dan pembangunan sirkuit. Dia menambahkan tim menemukan ada bahaya likuifaksi atau pencairan tanah yang terjadi ketika tanah kehilangan kekuatan.

Guna mengantisipasi risiko tersebut, ITDC melakukan penguatan yang membutuhkan biaya sekitar Rp100 miliar hingga Rp120 miliar. Sementara penyelesaian sirkuit menelan anggaran sekitar Rp900 miliar. Biaya ini belum termasuk pembangunan tribun dan pit building.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya