Bonus Ratusan Juta Rupiah Menanti Atlet Wonogiri Peraih Medali PON Papua

Pemberian bonus sebagai bentuk konkret dan komitmen pemerintah dalam memberikan nilai dukungan dan apresiasi kepada atlet berprestasi.

 Pelepasan atlet dan pelatih yang akan berlaga di PON XX dan Peparnas XVI Papua 2021, di Ruang Khayangan Setda Wonogiri, Jumat (24/9/2021). (Solopos-M. Aris Munandar)

SOLOPOS.COM - Pelepasan atlet dan pelatih yang akan berlaga di PON XX dan Peparnas XVI Papua 2021, di Ruang Khayangan Setda Wonogiri, Jumat (24/9/2021). (Solopos-M. Aris Munandar)

Solopos.com,WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten Wonogiri menyiapkan bonus ratusan juta rupiah bagi para atlet Wonogiri yang mendapatkan medali pada ajang Pekan Olahraga Nasioanal atau PON XX Papua 2021, 2-15 Oktober mendatang.

Pada Jumat (24/9/2021), berlangsung Pelepasan atlet dan pelatih Kabupaten Wonogiri yang akan berlaga di PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Perpanas) XVI Papua 2021, di Ruang Khayangan Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri.

Diketahui, sebanyak tiga atlet dan satu pelatih dari Kabupaten Wonogiri akan memperkuat kontingen Jawa Tengah dalam PON XX 2021. Sebanyak lima atlet dari Wonogiri juga bakal berlaga di ajang Peparnas XVI 2021.

Baca juga: Waspada! Semua Wilayah di Wonogiri Rawan Bencana Longsor, Ini Buktinya

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan atlet yang bisa meraih medali emas akan mendapatkan bonus sebesar Rp100 juta, medali perak sebesar Rp75 juta dan medali perunggu sebanyak Rp50 juta.

Dukungan dan Apresiasi

Menurut dia, pemberian itu dilakukan sebagai bentuk konkret dan komitmen pemerintah dalam memberikan nilai dukungan dan apresiasi kepada atlet berprestasi. Dalam rangka itu pemerintah harus bisa memberikan kebijakan konkret. Wujud kebijakan konkret diwujdukan dengan pemberian bonus.

“Mohon maaf, bersamaan dengan pandemi ada dimensi berbeda terkait anggaran. Jangan dilihat dari nilai atau angka. Tapi di dalamnya ada semangat kebersamaan, nilai sportivitas dan komitmen untuk yo nyawiji berprestasi untuk Wonogiri,” kata pria yang akrab disapa Jekek itu.

Baca juga: Banyak Pemohon BPUM di Wonogiri yang Tak Lolos, Ternyata Ini Penyebabnya

Bonus yang diberikan, kata dia, murni dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Wonogiri. APBD diambilkan dari anggaran perubahan yang berasal dari dana bagi hasil pajak sebesar Rp2 Miliar.

Setelah dokomunikasikan ke beberapa pihak, mereka mempunyai pemahaman yang sama bahwa pemerintah wajib mengapresiasi dan mendukung para atlet berprestasi.

Jekek menuturkan atlet yang berlaga pada PON XX 2021 saat pulang tidak mendapat medali akan tetap mendapatkan apresiasi dari Pemkab. Pemberian bonus akan dilakukan dan disesuaikan dengan kemampuan APBD.

“Itu apresiasi secara umum bagi atlet kami yang mampu menunjukkan talenta dan dedikasi bisa bertanding di tingkat nasioanal. Targetnya yang penting menjadi terbaik. Semoga mendapat medali,” kata Jekek.

Baca juga: Jhon Underground: Pemuda Wonogiri yang Punya Misi Mengenalkan Kampung Halaman lewat Media

Atlet karate asal Wonogiri yang akan berlaga di PON XX Papua 2021, Aliffa Milanisty, mengaku senang dan gembira bisa bertemu dengan Bupati beserta jajarannya sebelum bertolak ke Papua untuk berlaga.

“Kami mohon pamit dan minta doa restu kepada semua pihak dan masyarakat Wonogiri. Mudah-mudahan dari bumi Wonogiri sampai ke Bumi Cenderawasih diberi keselamatan dan pulang membawa medali emas,” kata dia.

Warga Dusun Simpar Wetan RT 001/RW 008, Desa Gemawang, Kecamatan Girimarto, itu mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Wonogiri yang telah memberikan duku gan penuh. Ia berharap momen seperti itu terus dilakukan demi kemajuan olahraga di Wonogiri.

“Dengan kerja keras dan semangat kami dalam berlatih, semoga saat pulang nanti bisa membawa nama baik sesuai dengan mimpi kami, membawa medali,” kata Aliffa.

Daftar Atlet dan Pelatih Wonogiri pada ajang PON XX Papua:

1. Damar Rizqi Wibowo (Atlet Judo)
2. Laila Nurul Humairoh (Atlet Karate)
3. Aliffa Milanisty (Atlet Karate)
4. Sutarto (Pelatih Judo)
5. Kemis (Technical Support Paralayang)

Kontigen Wonogiri pada Peparnas XVI Papua:

1. Arif Wirawan (Atlet Panahan Kelas W2)
2. Winanto (Atlet Panahan Kelas Standing)
3. Wahyudi (Atletik Kelas F.55)
4. Taufik Abdul Karim (Atlet Blind Judo Kelas B.3)
5. Sutadi (Atlet Tenis Meja Kelas TT 7)


Berita Terkait

Berita Terkini

Dilantik, Asproksi Jateng Komitmen Pasarkan Produk Kesehatan Lokal

Pengurus Asosiasi Produk Kesehatan Indonesia Standar Internasional (Asproksi) Jateng dilantik. Mereka berkomitmen untuk mendukung pemasaran produk kesehatan lokal.

Hari Pangan Sedunia, Perpadi Bagikan Beras Gratis ke Warga Delanggu

DPC Perpadi Klaten membagikan 800 paket beras secara gratis kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Delanggu, Sabtu (16/10/2021) sebagai rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia.

3 Desa di Sukoharjo Gelar Pilkades Antarwaktu, Ini Tahapannya

Ketiga desa yang melaksanakan pilkades antarwaktu yakni Desa Gedangan di Kecamatan Grogol, Desa Trosemi di Gatak, dan Desa Puhgogor di Bendosari.

Geger, Pengunjung Meninggal Saat Belanja di Pasar Jungke Karanganyar

Seorang warga Tasikmadu, Karanganyar, meninggal mendadak saat berbelanja di Pasar Jungke. Korban sempat terjatuh sebelum meninggal dunia.

Sabar Dulu, Pengumuman Hasil Ujian SKD CPNS Sukoharjo Tunggu Ini

Ujian SKD CPNS Sukoharjo sudah selesai dilaksanakan, namun terkait jadwal pengumuman masih menunggu informasi lebih lanjut dari panitia pusat.

Siap-siap! Ada Pemadaman Listrik di Boyolali Hari Ini (16/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Boyolali hari ini, Sabtu (16/10/2021) yang berlangsung selama lima jam. Ini daerah yang terdampak.

Aturan Baru! Jagong dan Berwisata di Sukoharjo Syaratnya Sudah Vaksin

Pemkab Sukoharjo mensyaratkan wajib sudah divaksin bagi warga yang hendak menggelar dan menghadiri hajatan serta masuk ke tempat wisata.

Pemadaman Listrik Solo Hari Ini (16/10/2021), Daerahmu Terdampak?

Berikut jadwal pemadaman listrik di Solo hari ini, Sabtu (16/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam. Daerah mana saja yang terdampak?

Keraton Solo Ditegur Kemendikbud, Gibran: Dirjen Cipta Karya Sudah Cek

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku sudah membahas rencana revitalisasi Keraton Solo dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Ratusan Suporter PSS Sleman Dicegat Masuk Solo, 150 Motor Ditahan

Aparat Polresta Solo berhasil mencegah sekitar 900 suporter PSS Sleman yang hendak masuk Kota Solo saat klub sepak bola tersebut bertanding di Stadion Manahan Solo, Jumat malam.

Ramai Banteng Vs Celeng di PDIP, Dencis: Jangan Sak Karepe Dewe!

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng Denny Nurcahyanto alias Dencis mengomentari polemik banteng vs celeng yang belakangan memanas di internal parpol tersebut.

Minim, Bantuan Subsidi Bunga Pinjaman UMKM Sukoharjo Baru Terserap 15%

Serapan bantuan subsidi bunga pinjaman modal UMKM yang digulirkan Pemkab Sukoharjo untuk mendorong pemulihan ekonomi hingga Oktober ini baru mencapai 15%.

Rombongan Suporter asal Jogja Lintasi Colomadu, Sempat Bikin Macet

Rombongan konvoi suporter asal Jogja sempat bikin macet saat melintas di Colomadu, Karanganyar, dalam perjalanan pulang dari Solo.

Kisah Sukarelawan Klaten, Tak Panik Saat Tahu Terpapar Covid-19

Sukarelawan BPBD Klaten justru terang-terangan memberitahukan ke beberapa orang yang telah ditemuinya bahwa dirinya sedang terpapar virus corona, sejak beberapa hari terakhir.

BPR BKK Wonogiri Laba Capai Rp8,5 Miliar

Dari hasil usaha 2021 ini diproyeksikan dapat memberikan deviden bagi dua pemegang saham, yakni Pemprov Jateng dan Pemkab Wonogiri pada 2022 mendatang total senilai Rp4,639 miliar.