Tutup Iklan

BPUM Untuk 1.126 Pelaku UKM Jogja Cair, Segini Nilainya

Bantuan produkti usaha mikro (BPUM) disalurkan secara bertahap kepada pelaku UKM di Jogja. Untuk saat ini BPUM yang cair untuk 1.126 dari 3.027 pelaku UKM di Jogja.

 Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Jogja, Tri Karyadi Riyanto. (Harian Jogja/Sirojul Khafid)

SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Jogja, Tri Karyadi Riyanto. (Harian Jogja/Sirojul Khafid)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 1.126 pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Jogja tercatat mendapatkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahun 2021. Jumlah ini masih bisa bertambah lantaran pencairan BPUM dari pemerintah pusat berlangsung secara bertahap.

Adapun nilai BPUM 2021 dari Kementerian Koperasi dan UKM nilainya Rp1,2 juta. Bantuan langsung disalurkan dari pemerintah pusat ke rekening pelaku UKM.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Jogja, Tri Karyadi Riyanto, ada 3.027 pelaku UKM di Kota Jogja yang memenuhi syarat dan diusulkan mendapatkan BPUM 2021 ini. “Data sementara BPUM yang sudah cair di Jogja sebanyak itu karena turunnya bertahap,” kata Tri Karyadi, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga: Marah Sultan Ground Rusak, Gubernur DIY Tutup 14 Lokasi Penambangan Ilegal

Pada pendaftaran BPUM tahap ketiga beberapa bulan lalu, ada sekitar 6.000 pelaku UKM di Kota Jogja yang mendaftar. Namun baru sekitar 2.000 pelaku UKM yang memasukan berkas persyaratan. Sementara sisanya masih didorong untuk melengkapi berkas.

“Kami tidak menarget berapa jumlahnya karena dari pemerintah pusat tidak menetapkan kuota untuk satu wilayah. Misal Kota Jogja jumlahnya untuk 1.000 usaha mikro, itu tidak ada kuotanya. Datanya dinamis. Jadi berapa pun pelaku UKM yang memenuhi syarat kami usulkan,” kata Tri.

Untuk pendaftaran BPUM gelombang keempat berlangsung sampai 14 September 2021. Pada gelombang keempat ini lebih fokus bagi para pelaku UKM yang telah mengajukan pendaftaran pada gelombang ketiga, tapi belum memenuhi kelengkapan syarat pendaftaran.

Baca Juga: Pemkot Jogja Klaim Wilayahnya Layak di PPKM Level 2, Ini Indikatornya

“Jadi untuk putaran keempat ini kami mengusulkan dari data-data pengajuan BPUM tahap ketiga yang berkasnya kurang maupun salah. Makanya, kami mendorong agar pelaku usaha mikro ini melengkapi persyaratan,” kata Tri.

Persyaratan

Syarat penerima BPUM adalah warga Kota Jogja dibuktikan dengan KTP Kota Jogja. Kemudian memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan Izin Usaha Mikro (IUM), tidak sedang mengakses pinjaman Kredit Usaha Rakyat, bukan ASN/TNI/Polri dan pegawai BUMD/BUMN.

Pendaftar hanya bisa mengajukan satu pemohon dalam satu kartu keluarga. Setelah itu akan ada verifikasi berkas persyaratan oleh Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Jogja. “Pelaku UKM juga harus memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Kami juga mendampingi pelaku UKM yang kesulitan memenuhi syarat NIB,” kata Tri.

Pada 2020, dari pelaku 15.114 UKM di Kota Jogja yang diusulkan, yang menerima BPUM sebanyak 9.045 pelaku UKM. Nilai BPUM 2020 sebanyak Rp2,4 juta.

Baca Juga: Ganjil Genap ke Arah Objek Wisata Bantul, Mulai Kapan?

Selain dari pemerintah pusat, bantuan untuk pelaku UKM rencananya juga diberikan melalui dana keistimewaan DIY. Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Jogja hanya melakukan pendataan, lantaran penyaluran bantuan langsung oleh Pemda DIY.

Berita Terkait

Berita Terkini

Jangan Sampai Terlambat Jadi Peserta BPJS Kesehatan, Ini Alasannya

BPJS Kesehatan ini bisa digunakan untuk berobat, baik rawat jalan maupun rawat inap di fasilitas kesehatan oleh peserta.

JPU Tuntut Terdakwa Klitih Kotagede Jogja, Penjara 1 Tahun 7 Bulan 

JPU menilai terdakwa KAP dinyatakan bersalah melakukan klitih hingga mengakibatkan korban KS, 16, mengalami luka berat.

Awas! Batu Raksasa Jebol Rumah Warga di Prambanan Sleman

Peristiwa batu raksasa yang menimpa rumah warga tersebut terjadi setelah hujan deras yang mengguyur Dusun Jali.

Pemkot Jogja Luncurkan Kampung Wisata Melayani Melalui Aplikasi

Pemkot Jogja terus berinovasi untuk memberikan kemudahan bagi wisawatan untuk berkunjung ke Kota Gudeg tersebut.

Terbebani Biaya Operasional, Gembira Loka Zoo Hanya Buka Akhir Pekan

Gembira Loka Zoo mulai pekan depan hanya buka pada Sabtu dan Minggu.

Dispar Sleman: Hoax 35 Objek Wisata di DIY Sudah Buka

Beredar kabar di media sosial terkait 35 destinasi wisata di wilayah DIY dan sekitarnya yang sudah beroperasi, Dinas Pariwisata Sleman menyebut itu kabar bohong atau hoax.

Gegara Dendam Pribadi, Pegawai Angkringan Pendopo Lawas Ditusuk

Seorang pegawai angkringan di Jogja jadi korban penusukan oleh warga yang diduga menaruh dendam. Pelaku kini sudah ditangkap.

Saluran Irigasi Peninggalan Belanda Jebol, Ini Nasib Lahan Pertanian di Kulonprogo

Saluran irigasi peninggalan Belanda yang jebol berada di Dusun Pantog Wetan, Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo.

Musim Kemarau Basah, Sejumlah Wilayah Di Bantul Alami Kekeringan

Kendati demikian, kemarau yang masih sesekali hujan membuat dampak kekeringan tak seperti kemarau kering.

Razia Gabungan Di Rutan Wates, Petugas Temukan Benda Terlarang

Kepala Rutan Kelas II B Wates Deny Fajariyanto mengatakan razia gabungan dilakukan untuk meminimalisir terjadinya peredaran narkotika

Capaian Vaksinasi Di Bantul Dinilai Rendah, Ini Penjelasan Dinkes

Dinkes Bantul beralasan jika Bantul bukanlah pilot projek vaksinasi di DIY seperti Kota Jogja dan Sleman?.

Pengumuman! Pemkot Jogja akan Gelar Wayang Jogja Night Carnival, Catat Tanggalnya

Pemkot Jogja akan tetap menggelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) meski masih masa pandemi. WJNC akan digelar secara hibrid.

Warga Bisa Urus Dokumen Ini, Di Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Kulonprogo

Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) membantu masyarakat Kulonprogo dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Pengumumam, Di Jogja Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Sesuai Inmendagri Nomor 43/2021, Kota Jogja dipilih menjadi salah satu wilayah yang menerapkan uji coba di kawasan mal.

Kebijakan Ganjil Genap Objek Wisata Bantul Dievaluasi

Penerapan kebijakan ganjil genap di objek wisata Hutan Pinus Sari Mangunan, Bantul dievaluasi.