Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Bruk...Puluhan Pohon di Sukoharjo Tumbang Diterjang Angin Kencang

Bruk...Puluhan Pohon di Sukoharjo Tumbang Diterjang Angin Kencang
author
Rohmah Ermawati Jumat, 22 Oktober 2021 - 18:15 WIB
share
SOLOPOS.COM - Sukarelawan memotong batang pohon tumbang dengan gergaji di ruas Jalan Sukoharjo-Tawangsari, Jumat (22/10/2021). (Istimewa-PMI Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Hujan lebat disertai angin kencang mengakibatkan puluhan pohon tumbang dan baliho di tiga daerah di Kabupaten Sukoharjo, yakni Kecamatan Tawangsari, Bulu, dan Nguter Jumat (22/10/2021) sekitar pukul 14.00 WIB. Beberapa pohon besar tumbang menimpa atap rumah penduduk dan menutup akses jalan perdesaan.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Jumat, hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang mengguyur wilayah Kota Sukoharjo. Saking derasnya, hujan disertai angin kencang mengakibatkan puluhan pohon besar tumbang dan melintang di jalan perdesaan. Pohon yang tumbang itu berusia tua sehingga tak kuat menahan derasnya hujan yang disertai angin kencang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim gabungan dari sukarelawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, SAR Sukoharjo, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Sukoharjo langsung mendatangi lokasi kejadian. Mereka langsung memotong batang pohon yang melintang di jalan perkampunggan menggunakan mesin gergaji.

Baca juga: Peralihan Musim, BMKG Jateng: Waspadai Puting Beliung di Soloraya!

Ekspedisi Mudik 2024

“Ada puluhan pohon besar yang tumbang di sejumlah lokasi. Tidak ada korban jiwa. Beberapa pohon tumbang menimpa atap rumah penduduk,” kata Kepala Pelaksana BPBD Sukoharjo, Sri Maryanto, Jumat.

Akses Jembatan Sempat Tertutup

Pohon tumbang tersebar di sejumlah lokasi di Desa Pojok, Desa Dalangan di Kecamatan Tawangsari. Pohon tumbang melintang di ruas jalan Sukoharjo-Tawangsari. Selain itu, angin kencang juga merobohkan sejumlah baliho di Desa Pojok.

Ada juga pohon tumbang yang melintang di sekitar Jembatan Tanjung di Desa Lengking di Kecamatan Bulu.

“Akses menuju jembatan sempat tertutup beberapa menit karena tertutup batang pohon yang tumbang. Sukarelawan langsung memotong batang pohon yang tumbang. Sekarang pengguna jalan sudah bisa melewati jembatan,” ujar dia.

Baca juga: Round Up: Atap Masjid Besar Nguter Sukoharjo Ambrol, Salah Konstruksi?

Di wilayah Nguter, angin kencang mengakibatkan sedikitnya 10 pohon besar tumbang di Desa Lawu dan Desa Tanjung. Bahkan, pohon yang tumbang menimpa atap teras rumah warga di Desa Tanjung. Saat kejadian, rumah dalam kondisi kosong lantaran penghuninya merantau ke Bandung.

Sri meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan apabila turun hujan lebat disertai angin kencang. Salah satu gejala angin lisus yakni awan hitam menggumpal sesaat sebelum hujan yang disertai angin kencang.

Angin kencang dengan pusaran berbentuk lingkaran bakal menerjang dan memporak-porandakan rumah penduduk, pohon, dan tiang listrik. ”Masyarakat harus harus mengecek kondisi atap rumah secara rutin. Apabila atap rumah mengalami pelapukan dan retak berpotensi ambrol setiap saat,” tutur dia.

Baca juga: PPKM Level 2, Penerangan di 9 Ruas Jalan Sukoharjo Dinyalakan Lagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya
Ekspedisi Mudik 2024

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN