Buntut Temuan Klaster Covid-19 PTM di Jateng, Pelajar SMP Sragen akan Dites Antigen

Para pelajar SMP di Kabupaten Sragen akan dites antigen untuk mencegah munculnya klaster penularan Covid-19 saat PTM.

 Waspadai sejumlah titik lengah anak tertular Corona saat sekolah dibuka (Freepik)

SOLOPOS.COM - Waspadai sejumlah titik lengah anak tertular Corona saat sekolah dibuka (Freepik)

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen merencanakan pelajar SMP dites antigen sebagai upaya pencegahan munculnya klaster penularan Covid-19 saat pembelajaran tatap muka atau PTM di sekolah.

Sasaran tes antigen itu sebanyak 40-80 orang per sekolah. Penjelasan itu disampaikan Kepala DKK Sragen dr Hargiyanto saat dihubungi Solopos.com, Kamis (23/9/2021). Sebagaimana diketahui, klaster penularan Covid-19 muncul di sekolah wilayah Jateng belum lama ini.

Hargiyanto menerangkan rencana tes antigen untuk pelajar itu akan dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sragen. Ia berharap Disdikbud Sragen bisa membuatkan jadwal sekolah yang menjadi sasaran tes tersebut.

Baca Juga: Warga Sragen Jual Obat Terlarang Hingga Ratusan Butir per Hari, Pembeli Mayoritas Anak SMA

“Pada Rabu lalu [22/9/2021] sudah dilakukan testing bagi pelajar SMK di Sragen. Ada 200 pelajar yang dites antigen dan hasilnya negatif,” ujarnya.

Hargiyanto mengatakan DKK juga masih fokus pada target capaian vaksinasi sebesar 50% pada akhir September 2021 ini. Ia menerangkan cakupan vaksinasi di Sragen, khususnya untuk dosis pertama per Rabu (22/9/2021) sudah mencapai 42,6%.

Masih butuh tambahan 7% untuk mencapai 50% Ia mengejar target itu dengan melakukan vaksinasi sampai 20.000 dosis per hari. Vaksinasi pada Rabu mencapai 19.586 orang.

Baca Juga: Tukang Rosok di Sragen Ditangkap Polisi Gara-Gara Curi Sepeda Seharga Jutaan Rupiah

Rekor Terbanyak Vaksinasi

Vaksinasi tersebut merupakan rekor terbanyak di Sragen dengan perincian 16.675 orang untuk dosis pertama, 2.868 orang untuk dosis kedua, dan 43 orang untuk dosis ketiga.

“Selain target cakupan vaksinasi 50%, cakupan khusus untuk warga lansia juga ditarget bisa di angka 40%. Cakupan vaksinasi lansia per Rabu baru mencapai 37,6%,” ujar Hargiyanto.

Ia mengakui ada kesenjangan antara jumlah sasaran vaksinasi dosis pertama dengan dosis kedua. Berdasarkan data cakupan vaksinasi per Rabu, sasaran dosis pertama sudah mencapai 375.019 orang tetapi untuk vaksinasi dosis kedua baru 115.092 orang.

Baca Juga: Alasan Wong Sragen Beli Uang Palsu, Ternyata Untuk Balas Dendam ke Dukun

Ia menambahkan hal itu terjadi karena penilaian performa vaksinasi itu dilihat dari cakupan vaksinasi dosis pertama. Sementara itu, Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Sragen, Prihantomo, mengatakan belum ada perintah terkait dengan rencana tes antigen untuk pelajar SMP.

Ia mengatakan bila sudah ada perintah itu jadwal untuk tes antigen bisa dibuatkan. Untuk pencegahan munculnya klaster PTM, Prihantomo menyampaikan dalam pelaksanaan PTM wajib mentaati protokol kesehatan dan waspada terhadap potensi penularan Covid-19.

“Sebenarnya kemarin juga sudah ada sampel swab antigen pada pelajar yang dilakukan Polres Sragen,” ujarnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Catat! Jadwal Pemadaman Listrik Boyolali Hari Ini (27/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Boyolali hari ini, Rabu (27/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam. Daerah mana saja yang terdampak?

Banyak Warga Ambil Formulir Pendaftaran Perangkat Desa di Wonogiri

Banyak warga telah mengambil formulir pendaftaran pengisian perangkat desa di Kabupaten Wonogiri.

Duta Sheila on 7 Pun Ikut Antre Singkong Keju Produksi Jatinom Klaten

Duta, vokalis Sheila on 7, pernah ikut antre di outlet Singkong Keju Meletus pada awal produksi sekitar 2006.

Jadwal Pemadaman Listrik Klaten Hari Ini (27/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Klaten hari ini, Rabu (27/10/2021) yang berlangsung selama enam jam. Daerah mana saja yang terdampak?

Awas! Curah Hujan Jateng Diprediksi Sangat Tinggi pada Akhir Tahun

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta masyarakat di wilayah rawan bencana bersiap siaga menghadapi kemungkinan bencana akibat curah hujan tinggi akhir tahun ini.

Dosen UGM Komentari Kasus Menwa UNS Solo: Hapus Militerisme di Kampus!

Pengajar senior yang juga Kepala Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian UGM, Najib Azca, ikut mengomentari kasus Menwa UNS Solo.

Solo Youth Edutech Festival 2021 Digelar Model Hybrid, Begini Konsepnya

YRP Solo mengadakan Solo Youth Edutech Festival 2021 mulai Selasa hingga Jumat menggunakan konsep hybrid, yakni secara virtual dan tatap muka langsung.

Ke Mal di Sukoharjo, Ganjar Nonton Film Bioskop tentang Eks Napiter

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menonton film dokumenter tentang eks napiter yang berusaha kembali ke masyarakat saat berkunjung ke Sukoharjo.

PLTSa Putri Cempo Solo, Puluhan Kontainer Material Mulai Berdatangan

Investor pembangunan PLTSa Putri Cempo Solo mendatangkan puluhan kontainer material dari India, China, dan Austria.

Pekan Terakhir Solo Great Sale 2021, Banjir Promo Diskon hingga 50%

Sejumlah merchant memberikan beragam promo hingga diskon 50% pada pekan terakhir penyelenggaraan Solo Great Sale (SGS) 2021.

Warga Lansia dan ODGJ Gandekan Solo Disasar Vaksinasi Covid-19 Keliling

Pemerintah Kelurahan Gandekan, Jebres, Solo, bersama petugas Puskesmas Purwodiningratan melakukan vaksinasi Covid-19 keliling dengan sasaran warga lansia dan ODGJ.

Tips Hindari Teror Debt Collector Pinjol ala Bos Jasa Penagihan Solo

Bos perusahaan jasa penagihan Solo Giyatno membagikan tips cara agar terhindar dari teror debt collector pinjol yang dikenal kerap melakukan intimidasi.

Dari Olahan Singkong, Pengusaha Muda Ini Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah

Pria asal Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom itu memulai usaha olahan singkong ketika masih kuliah di Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2006.

Bupati Sukoharjo: Kartu Vaksin seperti KTP, ke Mana pun Wajib Dibawa

Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyebut fungsi kartu vaksin Covid-19 saat ini sudah seperti KTP, ke mana pun wajib dibawa karena menjadi syarat akses ke berbagai tempat.

Apel Siaga Bencana, Bupati Boyolali Waspadai Bencana Alam dan Covid-19

 Said menekan pentingnya disiplin protokol kesehatan (prokes) kepada semua masyarakat guna menghadapi pandemi ini.

Mudah, Cukup Lakukan Ini Untuk Cegah Tertular Leptospirosis

Ada beberapa langkah mudah untuk mencegah terinfeksi leptospirosis. Utamanya adalah pola hidup bersih.