SOLOPOS.COM - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk warga Bantul. (Istimewa)

Solopos.com, BANTUL — Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul akhirnya angkat bicara terkait pernyataan dari Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie yang mengatakan capain vaksinasi di Bantul masih rendah.

Disebutkan capaian vaksinasi di Bantul baru 54,9 persen untuk dosis pertama dan 23,9 persen untuk dosis ke dua. Dinkes Bantul pun beralasan jika Bantul bukanlah pilot projek vaksinasi di DIY seperti Kota Jogja dan Sleman?.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Karena Kota Jogja dan Sleman kan ditunjuk sebagai daerah penyangga. Sehingga kick off vaksinasi lebih dahulu dibandingkan Bantul. Apalagi, pasokan vaksin di Kota Jogja dan Sleman juga lebih banyak dibandingkan Bantul,” kata Kasi Surveilans dan Imunisasi, Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Dinkes Bantul, Abednego Dani Nugroho, Rabu (22/9/2021).

Baca juga: Pengumumam, Di Jogja Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Selain itu Abed menilai jika belum tentu warga yang divaksinasi oleh Dinkes Kota Jogja sesuai dengan Nomor Induk Penduduk (NIK) Kota Jogja.

“Karena capaian 177 persen itu pasti banyak. Bisa saja NIK yang telah divaksin merupakan warga luar Kota Jogja,” jelasnya.

Menurut Abed, saat ini capaian vaksinasi di Bantul telah mencapai 62,77 persen atau 481.482 sasaran untuk dosis pertama. Sedangkan untuk suntikan dosis ke dua mencapai 32,22 persen atau 247.120 sasaran atau orang.

Baca juga: Kebijakan Ganjil Genap Objek Wisata Bantul Dievaluasi

“Saat ini, kami juga terus mempercepat vaksinasi untuk mengejar target 100 persen warga tervaksin. Harapannya bulan depan sudah tervaksin semua,” ujar Abed seperti dikutip dari Harian Jogja jaringan Solopos.com.

Ketua Komisi D, DPRD Bantul, Enggar Surya Jatmiko mengatakan percepatan vaksinasi terus dilakukan oleh Pemkab Bantul. Salah satunya dengan mengalihkan tenaga kesehatan untuk membantu percepatan vaksinasi.

“Dengan langkah ini kami berharap agar target vaksinasi segera tercapai,” harapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya