Catat! Ini Jenis-Jenis Monstera dan Update Kisaran Harga Terbaru

Berbagai jenis Monstera ini cocok dijadikan hiasan interior rumah bergaya Skandinavia atau minimalis.

 Monstera Delicosa. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Monstera Delicosa. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Sebelum memutuskan membeli dan mengoleksinya, pastikan terlebih dulu mengenal jenis-jenis Monstera yang saat ini sedang naik daun. Hal ini karena tanaman tropis ini memiliki banyak ragam dan masing-masing punya keunikan sendiri-sendiri.

Setelah mengetahui jenis-jenis Monstera, langkah berikutnya adalah sesuaikan dengan dana atau anggaran. Pilihlah yang sesuai dengan anggaran. Tanaman hias indoor ini  cocok dijadikan hiasan interior rumah bergaya Skandinavia atau minimalis. Keunikan tanaman ini adalah memiliki daun mengilap lebar berwarna hijau pekat berpola seperti bentuk hati.  Selain itu, yang membuat tanaman ini semakin mahal adalah lubang atau belahan pada daun menjadi ciri khas Monstera.

Berikut ini jenis-jenis Monstera berikut kisaran harganya sebagaimana dikutip Solopos.com dari berbagai sumber pada Selasa (14/9/2021):

1. Monstera Adansonii

Monstera Adansonii (liputan6)
Monstera Adansonii (liputan6)

Salah satu jenis Monstera yang paling populer adalah Adansonii atau biasa dikenal juga dengan sebutan monstera topeng monyet. Adansonii merupakan tanaman merambat yang dapat tumbuh mencapai 6 meter.

Untuk perawatanya, hindari tumbuhan pada kondisi lingkungan berangin atau terlalu kering. Jenis ini juga tidak terlalu menyukai terpaan matahari langsung.

Kamu bisa menyimpan Adansonii di luar ruangan yang tertutupi kanopi. Menyemprotkan uap air juga dapat membantu daun cepat berkembang. Kisaran harganya adalah Rp25.000-Rp200.000 tergantung besar kecilnya tanaman.

2. Monstera Borsigiana

Monstera Borsigniana (liputan6)
Monstera Borsigniana (liputan6)

Monstera Borsigiana adalah jenis yang paling banyak digunakan sebagai hiasan dan mungkin sering kamu temui di sebuah hunian. Janda bolong jenis ini memiliki lubang yang lebih sedikit. Ukuran batangnya juga lebih kecil dan berbentuk bulat. Ia sangat memungkinkan untuk diletakkan di dalam pot tanaman.

Satu lagi yang perlu diingat, hindari tanaman dengan paparan sinar matahari langsung, kamu bisa meletakkannya sebagai dekorasi area indoor. Kisaran harga yaitu Rp100.000-Rp5 juta bergantung ukuran besar kecil tanaman.

3. Monstera Deliciosa Variegata

Monstera Delicosa termasuk tanaman hias dengan harga fantastis. (Istimewa)
Monstera Delicosa. (Istimewa)

Dibandingkan dengan jenis monstera lainnya, varietas deliciosa merupakan tanaman yang mudah kamu temui di pasaran. Jika deliciosa umumnya berwarna hijau, jenis yang satu ini justru memiliki penampakan daun berwarna putih mencolok.

Warna ini membuat tanamanan agak sulit menyerap sinar matahari sehingga hindari menyimpannya di ruangan gelap atau kurang cahaya matahari.

Untuk perawatannya, tidak berbeda dengan monstera deliciosa normalnya. Yaitu siram tanaman ketika kering dan beri dukungan tempat atau objek agar tumbuh ke atas dengan cantik.

4. Monstera Karstenianum

Ingin menggunakan Monster sebagai dekorasi meja, jenis ini mungkin akan kamu sukai. Monstera karstenianum atau bisa juga dikenal sebagai monstera Peru sekilas terlihat seperti daun sirih.

Tetapi jangan salah rupanya ini adalah salah satu tanaman hias unik yang harganya sedikit lebih murah dibandingkan jenis lainnya. Monstera Peru terbiasa hidup di lingkungan dengan kelembaban tinggi, oleh sebab itu sangat penting untuk rutin menyemprot daun secara teratur. Mengutip channel Youtube J Windra berjudul 15 Jenis Tanaman Hias Monstera dan Harganya Tahun 2021, Selasa (14/9/2021), harga tanaman ini adalah Rp50.000-Rp500.000 bergantung ukuran tanaman.

5. Monstera Obliqua

Monstera Obliqua (wikipedia)
Monstera Obliqua (wikipedia)

Masih satu jenis dengan Monstera adansonii, obliqua merupakan versi unik dan termasuk langka di pasaran. Memiliki bentuk daun menyerupai Monstera adansonii, obliqua mempunya daun dengan lubang sangat besar dan disatukan dengan filamen kecil. Batangnya sangat tipis membuat tanaman ini hampir mustahil untuk di kirim.

Itu sebabnya kamu tidak akan menemukan jenis tanaman ini secara online. Fakta lainnya yang membuat tanaman ini spesial adalah hanya ada 17 spesimen liar bunga monstera obliqua yang pernah ditemukan! Sulit ditemui, langka.  Kisaran harganya adalah jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah.

6. Monstera Acuminata

Monstera acuminata. (Istimewa)
Monstera acuminata. (Istimewa)

Monstera acuminata tumbuh secara horizontal dan berkecambah di atas tanah. Saat masih muda daun acuminata memiliki bentuk bundar seperti hati dengan daun tebal dan berukuran kecil.

Sedangkan pada saat tua, daun acuminata nampak seperti deliciosa. Tumbuhan rambat ini menggunakan akar penahan ageotropic, batang pohonnya dapat tumbuh hingga 20 meter. Harga Rp750.000-Rp3,5  juta bergantung jumlah daun dan ukuran besar kecil tanaman.

7. Monstera Minima

Monstera minima. (Tokopedia)
Monstera minima. (Tokopedia)

Si mungil hijau yang cantik ini memang terlihat seperti miniatur monstera. Tanaman hias ini meskipun bentuknya menyerupai tetapi sebenarnya termasuk jenis Rhaphidophora tetrasperma.

Di alam liar, Monstera minima dapat tumbuh pesat hingga ketinggian lima meter. Merawat tanaman ini sangat mudah karena mereka kuat hidup di berbagai kondisi.

8. Monstera Dubia

Monstera dubia. (Pinterest)
Monstera dubia. (Pinterest)

Monstera langka lainnya yang mungkin bisa menjadi koleksi menarik tanaman hias kamu adalah Monstera dubia. Sekilas tanaman ini mirip seperti Satin photos, memiliki penampilan daun yang lebar dengan batang yang menempel kokoh di pohon lainnya melindungi daun daun dari terpaan angin kencang.

Saat masih muda bentuk daun terlihat utuh, akan tetapi ketika sudah tua Monstera obliqua akan berkembang lebih besar dan membelah. Kisaran harga Rp1,5 juta-Rp5 juta bergantung jumlah daun.

9. Monstera Standleyana

Monstera standleyana. (Pinterest)
Monstera standleyana. (Pinterest)

Jika biasanya kita menemukan lubang pada daun Monstera, jenis yang satu ini memang tampak seperti Satin photos tanpa bolong. Daun ini juga lebih murah dibandingkan dengan monstera lainnya.

Tetapi jika kamu suka dengan warna daun keperakan yang mencolok ini sebaiknya rawat dengan benar. Monstera Standleyana rentan dihinggapi kutu putih. Harga Rp250.000-Rp1 juta bergantung ukuran tanaman, jumlah daun dan tempat dimana beli tanaman tersebut.

10. Monstera Marmorata

punya daun berukuran besar dengan perpaduan warna putih, kuning dan hijau. Harga Rp5 juta-Rp25 juta.

11. Monstera Punctulata

Spesies tanaman ini mudah ditemukan di Amerika Tengah dan bagian selatan Meksiko. Tanaman ini memiliki batang muda berbentuk pipih yang saat tua berubah kecokelatan. Monstera punctulata dapat tumbuh hingga 15 meter di alam liar. Kamu dapat membuat taman kamu terlihat hijau dan rimbun.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Keren! Bocah 15 Tahun Ini Bisa Mainkan Musik DJ dan Wayang Bersamaan

Meski berumur 15 tahun, Lionel pandai bermain piringan hitam dan mampu mengombinasikan dengan permianan wayang.

Inil Bacaan Doa Saat Ziarah Kubur dan Tata Caranya

Inilah doa yang dipanjatkan ketika berziarah kubur lengkap dengan arti dan tata caranya.

Hari Pangan Sedunia 2021: Sudah Tepatkah Kita Memperlakukan Pangan?

Peringatan Hari Pangan Sedunia bertujuan untuk mempromosikan kesadaran dan tindakan global terhadap kelaparan serta untuk menyoroti perlunya memastikan pola makan yang sehat untuk semua.

Hari Pangan Sedunia 2021, Momentum Evaluasi Ketahanan Pangan Indonesia

Selama ini aktivitas manusia dalam mencapai ketahanan pangan sering menurunkan atau menghancurkan habitat alami dan berkontribusi pada kepunahan spesies.

Usia Seks Anak Makin Maju, Beri Pendidikan Seks Sesuai Usia Anak

Majunya usia anak yang melakukan seks tersebut, disebabkan oleh kurangnya edukasi mengenai hubungan seks dan kesehatan reproduksi pada anak.

Mengenal Jenis-Jenis Lensa Kontak, Manakah yang Paling Baik?

Penggunaan lensa kontak saat ini bukan hanya sebatas sebagai alat bantu penglihatan, melainkan juga sudah seperti bagian dari fashion.

6 Makanan Ini Membantu Perkembangan Otak Anak

Ada sejumlah makanan yang tepat dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fungsi otak anak Anda.

Efek Pandemi Covid-19, Kasus Tuberkulosis Naik Lagi

WHO memaparkan bahwa kemajuan dalam pemberantasan penyakit TBC telah menjadi lebih buruk karena meningkatnya jumlah kasus yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

Punya Cicilan Utang KPR atau Pinjol? Ini Trik Bijak Melunasinya

Kita bisa menerapkan salah satu dari dua trik jitu supaya bisa cepat dapat melunasi utang atau cicilan yaitu menggunakan metode debt snowball atau debt stacking.

Mengenal Penyebab Kanker Usus Seperti Diidap Pelawak Qomar

Penyebab utama di balik kedua jenis kanker usus ini adalah mutasi gen.

Viral Kisah Sedih Pria Hidupi Istri ODGJ, Netizen Sindir Baim Wong

Video perjuangan pria menafkahi istrinya yang ODGJ itu kemudian viral di media sosial dan ada netizen yang mengaitkan dengan Baim Wong yang kini ramai diperbincangkan.

90 Karya Seni Rupa Semarakkan Pameran Lentik/Lenting ISI Surakarta

Pameran Lentik/Lenting adalah gagasan untuk melihat lentiknya potensi pengetahuan seni tradisi dengan segenap ciri artistik dan estetiknya, serta potensinya untuk melenting.

15 Oktober Hari Cuci Tangan Sedunia, Tak Hanya untuk Cegah Covid-19

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini pertama dicetuskan oleh Global Handwashing Partnership pada tahun 2008.

Cara Mudah Membeli dan Menggunakan Meterai Elektronik alias E-Meterai

Berikut ini terdapat cara mudah membeli dan menggunakan meterai elektronik alias e-meterai di pos.e-meterai.co.id.

Ini Bacaan Doa Agar Usaha dan Rezeki Lancar

Berikut bacaan doa yang bisa dilafalkan setiap hari agar usaha dan rezeki dilancarkan atas izin-Nya.

Agar Anak Tidak Jadi Penakut, Ajarkan Doa Ini!

Berikut ini terdapat doa yang bisa orang tua ajarkan kepada si kecil agar anak tidak jadi penakut. Lengkap dengan latin dan artinya.