Catat! Ini Syarat Mahasiswa UNS Solo yang Boleh Ikut Kuliah Tatap Muka

Berikut ini syarat bagi mahasiswa UNS Solo yang diperbolehkan mengikuti kuliah tatap muka mulai pekan depan.

 Petugas keamanan berjaga di pintu utama masuk Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jumat (18/6/2021). UNS Solo melakukan penutupan dan pembatasan sementara seluruh aktivitas selama tujuh hari ke depan yakni mulai 17-25 Juni 2021 pasca meninggalnya empat dosen UNS akibat virus corona. 

(Solopos.com Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Petugas keamanan berjaga di pintu utama masuk Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jumat (18/6/2021). UNS Solo melakukan penutupan dan pembatasan sementara seluruh aktivitas selama tujuh hari ke depan yakni mulai 17-25 Juni 2021 pasca meninggalnya empat dosen UNS akibat virus corona. (Solopos.com Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo siap menggelar kuliah tatap muka setelah mendapat izin dari Pemerintah Kota Solo. Rencananya perkuliahan tatap muka ini digelar pada pekan depan.

Kabar baik tersebut disampaikan Rektor UNS Solo, Prof Jamal Wiwoho. Dia menyebut telah berkoordinasi langsung dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, untuk menerapkan kuliah offline di kampus pada Jumat (27/8/2021).

“Karena levelnya sudah dari level 4 ke 3 dan sudah ada SE dari Pak Wali Kota yang sebelum keluar SE-nya, paginya Jumat datang ke sini. Intinya, kalau sudah diperbolehkan pembelajaran dengan tatap muka ya kita siap. Setidak-tidaknya hari Senin,” ujar Prof Jamal pada Rabu (1/9/2021) seperti dikutip dari laman Uns.ac.id, Kamis (2/9/2021).

Baca juga: Mahasiswa Siap-Siap! UNS Solo Gelar PTM Pekan Depan, UMS Mulai Oktober

Dalam pelaksanaan kuliah tatap uka, UNS Solo mengatur sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa untuk mengikuti proses pembelajaran. Pertama, mahasiswa harus mendapat izin dari orang tua untuk mengikuti perkuliahan.

Kedua, mahasiswa dinyatakan negatif Covid-19 atau sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 yang dibuktikan dengan catatan di aplikasi PeduliLindungi atau memiliki sertifikat vaksinasi. Ketiga, mahasiswa yang bisa mengikuti perkuliahan tatap muka diutamakan yang berasal dari wilayah Soloraya.

“Lalu ya kita berusaha mengundang para orang tua yang anaknya diperbolehkan supaya ada semacam pembekalanlah harus apa, protokol kesehatannya, kemudian kita harapkan kuliah selesai ya pulang jangan nongkrong dan sebagainya,” imbuh Prof Jamal.

Baca juga: 3 Bulan Buron, Begal Ojol Yadi di Baki Sukoharjo Akhirnya Ditangkap 

Rektor UNS Solo menambahkan, PTM yang digelar mulai pekan depan khusus bagi mahasiswa semester I. Selama mengikuti kegiatan pembelajaran, mahasiswa wajib menerapkan protokol kesehatan dengan ketat untuk mencegah risiko penularan virus corona.

“Yang diprioritaskan angkatan baru. Dan, angkatan yang atas juga boleh. Misalnya, mulai membuka pelan-pelan untuk laboratorium, praktik, dan ujian skripsi, tetapi Prokes tetap kita utamakan. Kita juga akan tetap melakukan kuliah hybrid,” jelasnya.

Baca juga: Kering Kerontang, Air di Waduk Lalung Karanganyar Tinggal Segaris

Dia menegaskan pihak kampus UNS Solo sudah menyusun jadwal perkuliahan di setiap fakultas. Pada praktiknya nanti dalam sehari hanya tiga sampai empat fakultas saja yang diperbolehkan menggelar kuliah offline untuk menghindari kerumunan.

“Dan jauh-jauhan [letak fakultasnya]. Misalnya, Fakultas Pertanian (FP) UNS dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS kan jaraknya jauh,” pungkasnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Kronologi Versi MTs Harapan Baru Ciamis, Berawal dari Siswa Terpeleset

Pihak MTs Harapan Baru Ciamis menyebut kronologi 11 siswa tenggelam berawal dari siswa terpeselet dan temannya mencoba membantu saat berada di tepi Sungai Cileueur.

Olala... Nenek Ini Shock Berat Kejatuhan Meteorit di Tempat Tidurnya

Batu tersebut tidak mengenai tubuh tapi tetap saja banyak berserakan puing-puing di wajah dan tubuh si nenek akibat hantaman or tak diundang tersebut.

Giliran Anak, KPK Tangkap Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin

KPK menangkap anak mantan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, yakni Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin, dalam operasi tangkap tangan (OTT) Jumat, 15 Oktober 2021 malam.

Kasus Bullying Siswa SD di Jepara, Disdikpora: Sudah Damai

Masalah aksi bullying siswa SD di Jepara yang vidoenya viral dinyatakan sudah selesai oleh Disdikpora Jepara.

Siswa SD di Jepara Jadi Korban Bullying, Reaksi Ortu Pelaku Bikin Emosi

Video seorang siswa SD di Jepara yang jadi korban bullying teman sekelasnya viral di twitter.

Ada Campur Tangan Pemancing di 2 Tragedi Susur Sungai Ciamis dan Sempor

Kisah pemancing menyelamatkan peserta susur Sungai Cileueur, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat juga terjadi saat tragedi susur Sungai Sempor di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tragedi Susur Sungai Sempor Terulang, Tahun Lalu 10 Siswa Meninggal

Tragedi susur sungai yang menyebabkan 10 siswa SMPN 1 Turi Sleman meninggal 1,5 tahun lalu terulang dan menimpa 11 siswa MTs Harapan Baru Ciamis, Jawa Barat, Jumat (15/10/2021).

Korban Tragedi Susur Sungai di Ciamis Dimakamkan, Keluarga: Ini Takdir

Keluarga mengikhlaskan kepergian korban susu sungai, dan menganggapnya sebagai takdir dari Yang Maha Kuasa.

Gempa M 4,8 Guncang Bali, 3 Orang Meninggal, 7 Patah Tulang

Tiga orang meninggal dunia akibat gempa yang berpusat di 8 km barat laut Karangasem, Bali, itu.

Susur Sungai Tewaskan 11 Siswa MTs di Ciamis, Kemenag Akan Evaluasi

Kemenag turut berduka cita dan mendoakan siswa-siswa yang menjadi korban dalam kejadian itu.

10 Berita Terpopuler : Prestasi Pebulu Tangkis Vito - Rubicon Ketemu

Sosok pebulu tangkis asal Sukoharjo Shesar Hiren Rhustavito hingga kabar Rubicon yang hilang dicuri ditemukan masuk jajaran berita terpopuler pagi ini.

Pemerintah bakal Moratorium Izin Pinjaman Online

Kominfo sejak 2018 hingga 15 Oktober 2021 telah menutup 4.874 akun pinjaman online.

Suami Bejat Tawarkan Istri untuk Layanan Threesome

Dalam akun media sosial miliknya, pelaku mengunggah beberapa foto vulgar istrinya dengan tawaran layanan threesome.

Sejarah Hari Ini : 16 Oktober 1923, The Walt Disney Company Berdiri

Berbagai peristiwa penting dari seluruh penjuru dunia terjadi pada 16 Oktober dan rangkumannya tersaji dalam Sejarah Hari Ini.

Sedih! 11 Korban Tragedi Susur Sungai di Ciamis, 2 dari Jateng

Tragedi susur sungai di Ciamis menyebabkan 11 siswa MTs Harapan Baru meninggal dunia karena tenggelam, di mana dua di antaranya dari Jateng.