SOLOPOS.COM - Hox Formulir Kartu Indonesia Pintar. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Beredar informasi siswa sekolah bisa mendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) lewat daring. Informasi ini juga menyertakan tautan yang mengarah pada situs tertentu.

Edaran informasi tersebut juga menyebutkan pendaftaran daring itu ditujukan bagi pelajar sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), serta sekolah menengah kejuruan (SMK).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selamat pagi setengah siang.. bagi yg punya putra putri SD SMP SMA/K ingin mengajukan program Indonesia Pintar / Kartu Indonesia Pintar, silakan mengisi link dibawah ini. Ditunggu sampai tanggal 25 Agustus 2020. Tks,” demikian narasi video tersebut.

Narasi itu juga disertai permintaan sejumlah data, dalam tautan formulir daring pendaftaran KIP tersebut. Data yang diminta antara lain nama lengkap siswa, nama orang tua, alamat, serta Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Cek Fakta: Klaim Klepon Tidak Islami False Flag & Sosok Abu Ikhwan Aziz?

Cek Fakta

Formulir daring pendaftaran KIP itu memuat informasi palsu atau hoaks, karena bukan bersumber dari pemerintah. Kabar ini dikonfirmasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui laman resminya pada Minggu (23/8/2020).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, melalui unggahan story di akun Instagram resmi @kemdikbud.ri pada Minggu, turut menjelaskan tautan tersebut merupakan bagian dari upaya penipuan, sebagaimana diterangkan dalam laporan Kominfo.

Masyarakat diminta berhati-hati terhadap formulir yang meminta data siswa tersebut, demikian isi unggahan Kemendikbud dalam akun Instagramnya.

Viral, Driver Ojol Kehilangan Motor Usai Ngemut Payudara Penumpang? Cek Faktanya

Kesimpulan

Kabar formulir daring untuk pendaftaran Kartu Indonesia Pintar atau KIP adalah disinfomasi. Pemerintah tidak pernah mengeluarkan perintah untuk siswa melakukan pendaftara KIP secara online apalagi sebagaimana situs yang telah disebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya