Desa Binaan UKSW Salatiga Jadi Desa Wisata Terbaik 2021 Versi BCA Award

Desa Wisata Tingkir Lor binaan UKSW Salatiga berhasil menjuarai ajang Bakti BCA - Desa Wisata Award 2021 kategori foto desa wisata terbaik menggunakan smartphone.

 Penganugerahan kepada Desa Wisata Tingkir Lor sebagai juara I Bakti BCA - Desa Wisata Award 2021 untuk kategori foto Desa wisata terbaik menggunakan smartphone. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Penganugerahan kepada Desa Wisata Tingkir Lor sebagai juara I Bakti BCA - Desa Wisata Award 2021 untuk kategori foto Desa wisata terbaik menggunakan smartphone. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Desa Wisata Tingkir Lor di Kelurahan Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) berhasil menjadi juara I dalam ajang Bakti BCA – Desa Wisata Award 2021 untuk kategori foto Desa wisata terbaik menggunakan smartphone.

Desa wisata itu merupakan binaan Program Studi Destinasi Pariwisata Fakultas Interdisiplin, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Bukan hanya itu, desa ini juga lolos tiga besar kategori Desa Wisata Digital Tingkat Nasional pada ajang yang sama.

Ketua Program Studi Destinasi Pariwisata UKSW, Aldi Herindra Lasso, menuturkan Desa Wisata Tingkir Lor mempromosikan pemanfaatan teknologi dalam pengembangan pariwisata dalam ajang Bakti BCA – Desa Wisata Award 2021.

Menurutnya, ada tiga hal yang dilakukan, yakni penggunaan buku tamu digital, penggunan sistem informasi, dan penggunaan aplikasi Zoom berbayar.

Pemanfaatan Teknologi untuk Desa Wisata Terbaik

“Penggunaan buku tamu digital dilakukan sehingga Desa Wisata Tingkir Lor saat ini sudah mempunyai database pengunjung. Selain itu, dengan penggunaan Sistem Informasi Geografi, pengunjung dimudahkan karena memperoleh informasi berupa lokasi dan daya tarik wisata melalui gawai masing-masing,” ujar Lasso, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga: Sekeluarga Tidur di Kolong Meja Wedangan Kartasura, Sang Ibu Ternyata Sudah Lama Sakit

Di salah satu desa wisata terbaik itu, lanjut Lasso, pemanduan dilakukan cukup dengan memindai QR code yang ada disetiap objek wisata.

Pengunjung langsung menerima informasi yang lengkap mengenai objek wisata dengan dua pilihan bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris.

Lasso membeberkan pemanfaatan teknologi itu menjadi jawaban kurangnya tenaga pemandu wisata yang berakibat pada terbatasnya informasi objek wisata yang diterima wisatawan.

Sementara itu, pengembangan teknologi lain yang diterapkan adalah penggunaan aplikasi Zoom berbayar. Hal ini dimanfaatkan sebagai wisata daring bagi para pengunjung yang tidak mampu datang hadir secara langsung.

Semua inovasi tersebut dikombinasikan dengan pemanfaatan sepeda untuk berkeliling dari satu objek wisata ke objek lainnya di salah satu desa wisata terbaik tersebut.

Baca Juga: Erick Thohir dan Agnez Mo Berbagi Resep Sukses, Mau Coba?

Selain itu, sebagai salah satu desa wisata binaan Program Studi Destinasi Pariwisata UKSW, diharapkan desa wisata Tingkir Lor semakin berkembang dengan potensi dan keunikannya.

Desa Wisata Terbaik Tingkir Lor Bikin Bangga

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Svarna Gatra, Tri Mas Hudi, dan dua rekannya, Fira Fajira dan Vernita, menyampaikan rasa bangga mereka dapat terlibat dalam ajang bergengsi ini.

“Kami bisa mengikuti lomba ini berkat dukungan dari berbagai pihak yaitu Program Studi Destinasi Pariwista UKSW yang setia membimbing, mendampingi. Juga pemerintah dalam hal ini Kecamatan Tingkir dan Kelurahan Tingkir Lor, Pokdarwis Svarna Gatra,” kata Tri, akhir pekan lalu.

Selain itu, ada pula pihak lain seperti dari Kampung KB beserta Penyuluh Keluarga Berencana Kelurahan Tingkir Lor, Kelurahan Siaga, dan masyarakat Tingkir Lor yang turut serta dalam mewujudkan Desa Wisata Tingkir Lor menjadi desa wisata terbaik.

Baca Juga: Tahun Depan Indonesia akan Mulai Produksi Mobil Listrik

Meski ajang ini telah selesai, namun Tri Mas Hudi dan masyarakat berharap Desa Wisata Tingkir Lor dapat semakin maju.

“Tidak hanya mampu mendatangkan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri tetapi juga dengan potensi yang dimiliki, desa wista Tingkir Lor dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi desa-desa wisata lainnya. Yuk ke Tingkir Lor!” ajaknya.

Jadi Yang Terbaik dari 465 Desa Wisata

Senada dengan Tri, Lurah Tingkir Lor, Asro’i, juga menyampaikan rasa bangga atas lolosnya Desa Wisata Tingkir Lor dalam ajang ini.

“Ini kejutan bagi saya. Saya tidak menyangka Tingkir Lor bisa masuk nominasi tiga besar kategori desa wisata digital tingkat nasional dalam ajang Bakti BCA,” ujar sang lurah.

Baca Juga: Ajak Anak dan Istri Ambil Narkoba, Pria Semarang Diciduk Polisi

Meski demikian, Asro’i menegaskan ajang Bakti BCA – Desa Wisata Award 2021 baru langkah awal dalam upaya memperlihatkan pada masyarakat bahwa Tingkir Lor layak dijadikan sebagai destinasi wisata.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas pendampingan total yang dilakukan UKSW melalui Program Studi Destinasi Pariwisata, baik berupa ilmu, perhatian, dukungan dan bantuannya sehingga kami bisa berkompetisi di ajang bergengsi ini,” ujar Asro’i.

desa wisata terbaik
Desa Wisata Tingkir Lor. (Istimewa)

Berhasil lolos tiga besar dalam ajang ini bukanlah hal yang mudah. Pada kompetisi ini, Desa Wisata Tingkir Lor yang mengusung tagline Smart Village, Goes Global awalnya masuk dalam 20 besar desa wisata terbaik dari 465 Desa Wisata yang telah mendaftar.

Ada lima tahapan yang harus dilalui yaitu seleksi administrasi, penilaian diri sendiri, tahap kelas, tahap kunjungan lapangan dan tahap presentasi.

Desa Wisata Tingkir Lor merupakan satu-satunya desa wisata dari Kota Salatiga yang mengikuti kompetisi ini dengan kategori desa wisata digital.

Baca Juga: Talang Air Raksasa “Plengkung Pitu” Siap Dijadikan Ikon Wisata Klaten

BCA Desa Wisata Award yang diselenggarakan sebagai bentuk dukungan dalam mempromosikan kekayaan potensi desa wisata di Indonesia kembali digelar PT Bank Centra Asia melalui program Bakti BCA tahun 2021.

Rangkaian kegiatan ini telah dimulai sejak April 2021 yang diikuti oleh 465 desa wisata di Indonesia dengan kategori lomba; desa wisata alam, budaya, kreatif, desa wisata digital dan lomba foto desa wisata.

Berita Terkini

Srumbung Gunung Buat Master Plan Menuju Desa Wisata Kreatif Perdamaian

Visual 3 dimensi master plan yang sudah final telah ditunjukkan kepada masyarakat Srumbung Gunung di acara soft opening Gazebo Kuliner Nusantara.

Peringati Hari Jadi NUNI, UKSW Salatiga Gelar Donor Darah

Donor darah yang digelar di Student Center UKSW tersebut diadakan dalam rangka merayakan 10 tahun terbentuknya NUNI.

Lulusan UKSW Siap Beradaptasi dengan Realitas Dunia Baru

UKSW telah memberikan bekal untuk membentuk winisuda secara kultural guna menjadi “manusia baru”.

948 Mahasiswa UKSW Diwisuda Besok, Ini Daftar Peraih IPK Tertinggi

Pelaksanaan wisuda periode II tahun akademik 2021/2022 akan diikuti oleh 948 winisuda UKSW secara luring terbatas.

Wali Kota Salatiga Dukung Usulan Gelar Pahlawan untuk Probowinoto

Pelanjutan usulan gelar pahlawan untuk Probowinoto oleh UKSW dimulai dengan kajian interdisiplin yang dilakukan oleh tim.

18 Tahun Berkiprah, FTI UKSW Pertahankan Prestasi

Sejumlah capaian fakultas yang saat ini dipimpin oleh Wiwin Sulistyo, ST, M.Kom., ini menandakan bahwa FTI mampu beradaptasi di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Dosen STIE Solo, Irwan Christanto Raih Gelar Doktor dari DM FEB UKSW

Irwan yang dosen STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta ini berhasil mempertahankan desertasinya di hadapan para penguji UKSW.

3CM FKIP UKSW Serahkan Amongkrissa kepada SMP Kristen 01 Solo

3CM Center FKIP UKSW Salatiga menggelar kegiatan “3CM Berbagi” yang dilakukan dengan penyerahan aplikasi Amongkrissa.

UKSW dan TNI Gelar Vaksinasi Massal Bagi Pelajar dan Masyarakat Umum

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kerja sama dengan TNI Komando Daerah Militer IV/Diponegoro menggelar vaksinasi massal di Balairung Universitas

Tim Basket Satya Wacana Saints Salatiga Umumkan Pergantian Pelatih

Mantan kapten tim SWSS musim 2010-2011 yaitu Jerry Lolowang terpilih sebagai pengganti Efri Meldi.

Desa Binaan UKSW Salatiga Jadi Desa Wisata Terbaik 2021 Versi BCA Award

Desa Wisata Tingkir Lor binaan UKSW Salatiga berhasil menjuarai ajang Bakti BCA - Desa Wisata Award 2021 kategori foto desa wisata terbaik menggunakan smartphone.

UKSW dan Polres Salatiga Sepakat Meningkatkan Sinergi

Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Neil Semuel Rupidara, SE., M.Sc., Ph.D menerima kunjungan kerja Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana.

3.000 Dosis Vaksin Kedua Disalurkan di UKSW Salatiga

UKSW saat ini tengah mengadakan penjajakan dengan berbagai pihak seperti Koramil dan Danrem untuk kembali mengadakan kegiatan vaksinasi.

Sebarkan Nilai Perdamaian, Desa Wisata Kreatif Perdamaian Adakan Peace Camp

Peserta Peace Camp benar-benar belajar hal praktis untuk memahami serta menerima perbedaan.

Masih Dibuka, Kesempatan Bergabung di Kampus Indonesia Mini

Proses pendaftaran mahasiswa baru UKSW dilakukan secara online melalui laman admisi.uksw.edu.

Peringati HUT ke-76 Kemerdekaan RI, UKSW Siap Dukung Indonesia Maju dan Tangguh

Memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menggelar upacara bendera di Balairung Universitas.

Awali Masa Orientasi, Mahasiswa Baru UKSW Ikuti Ibadah bersama Sivitas Akademika

Ibadah Senin dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi rangkaian masa Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) oleh Rektor UKSW.

Virtual Tour UKSW Berikan Sensasi Jelajah Kampus di Masa Pandemi

Bagi yang ingin mengetahui lingkungan UKSW menawarkan fasilitas baru yang dapat dinikmati melalui salah satu fitur pada website www.uksw.edu.

Kuliah Umum UKSW: Olah Spiritual Bisa Jadi Kunci Bertahan Di Masa Pandemi

Kuliah Umum MKU Pendidikan Agama (Kristen) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) digelar secara virtual menghadirkan empat narasumber.

Dicari 400 Mahasiswa untuk Jadi Petani Organik Milenial, Yuk Buruan Daftar

Pelatihan pertanian organik bagi milenial ini bertujuan untuk mempersiapkan para milenial menjadi petani organik yang sukses.

Canggih! UKSW Kembangkan Teknologi Pembelajaran AVR, Perusahaan Silicon Valley Digandeng

Teknologi AVR ini akan dipakai UKSW dalam pembelajaran di semua bidang. Kerja sama dengan EON-Reality berdurasi 5 tahun.

Tiga Pembicara Berbagi Dunia Kehumasan untuk Mahasiswa UKSW

Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggelar diskusi kehumasan secara daring melalui zoom meeting.

Bambang Suteng Berpulang, Rektor UKSW: Pemikirannya Terstruktur dan Tajam

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW) terpilih dengan tahun jabatan 2020-2025, Dr. Bambang Suteng Sulasmono, berpulang.

Prodi Magister Akuntansi UKSW Raih Akreditasi Unggul, Top!

Prodi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UKSW Salatiga menyandang akreditasi unggul sesuai Keputusan BAN PT.

Peduli Rekan Sebaya, Mahasiswa UKSW Terpilih Jadi Duta GenRe

Dua mahasiswa UKSW terpilih menjadi Duta GenRe (Generasi Berencana) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kota Salatiga.

Lulus di Tengah Pandemi, Winisuda UKSW Harus Adaptif

Mengembangkan perilaku adaptif dan kompatibel dengan karakteristik pandemi menjadi hal mutlak dalam gelaran upacara wisuda UKSW ini.

13 Proposal Lolos Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa, UKSW Raih Peringkat III

Peningkatan tidak hanya terjadi pada proposal yang lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa, tetapi juga jumlah yang dikirimkan.

Kementerian ATR/BPN Gandeng UKSW Dorong Reformasi Agraria di Papua

Rektor UKSW, Neil S. Rupidara, menyambut baik ajakan kolaborasi Wamen Surya Tjandra. UKSW sudah bekerja sama dengan berbagai pihak selama ini.

FKIP UKSW Rumuskan Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan

Simposium untuk merefleksikan persoalan pendidikan mulai dari tingkat pendidikan dasar, menengah hingga pendidikan tinggi di saat pandemi.

UKSW Gandeng Media Sosialisasikan Program Unggulan Kampus

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggelar acara halalbihalal dengan rekan media, Rabu (9/6/2021) di Balairung Universitas.

Ini Komitmen Despar UKSW Dampingi Desa Wisata Tingkir Lor

UKSW Salatiga terus mewujudkan komitmen untuk mendukung komunitas lokal mengembangkan daerahnya menjadi destinasi pariwisata yang kompetitif.

Makin Berkualitas, Magister Manajemen UKSW Salatiga Kini Terakreditasi Unggul

Kualitas Prodi Magister Manajemen UKSW Salatiga semakin diakui setelah mendapat akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Peneliti UKSW Kembangkan Sistem Informasi Terintegrasi untuk Koperasi di Salatiga

Peneliti dari FTI Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), menyebut, salah satu kendala yang dialami oleh koperasi yaitu kesulitan dalam penyusunan laporan sesuai dengan standar yang berlaku.

Kunjungi Kampus, Danrem Makutarama Siap Dukung Program UKSW

Saat ini UKSW sedang lebih concern, memperkuat diri untuk menjadi research university.

Dies Natalis ke-21, FISKOM UKSW Bantu Mahasiswa NTT

Pandemi Covid-19 yang terjadi telah mendorong FISKOM UKSW Salatiga melakukan berbagai adaptasi.

UKSW Salatiga Mulai Mei Kuliah Tatap Muka

Universitas Kristen Satya Wacana atau UKSW Salatiga berencana menyelenggarakan kuliah tatap muka mulai Mei 2021.

Robot Gantikan Wisudawan & Wisudawati, Ini Uniknya Wisuda Virtual UKSW Salatiga

Dalam wisuda virtual itu, tali topi pada robot yang dipindah dari kiri ke kanan oleh Rektor UKSW Salatiga sebagai penanda mahasiswa telah sah diwisuda.

UKSW Ganjar 3 Alumninya Penghargaan, Siapa Saja?

UKSW Salatiga memberikan kepada tiga alumni terbaiknya.

UKSW Salatiga Lepas 950 Sarjana Anyar

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga mewisuda 950 sarjana, Sabtu (19/10/2019). Prosesi wisuda yang digelar di Balairung Kampus UKSW Salatiga itu turut dipimpin Rektor UKSW, Neil Rupidara.

800 Jobseeker Serbu Kampus UKSW Salatiga

Bursa kerja atau job fair yang digelar di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga diserbu ratusan pencari kerja. Lowongan kerja apa saja yang ditawarkan dalam acara tersebut?

Buruan Daftar, UKSW Salatiga Gelar Job Fair

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga kembali memberikan kesempatan bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang dambakan melalui acara bursa kerja.

World Cleanup Day, Mahasiswa UKSW Punguti Sampah di Salatiga

Sekitar 1000 mahasiswa baru (maba) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggelar aksi memunguti sampah yang berserakan di beberapa lokasi di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (12/9/2019). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati World Cleanup Day (WCD) atau Hari Pungut Sampah Sedunia.

Ratusan Mahasiswa UKSW Merah Putihkan Kantor Wali Kota Salatiga

Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menutup rangkaian Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) 2019 dengan menggelar tari massal nusantara di halaman Kantor Pemkot Salatiga, Rabu (18/8/2019) malam.