SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Berkendara menjadi rutinitas banyak orang tiap harinya baik saat bekerja atau mengunjungi suatu tempat. Sebelum berkendara, ada baiknya membaca doa agar selamat sampai tujuan dan dimudahkan segala urusan.

Selain bekerja, melakukan perjalanan saat menuju tempat kerja juga bernilai ibadah. Perjalanan juga lebih tenang dengan berhati-hati ditambah berdoa memohon kepada Allah SWT agar diberi keselamatan dan perlindungan saat berkendara. Sebab di perjalanan tidak ada yang tahu akan ada halangan atau tidak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Doa Sesudah Salat Dhuha Lengkap dengan Tata Caranya

Doa Keluar Rumah

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.”

Doa Sebelum Berkendara

Doa ini yang bisa dibaca sebelum berkendara dan juga bisa dibaca saat menaiki kendaaraan umum agar sampai dan pulang kembali dengan keadaan selamat. “Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya: “Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.”

Baca Juga: Bacaan Doa Supaya Dimudahkan Segala Urusan, Bisa Dibaca Setiap Hari

Doa Perjalanan Jauh

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

Doa Naik Kapal

Dikutip dari NU Online, doa ini dibaca Nabi Nuh As saat mengendarai kapal sebagaimana yang diabadikan di Quran surat Al-Huud ayat 41. Yang artinya “Dan Nuh berkata: Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,“. (QS Hud: 41)

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Capai Rp20 Ribu/Kg, Pemerintah Jamin Stok Cukup

Berikut bacaan doa saat menaiki kapal agar diberikan keselamatan Allah SWT. “Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim.” Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya