SOLOPOS.COM - Dorce Gamalama. (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO — Apa kira-kira penyebab sakit diabetes, seperti yang dialami artis serba bisa Dorce Gamalama?

Baru-baru ini, publik dikejutkan dengan kabar Dorce Gamalama yang dirawat secara intensif di ruang ICU sebuah rumah sakit di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut anak angkatnya, Siti, Dorce Gamalama, selama ini tak pernah mengeluh sakit meski mengidap diabetes. Tapi baru setahun terakhir, Dorce mulai merasakan dampak di kesehatannya.

Baca Juga:  Tajir Melintir! Ini Sumber Kekayaan Arya Saloka, Pemain Al Ikatan Cinta

“Baru beberapa tahun ini muncul keluhan. Jadi baru-baru ini ngedrop banget,” ucap dia, seperti dikabarkan Solopos.com sebelumnya, Jumat (8/10/2021).

Lalu, apa sih sebenarnya penyebab sakit diabetes, seperti dialami Dorce Gamalama?

Baca Juga:  6 Tempat di Soloraya yang Dipercaya Jadi Sarang Genderuwo, Hii Serem!

Dikutip dari situs kesehatan Alodokter.com, diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi.

Gula yang tak terserap dengan baik dalam tubuh bisa mengakibatkan gangguan kesehatan di tubuh manusia. Jika hal ini tak dikontrol, dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang bisa membahayakan nyawa penderita.

Baca Juga:  Viral Undangan Nikah Sultan dengan Emas Murni 24 Karat, Ini Wujudnya!

Penyebab sakit diabetes seperti dialami Dorce Gamalama juga bisa disebabkan oleh faktor makanan yang dikonsumsi.

Ada empat jenis makanan yang bisa menyebabkan diabetes, sebagaimana dijelaskan oleh Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dalam situs resminya.

Baca Juga:  Ini Agar Doa Cepat Terkabul Menurut Islam, Ada Tata Caranya!

Berikut empat makanan penyebab diabetes.

4 Makanan Penyebab Sakit Diabetes, Seperti Dialami Dorce Gamalama

1. Makanan Tinggi Protein

Penyebab sakit diabetes seperti yang dialami Dorce Gamalama juga bisa dikarenakan sering mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Beberapa contohnya adalah nasi putih, tepung terigu, pasta, roti, dan kentang goreng.

Baca Juga: Booking Cewek Ngamar, Oknum Satpol PP Ini Dianiaya, Gak Kuat Bayar?

2. Makanan Tinggi Lemak Jenuh dan Trans

Penyebab sakit diabetes seperti yang dialami Dorce Gamalama juga bisa dikarenakan sering mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans.

Jenis lemak tersebut terdapat pada daging merah, daging olahan, mentega, selai kacang, krimer, keju, susu tinggi lemak, makanan cepat saji, kripik kentang, dan kue.

Baca Juga: Akui Punya Kekasih, Ini Pacar Baru Dinar Candy yang Sama-sama Artis

3. Buah Kering dan Buah Kaleng

Penyebab sakit diabetes seperti yang dialami Dorce Gamalama juga bisa dikarenakan sering makan buah kering dan buah kalengan.

Buah yang dikeringkan umumnya memiliki kadar gula yang tinggi. Contohnya adalah kismis atau buah anggur yang dikeringkan. Kismis mengandung karbohidrat lebih banyak dari pada anggur segar.

Baca Juga: 50 Orang Terkaya di Indonesia, Ada Nama Bos Sritex

Selain buah kering, buah kalengan, buah beku yang dibuat smoothies dan jus buah juga termasuk dalam asupan pemicu diabetes yang harus dihindari atau dibatasi konsumsinya.



4. Minuman Ringan Manis

Penyebab sakit diabetes seperti yang dialami Dorce Gamalama juga bisa dikarenakan sering mengonsumsi minuman ringan dengan rasa manis.

Adapun contohnya adalah teh manis, bubble tea, minuman cokelat dan kopi yang dicampur dengan sirup, gula atau karamel. Minuman berenergi dan minuman bersoda juga masuk dalam kategori tersebut.

Baca Juga:  Harga Tas Kahiyang Ayu vs Selvi Ananda, Mahalan Mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya