Dua Mahasiswa Kebidanan UNS Sabet Juara I Kompetisi Esai HCG 2021

Rancangan aplikasi “resiliasi” ini digagas dua mahasiswa Kebidanan Fakultas Kedokteran (FK) UNS dengan mengedepankan komunikasi yang atraktif.

 Mahasiswa Kebidanan UNS Solo,  Safirah Rahmasari Azzahra dan Straerla Atby Milinisa, peraih Juara I dalam Health Competition of Midwifery Generation (HCG) 2021 yang diumumkan Sabtu (24/7/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Mahasiswa Kebidanan UNS Solo, Safirah Rahmasari Azzahra dan Straerla Atby Milinisa, peraih Juara I dalam Health Competition of Midwifery Generation (HCG) 2021 yang diumumkan Sabtu (24/7/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Dua mahasiswa Kebidanan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) SOLO menorehkan prestasi membanggakan. Mereka adalah Safirah Rahmasari Azzahra dan Straerla Atby Milinisa, peraih Juara I dalam Health Competition of Midwifery Generation (HCG) 2021 yang diumumkan Sabtu (24/7/2021).

Kedua mahasiswa Kebidanan FK UNS ini, Safirah dan Erla, berada dalam satu tim yang mengikuti kategori kompetisi esai di HCG 2021. Mengangkat sub tema “Mengoptimalkan Peran Bidan Dalam Mencapai Tujuan SDGs Di Era Pandemi”, mereka menyusun esai berupa sebuah gagasan futuristik.

Mereka mengolaborasikan aspek kreativitas seorang bidan pada perannya dalam mencapai tujuan SDGs di era pandemi. Atas gagasan yang cemerlang tersebut, esai dengan judul “Resiliasi (Remaja Indonesia Peduli Kesehatan Reproduksi): Aplikasi Berbasis Android Sebagai Upaya Mengedukasi Remaja Pentingnya Kesehatan Reproduksi” mampu meraih peringkat pertama mengalahkan mahasiswa perguruan tinggi lain.

Baca Juga: UNS Gelar Sertifikasi Dosen, Rektor dan Guru Besar Jadi Peserta Uji Kompetensi

“Dari [kompetisi] esai sendiri 7 peserta yang mengajukan, yang dari UNS kita sendiri. Dari (perguruan tinggi) lainnya itu Universitas Negeri Malang, Poltekkes Surabaya sendiri, dan lainnya,” ungkap Erla.

Esai ini mengangkat isu pengetahuan kesehatan reproduksi remaja yang kian hari perlu untuk ditingkatkan. Safirah dan Erla mencermati adanya tingkat pemahaman remaja yang masih rendah tentang kesehatan reproduksi. Mereka menjelaskan, kasus-kasus seperti kehamilan diluar nikah dan HIV AIDS pada remaja dapat dicegah dengan edukasi sedari dini.

Mereka memandang perlu adanya suatu media edukasi remaja akan pentingnya kesehatan reproduksi. Hal tersebut dituangkan sebagai ide rancangan aplikasi “Resiliasi”. Rancangan aplikasi ini menjadi media informasi yang nantinya diharapkan mampu menghindarkan remaja dari informasi bohong dari media yang tidak terpercaya.

“Kita mikirnya menggabungkan antara menjadi bidan yang kreatif dan bisa mencapai tujuan SDGs di era pandemi,” tutur mahasiswa Kebidanan FK UNS ini.

Baca Juga: Bantu UKM Kuliner, Fakultas Pertanian UNS Sosialisasi Keamanan Pangan Produk Frozen Food

Remaja dinilai lebih tertarik untuk mendapatkan informasi secara dua arah. Ini tentu berpengaruh pada terserapnya informasi yang diterima remaja. Rancangan aplikasi “resiliasi” ini digagas dengan mengedepankan komunikasi yang atraktif dan menarik.

Terdapat fitur-fitur disertai visualisasi yang menarik dan edukatif dalam aplikasi yang mereka rancang. Fitur di dalamnya pun berbeda dan telah disesuaikan antara pengguna laki-laki dan perempuan.

“Harapannya aplikasi ini dapat terwujud di kemudian hari dengan bantuan pihak-pihak terkait” tutur Safirah.

HCG 2021 sendiri merupakan kompetisi yang diadakan Himpunan Mahasiswa D-3 Kebidanan Sutomo Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Surabaya. Menggelar 4 kategori kompetisi, HCG 2021 mengangkat tema “Become a creative Midwife in the Millenial Era 2021”.

Baca Juga: IKA UNS Launching Kegiatan Gotong Royong Peduli Covid-19


Berita Terkait

Berita Terkini

Profil Denny Caknan, Penyanyi & Pencipta Lagu dari Ngawi Yang Ngefans Didi Kempot

Berikut profil Denny Caknan, Penyanyi sekaligus pencipta lagu pop Jawa dengan lirik bermakna patah hati yang terinspirasi dari Didi Kempot.

Ketika Swab Test di Buleleng Berakhir Ricuh, Dandim Mengaku Dipukul, TNI Hajar Warga

Video anggota TNI memukuli warga Buleleng, Bali, viral di media sosial. Insiden itu kabarnya dipicu pemukulan kepala Dandim, namun dibantah warga.

Wadidaww, Penyaluran Bansos Bakal Dipantau Pakai Satelit?

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut dengan bantuan satelit Kemensos bisa mengecek langsung kondisi penerima bansos. Kemensos dapat mengetahui posisi dan kondisi rumah.

Vaksin Nusantara Diminati Turki, Siap Impor 5,2 Juta Dosis

Vaksin Nusantara besutan mantan Menyeri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, ternyata sudah mencuri hati negara lain.

Hore, Data Penerima Bantuan Subsidi Upah Diusulkan Tambah 1,5 Juta Pekerja

Sebanyak 1,5 juta data pekerja peserta diusulkan BPJS Ketenagakerjaan menerima bantuan subsidi upah atau BSU tahap III.

Meski Kemarau Basah, 24 Desa di Jateng Dilanda Kekeringan

Sebanyak 24 desa yang mengalami kekeringan berada di 7 kabupaten di Jateng.

Rusunawa Semanggi Solo Bakal Dirobohkan, Penghuni Meminta Solusi

Warga keberatan jika harus menyewa kos maupun kontrak rumah

Mendikbud Ristek Keluhkan 12 Daerah Belum Izinkan PTM Termasuk Jateng, Ganjar Bilang Ini

Jateng menjadi salah satu dari 12 wilayah yang dikeluhkan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, karena belum bolehkan PTM digelar.

Ini 3 Strategi Pemerintah Agar Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Pemerintah tidak hanya fokus pada penanganan, namun juga menyiapkan strategi agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

10 Berita Terpopuler : Semburan Gas Rawa Sragen - Jl RM Said Wonogiri Ditutup Saat Malam

Ulasan tentang semburan gas rawa di Sragen hingga penutupan jalan di Wonogiri masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: PPKM Turun Bertahap

Presiden Jokowi memperpanjang PPKM dengan penurunan level hingga 30 Agustus. Topik ini menjadi berita utama dalam Koran Solopos hari ini, Selasa (24/8/2021).

Logika Waktu Pendek

Revolusi industri 4.0 menjanjikan banyak kemajuan sekaligus menjanjikan banyak ancaman pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik.

Dipicu Kepala Dandim Dipukul, Anggota TNI Hajar Pemuda Buleleng

Pihaknya mengaku bakal membicarakannya terlebih dahulu dengan berbagai tokoh masyarakat.

Viral, Bupati Banjarnegara Sebut Menteri Luhut Penjahit

Video itu saat pembagian jaring pengaman sosial di Desa Bawang, Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu (21/8/2021).

Ciaaaat... Perguruan Silat Digandeng untuk Operasi Kerumunan

Sasaran yang ditertibkan adalah masyarakat yang berkerumun tanpa mematuhi protokol kesehatan.