Duh, Vaksinasi 4 Daerah di Jateng Ini Masih Lemot

Empat daerah disebut Gubernur Ganjar Pranowo capaian vaksinasinya masih di bawah daerah lain di Jateng.

 Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat dijumpai wartawan seusai memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 di kantornya, Selasa (21/9/2021). (Istimewa/Humas Pemprov Jateng)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat dijumpai wartawan seusai memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 di kantornya, Selasa (21/9/2021). (Istimewa/Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG – Vaksinasi Covid-19 di sebagian besar daerah di Jawa Tengah (Jateng) sudah menunjukkan progress yang menggembirakan. Meski demikian, ada empat kabupaten yang cakupan vaksinasinya masih rendah, atau berada di angka 20%.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyebut daerah yang cakupan vaksinasinya masih rendah itu yakni Kabupaten Cilacap, Brebes, Banjarnegara, dan Purbalingga. Ia meminta pemerintah di empat kabupaten itu untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi. Upaya itu bisa dilakukan dengan langsung menghabiskan stok vaksin yang dimiliki dalam jangka waktu satu hari.

“Brebes, Cilacap, Banjarnegara, Magelang, Purbalingga tolong vaksinnya dipercepat. Pokoknya begitu dapat, besoknya langsung dihabiskan,” perintah Ganjar saat memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 di kantornya, Selasa (21/9/2021).

Baca Juga: Dibayangi Ancaman Sanksi PDIP, Begini Respons Ganjar

Catatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, cakupan vaksinasi di empat kabupaten itu masih sangat rendah. Cilacap contohnya, cakupan vaksinasi dosis pertama di kabupaten tersebut baru sekitar 20,19%, sedangkan dosis kedua hanya 11,50%. Kemudian Brebes yang vaksin dosis pertamanya mencakup 20,50%, namun vaksinasi dosis kedua baru mencakup 9,26% saja.

Selain mempercepat pelaksanaan vaksinasi, Ganjar juga meminta pemerintah setempat disiplin dalam menginput data di Sistem Monitoring Imunikasi dan Logistik Elektronik (SMILE). “Tugase panjenengan menghabiskan, biar kita yang meminta ke Kemenkes juga pede dan ternyata memang kita bisa habiskan itu” kata Ganjar.

Ditemui usai rapat, Ganjar mengatakan jika percepatan vaksin terus dilakukan. Bahkan, kata Ganjar, di Jateng saat ini sudah bisa menyuntikan vaksin kepada 1,6 juta penduduk per pekan.

Baca Juga: Sepekan, Polda Jateng Amankan 900 Gram Sabu-Sabu

Sebagai informasi, cakupan vaksinasi di Jateng saat ini mencapai 34,92% atau sekitar 10 juta orang untuk dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua, cakupannya mencapai 18,07% atau sekitar 5,1 juta orang.

Sementara itu, untuk vaksin booster yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan sudah mencapai 70,82%, atau sekitar 116.000 orang.


Berita Terkait

Berita Terkini

Inspiratif! Tunanetra di Temanggung Dilatih Jadi Barista

Belasan penyandang disabilitas sensorik netra atau tunanetra di Temanggung dilatih cara meracik kopi ala barista.

Berkunjung ke Tobelo, Ganjar Dianugerahi Gelar Kesatria

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dianugerahi gelar kesatria oleh suku Tobelo saat berkunjung di Halmahera Utara, Maluku Utara.

Waduh! Praktik Ayam Kampus di Kota Semarang Marak

Satpol PP Kota Semarang mengungkapkan praktik prostitusi mahasiswi atau ayam kampus di tempat indekos cukup marak.

Korban Susur Sungai Ciamis asal Brebes Baru Masuk Ponpes 3 Bulan

Salah satu korban tragedi susur sungai di Ciamis merupakan bocah asal Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng).

Ikonik! Menara Kembar di Pekalongan Jadi Penjara Tercantik di Indonesia

Menara kembar di kompleks Lapas Kota Pekalongan, Jawa Tengah, ini ikonik dan bernilai sejarah, bahkan menjadi penjara tercantik di Indonesia.

Polda Jateng Ungkap Alasan Tahan Kakek di Demak yang Bacok Maling

Polda Jateng ungkap alasan melakukan penahanan terhadap Mbah Minto, kakek penjaga kolam ikan di Demak yang bacok pencuri.

Walah! Tunggakan PBB di Semarang Capai Rp35 Miliar

Tunggakan pembayaran pajak bumi dan bangunan atau PBB tahun 2021 di Kota Semarang mencapai Rp35 miliar.

Heboh Banteng vs Celeng, Ganjar Tapak Tilas Sukarno di Ternate

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berkunjung ke Kesultanan Ternate yang juga pernah dikunjungi Sukarno saat polemik banteng vs celeng tengah mencuat.

Selfie Membawa Maut, Dua Ibu Muda di Banyumas Tersambar Kereta

Selfie membawa maut dialami dua ibu muda di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) yang tersambar kereta saat asyik berswafoto di jalur kereta api.

Srumbung Gunung Buat Master Plan Menuju Desa Wisata Kreatif Perdamaian

Visual 3 dimensi master plan yang sudah final telah ditunjukkan kepada masyarakat Srumbung Gunung di acara soft opening Gazebo Kuliner Nusantara.

Ini Dia 4 Masjid di Semarang dengan Bangunan Unik

Masjid di Kota Semarang berjumlah ribuan dan beberapa di antaranya memiliki bentuk bangunan yang unik.

Lezatnya Tiwul Lava Merapi, Ada yang Meleleh

Kuliner tiwul lava merapi menjadi salah satu makanan unik yang patut dicoba saat berkunjung ke wilayah Magelang, Jawa Tengah.

Rujak Belut Khas Brebes, Lembut Legit Lazizzz, Mau Coba?

Rujak belut merupakan kuliner khas Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang lezat, gurih, dan sedap tiada tanding.

Diramalkan Kelep, Rumah Warga di Pesisir Semarang Ini Nyaris Amblas

Selain di Kabupaten Demak, wilayah di kawasan pantai utara (Pantura) Jawa Tengah yang terancam tenggelam adalah Kota Semarang, khususnya daerah pesisir.

Dampak Rob, Rumah di Pesisir Pekalongan Kelep Permanen

Perumahan di dekat pantai kawasan Pekalongan sudah banyak yang tenggelam saat banjir rob datang dan bahkan ada yang sudah tenggelam permanen.

Polisi Temukan Bukti Baru Kasus Mayat Perempuan di Hutan Grobogan

Aparat Polres Grobogan, Jawa Tengah (Jateng) menemukan bukti baru dari kasus penemuan mayat perempuan dalam plastik di hutan.