Elpiji 3 Kg Hanya untuk Pemegang Kartu Sembako, Dinsos Sukoharjo Verifikasi DTKS

Dinsos Sukoharjo memverifikasi DTKS untuk program reformasi subsidi energi di mana elpiji 3 kg nantinya hanya untuk pemegang kartu sembako.

 Ilustrasi elpiji 3kg alias gas si melon. (JIBI/Bisnis/Dok.)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi elpiji 3kg alias gas si melon. (JIBI/Bisnis/Dok.)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dinas Sosial (Dinsos) Sukoharjo terus melakukan penyempurnaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS dengan verifikasi dan validasi (verval) secara reguler.

Hal ini bagian dari persiapan reformasi subsidi energi dari subsidi berbasis komoditas menjadi berbasis orang pada 2022. Pemerintah pusat berencana mengeksekusi reformasi subsidi energi secara bertahap dengan mempertimbangkan berbagai aspek terutama kondisi ekonomi masyarakat pada 2022.

Penyaluran elpiji ukuran 3 kilogram (kg) hanya diperuntukkan pemegang kartu sembako atau program Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) di setiap daerah. Beleid tersebut menekankan pada subsidi energi agar lebih tepat sasaran.

Pemerintah daerah didorong segera membangun sistem terintergrasi dengan data sasaran penerima subsidi yang tercatat dalam DTKS. Karena itu, Dinsos Sukoharjo melakukan verifikasi dan validasi data DTKS secara terus menerus.

Baca Juga: Alhamdulillah, Sukoharjo Akhirnya Turun ke Zona Kuning Risiko Covid-19

“Kelompok kerja [pokja] kabupaten bekerja keras melakukan verifikasi dan validasi data berdasarkan Nomor Induk Kependudukan [NIK],” kata Kepala Dinsos Sukoharjo, Suparmin, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Senin (13/9/2021).

Suparmin terus berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Tengah dan Kementerian Sosial (Kemensos) ihwal sinkronisasi DTKS yang menjadi pijakan dalam menentukan kebijakan subsidi energi pada tahun depan. Verifikasi dan validasi dilakukan agar data penerima subsidi benar-benar akurat dan valid.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Sukoharjo itu menyampaikan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) program BPNT lebih dari 50.000 keluarga.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi Pelajar Sukoharjo, Presiden Jokowi Minta Sekolah Segera Mulai PTM

Bantuan Pangan

“Para KPM menerima kebutuhan pokok di 98 e-warong yang tersebar di Sukoharjo. Kebutuhan pokok yang diterima warga miskin wajib memenuhi unsur karbohidrat, protein hewani dan nabati,” ujarnya.

Selama ini, bantuan pangan untuk warga yang terdaftar dalam DTKS Sukoharjo disalurkan secara bertahap di setiap e-warong dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Petugas disiagakan di pintu masuk e-warong untuk mengukur suhu tubuh penerima bantuan menggunakan thermo gun. Para penerima bantuan diminta jaga jarak saat mengantre di e-warong.

Baca Juga: PTM Terbatas SMA dan SMK di Sukoharjo Diundur, Ini Penyebabnya

Seorang warga Kelurahan Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo, Andre, mengatakan implementasi pemanfaatn subsidi elpiji 3 kg tak tepat sasaran. Faktanya, banyak kalangan masyarakat menengah ke atas membeli elpiji 3 kg untuk memasak setiap hari.

Banyak pula restoran besar yang memborong elpiji 3 kg untuk memasak makanan yang dipesan pelanggan. Bahkan, tak sedikit aparatur sipil negara (ASN) masih menggunakan elpiji 3 kg untuk memasak setiap hari. Padahal, elpiji 3kg diperuntukkan masyarakat tidak mampu karena harganya disubsidi pemerintah.

“Kondisi riil di lapangan tidak tepat sasaran [penggunaan elpiji 3 kg]. Justru saat masyarakat tidak mampu mencari elpiji 3 kg, barangnya tidak ada di tingkat pengecer karena diborong orang lain,” katanya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Kasus Diklat Menwa UNS Solo: 26 Saksi Diperiksa Polisi, Ada Tersangka?

Polisi sejauh ini sudah memeriksa 26 orang saksi dalam kasus dugaan kekerasaan berujung meninggalnya salah satu peserta Diklat Menwa UNS Solo.

Siap-Siap, Ini 36 Daftar Agenda Seni dan Budaya di Klaten 2021

Daftar 36 agenda seni dan budaya akan digelar di Klaten hingga Desember mendatang.

Tancap Gas, Wankes Klaten Gelar 36 Kegiatan Saat PPKM Level 2

Dewan Kesenian (Wankes) Klaten langsung tancap gas menggelar 36 event/kegiatan seni dan budaya di Klaten di tengah PPKM Level 2.

Protes Kematian Anjing Canon Kembali Mengalir dari Solo

Protes atas kematian seekor anjing di Pulau Banyak, Aceh Singkil, setelah ditangkap Satpol PP terus mengalir dari Kota Solo.

Biaya Tak Terduga Rp110 Miliar Kota Solo Baru Terserap Rp60 Miliar

Terkendalinya pandemi Covid-19 membuat anggaran BTT dalam APBD 2021 Kota Solo senilai Rp110 miliar baru terserap Rp60 miliar.

Solidaritas untuk Gilang Meluas, Mahasiswa UMS Gelar Aksi Siang Ini

Gerakan solidaritas untuk Gilang Endi Saputra, seorang peserta diklat Resimen Mahasiswa Menwa (Menwa) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang meninggal dunia akhir pekan lalu terus meluas.

Ada Petisi Bubarkan Menwa UNS Solo, Lebih 13.000 Orang Tanda Tangan

Terdapat petisi online yang mengajak untuk bubarkan Menwa UNS Solo buntut dari kasus meninggalnya seorang mahasiswa UNS setelah mengikuti diksar.

Restorasi Ekonomi Ala Mas Bro

emangat seorang Budiono Rahmadi melakukan restorasi ekonomi seolah tak terbendung. Sepak terjangnya pada bidang kewirausahaan terus berkembang dan memberikan inspirasi.

Menabung di Tabungan Bersama Boyolali, Berhadiah Ayla

Kali ini tiga nasabah Tabungan Bersama mendapatkan masing-masing satu mobil Daihatsu Ayla yakni Supiyem, nasabah PT BPR Guna Daya, Suyatman dan Redatiningsih yang keduanya merupakan nasabah PT BPR Bank Boyolali (Perseroda).

Pererat Kerukunan, Moderasi Beragama Harus Diperkuat

Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan, mengatakan rendahnya sikap moderasi terjadi lantaran ada fanatisme berlebihan dalam beragama.

Jumat Berkah dengan Rice Bowl Suwir I Am In Love

I Am In Love Panggang menyiapkan program rice bowl ayam suwir untuk menyasar Jumat Berkah.

Terungkap, Kronologi Motor Vs Motor yang Telan 1 Korban Jiwa di Sragen

Kanit Laka Satlantas Polres Sragen mengungkapkan kronologi kecelakaan antara dua sepeda motor di Jl. Sukowati yang menelan satu korban jiwa pada Rabu (27/10/2021) malam.

Keren! Desa Conto Wonogiri Raih Peringkat 2 Desa Wisata Terbaik Jateng

Desa Wisata Conto di Kabupaten Wonogiri meraih predikat terbaik kedua dalam ajang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah (Jateng).

Motor Vs Motor, Perempuan asal Karangmalang Sragen Meninggal Dunia

Seorang perempuan asal Kecamatan Karangmalang, Sragen, E. Wati meninggal dunia dalam insiden kecelakaan antara dua sepeda motor yang terjadi di Jl. Sukowati Sragen, Rabu (27/10/2021) malam.

Round Up: ODGJ Ngamuk di Karanganyar, 5 Kuliner Ekstra Pedas Sragen

Sebelum dibawa ke RSJD Solo, ODGJ asal Desa Blorong, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, mengamuk di Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar.

Pemadaman Listrik Sukoharjo dan Boyolali Hari Ini (28/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Sukoharjo dan Boyolali hari ini, Kamis (28/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam.