SOLOPOS.COM - Informasi penggantian kartu debit BCA. (bca.co.id)

Solopos.com, JAKARTA — Pihak Bank Central Asia (BCA) mengumumkan kartu ATM BCA berteknologi magnetic stripe atau pita magnetik tidak berlaku lagi mulai 1 Desember 2021. Setelah 30 November 2021, seluruh kartu model lama tersebut akan diblokir dan digantikan dengan kartu ATM chip.

Hal itu sesuai dengan kebijakan dari Bank Indonesia (BI) tentang kartu ATM berteknologi chip. Jadi para nasabah diminta untuk segera mengganti kartu ATM lama dengan kartu ATM berteknologi chip.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Setelah 30 November 2021, Kartu yang TIDAK TERDAPAT CHIP di Kartu Debit BCA, Xpresi BCA, Tapres, TabunganKu, BCA Dollar, Simpanan Pelajar, dan BCA Cash WAJIB DITUKAR DENGAN YANG ADA CHIP karena KARTU TANPA CHIP tidak bisa lagi digunakan untuk bertransaksi dan otomatis TERBLOKIR,” demikian pemberitahuan BCA, seperti dikutip Detikcom, Rabu (20/10/2021).

Baca juga: Pengin Tajir Seperti Jeff Bezos? Simak 5 Tips Bisnis & Investasi Ini

Selain mendukung kebijakan BI, seperti dikutip dari laman bca.co.id, kartu debit berteknologi chip diklaim lebih aman sehingga bisa mengurangi risiko pencurian data kartu.

Berikut tiga cara nasabah BCA untuk mengganti ke kartu ATM chip :

1. Hubungi Halo BCA

Melalui Halo BCA, nasabah dapat mengajukan penggantian kartu debit BCA non-chip ke kartu debit BCA chip, dan kartu akan dikirimkan ke alamat nasabah. Nasabah dapat menghubungi Halo BCA melalui telepon ke 1500888 ataupun melalui Aplikasi Halo BCA.

–> Poin penting penggantian kartu debit via Halo BCA :

-Penggantian kartu debit melalui Halo BCA dikhususkan untuk penggantian kartu debit BCA non-chip, baik yang terhubung dengan rekening non-joint ataupun rekening joint “or”
-Nasabah diperbolehkan melakukan penggantian tipe kartu (blue – gold – platinum). Pilihan tipe kartu platinum hanya diperbolehkan untuk nasabah pemegang kartu ATM/debit BCA non-chip tipe platinum
-Tidak dapat melakukan penggantian data sistem (misalnya alamat/nomor handphone) bersamaan dengan pengajuan penggantian kartu
-Terdapat biaya pengiriman kartu sebesar Rp20.000 / USD 1 / SGD 2 per kartu
-Kartu akan dikirimkan ke alamat yang dipilih nasabah dalam 3 hari kerja untuk wilayah Jabodetabek dan 5 hari kerja untuk di luar wilayah Jabodetabek
-Untuk keamanan, kartu dikirimkan dalam keadaan nonaktif. Maksimal waktu pengaktivasian kartu melalui ATM BCA adalah 30 hari sejak pengajuan penggantian kartu diproses

Baca juga: PPKM Turun Level di Banyak Daerah, Pertamina Jamin Stok Solar Aman

2. Layanan CS Digital

CS Digital adalah layanan Customer Service (CS) bagi setiap nasabah BCA yang ingin melakukan transaksi perbankan dalam satu mesin digital secara self service di cabang ataupun lokasi lainnya. Informasi lengkap mengenai CS Digital BCA bisa dibuka di link https://www.bca.co.id/id/Individu/layanan/e-banking/cs-digital

3. Kantor Cabang BCA

Penggantian ke kartu debit BCA non-chip ke kartu debit BCA chip dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BCA di seluruh Indonesia.

“Khusus Simpanan Pelajar dan BCA Cash penggantian kartu hanya bisa dilakukan melalui Kantor Cabang BCA terdekat,” demikian pemberitahuan lebih lanjut.

Baca juga: Tegas! Jokowi Beri Waktu 2 Tahun Bagi BUMN untuk Berubah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya