Hore, Bioskop Kota Solo Sudah Boleh Buka Lur!

Pemkot Solo memberikan kelonggaran bioskop untuk buka pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3.

 Ilustrasi bioskop (Pictagram)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bioskop (Pictagram)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akhirnya mengizinkan bioskop buka dan menerima pengunjung pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Ini merupakan pelonggaran berikutnya setelah sebelumnya mal, pusat perbelanjaan, dan destinasi wisata diizinkan buka, Kebijakan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota No 067/2899.

Namun seperti halnya mal dan tempat wisata, bioskop juga harus menerapkan skrining pengunjung maupun pegawai menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: Mahasiswa Ditangkap Saat Bentangkan Poster ke Jokowi, BEM UNS Solo: Kami Cuma Sampaikan Aspirasi

Aturan lainnya, kapasitas maksimal 50% dan hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam PeduliLindungi yang boleh masuk bioskop Kota Solo. Pengunjung berusia di bawah 12 tahun dilarang masuk.

Pengunjung juga dilarang makan dan minum dan bioskop dilarang menjual makanan dan minuman dalam area bioskop. Poin berikutnya, bioskop wajib mengikuti protokol kesehatan yang diatur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan.

“Daftar perusahaan yang akan mengikuti uji coba ini ditentukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” tulis poin SE itu lagi.

Baca Juga: Siap-Siap Mahasiswa, PTM di Unisri Solo Dimulai Oktober 2021

Wajib Simulasi

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan sebelum benar-benar dibuka, bioskop wajib menggelar simulasi terlebih dahulu. “Ya, simulasi dulu sebelum dibuka. Saat ini, film-film [layar lebar] juga belum banyak. Ya, enggak langsung,” katanya kepada wartawan, Selasa (14/9/2021) siang.

Pada Maret lalu, pemerintah sudah mengizinkan bioskop buka yang lantas kembali ditutup setelah kasus Covid-19 Solo melonjak. Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19, Ahyani, sebelum diizinkan buka, pengelola bioskop wajib melakukan sejumlah persiapan yang lantas disupervisi oleh Satgas.

Pengelola menyiapkan agar ruang studio harus sesuai protokol kesehatan. Jarak antarkursi diatur dan kursi yang tidak dipakai wajib diikat jadi tidak bisa diduduki.

Baca Juga: Keras! Begini Komentar Pengusung Eks Rival soal Gibran Maju Pilkada DKI Jakarta

“Nanti disurvei dulu prokesnya. Sesudah selesai satu film diputar, ruang bioskop harus disemprot desinfektan. Kalau tidak salah, di Solo ada tiga bioskop besar, di Mall Solo Square, Solo Grand Mall, dan Solo Paragon Mall,” katanya.

Ahyani menjelaskan mekanisme pemberian izin dimulai dari pengelola yang mengajukan permohonan buka. Pada sisi lain, aturan dalam SE terbaru tak banyak berubah dari pekan lalu, kecuali izin pembukaan bioskop.


Berita Terkait

Berita Terkini

Waduk Pidekso Wonogiri Diklaim Tahan Gempa Megathrust

Waduk Pidekso di Giriwoyo, Wonogiri, diklaim tahan gempa megathrust karena fondasinya tidak dibangun dengan beton.

Permintaan Pengepul Anjlok, Ikan Nila Boyolali Dijual Siap Santap

Para pembudidaya ikan nila di Boyolali berinovasi dengan menjual nila hasil olahan yang siap santap demi mempertahankan bisnis.

Pesona Waduk Pidekso Wonogiri: Sarana Irigasi hingga Wisata Air

Waduk Pidekso di wilayah Giriwoyo, Wonogiri, menjadi solusi air bersih di bagian selatan dan berpotensi menjadi objek wisata.

11 Jam Tuntaskan Nazar Lari Salatiga-Klaten, Mustakim Sujud Syukur

Khoirudin Mustakim, pesilat peraih medali emas PON XX Papua asal Klaten, Jawa Tengah (Jateng) menuntaskan nazar berlari dari Salatiga-Klaten.

Museum Purba Klaster Dayu Karanganyar Sudah Dibuka Lur

Objek wisata Museum Purba Dayu di Karanganyar kembali dibuka untuk pengunjung mulai 16 Oktober 2021.

Rugi Bandar! Sawah di Sragen, Grobogan & Rembang Menyusut Jadi Industri

Sawah lahan pertanian produktif di wilayah Sragen, Grobogan, serta Rembang terus menyusut beralih menjadi kawasan industri.

Tak Ada Honor, Perlintasan KA di Bedowo Sragen Tak Dijaga Petugas

Perlintasa kereta api (KA) di wilayah Dukuh Bedowo, Desa Jetak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, tidak dijaga petugas karena tidak ada honornya.

Hebat! Atlet Paralayang Sukoharjo Sabet 4 Medali PON

Atlet paralayang asal Sukoharjo, Jawa Tengah, memborong empat medali di ajang PON Papua 2021.

Geger Banteng Vs Celeng, Begini Tanggapan Bupati Wonogiri

Ketua DPC PDIP Wonogiri yang juga Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, turut memberikan tanggapan terkait polemik banteng vs celeng di internal PDIP.

Brukk! Tertimpa Pohon Tumbang, Teras Rumah Warga Sragen Rusak

Hujan dengan intensitas sedang disertai angin kencang melanda di wilayah Kecamatan Gesi, Ngrampal, hingga Sambungmacan, Sragen.

Di Tengah Pandemi, Festival Batik di Kampung Kuliner Klaten Digelar

Festival Batik di Kampung Kuliner Klaten yang digelar di tengah pandemi Covid-19 disambut antusias peserta.

Bupati Sukoharjo! Ayo Warga, Jangan Sampai Tidak Ikut Vaksinasi

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, meminta warga untuk tidak melewatkan kegiatan vaksinasi.

Innalillahi! Pelajar SMP di Sragen Yang Tertimpa Pohon Meninggal Dunia

Pelajar SMP, Dwi Riyanto, 14, asal Dukuh Gandrung RT 004, Desa Klandungan, Ngrampal, Sragen, yang tertimpa pohon akhirnya meninggal dunia.

Tragis! Pelajar SMP di Sragen Tertimpa Pohon Saat Naik Motor

Seorang pelajar SMP, Dwi Riyanto, 14, asal Dukuh Gandrung RT 004, Desa Klandungan, Ngrampal, Sragen, tertimpa pohon saat mengendarai motor.

Main Bulu Tangkis 5 Set, Gibran Jadi Bulan-Bulanan Rudy

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, merasakan ketangguhan mantan Wali Kota Solo yang juga politikus senior PDIP, F.X. Hadi Rudyatmo, dalam bermain bulu tangkis.