Tutup Iklan

Industri E-Sports Indonesia Tumbuh Subur, Jangan Puas Hanya Jadi Pasar!

Pemerintah mencatat sekitar 115 juta warga Indonesia yang familiar dengan game online.

 COO Anantarupa Studios, Diana Paskarina.

SOLOPOS.COM - COO Anantarupa Studios, Diana Paskarina.

Solopos.com, SOLO—Perkembangan industri e-sport di Indonesia cukup menggembirakan beberapa tahun terakhir. Pemerintah mencatat sekitar 115 juta warga Indonesia yang familiar dengan game online.

Kejuaraan e-sport pun tumbuh subur di tataran nasional maupun internasional. Belakangan e-sport bahkan masuk sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua.

Namun Indonesia diminta tak langsung puas dengan berkembangnya ekosistem e-sport belakangan. Anak bangsa didorong aktif menjadi pengembang (developer) game online secara mandiri alih-alih hanya menjadi obyek pasar game online buatan luar negeri.

Baca Juga: Persis Solo Ajukan Izin Stadion Sriwedari untuk Latihan

COO Anantarupa, Diana Paskarina, mengatakan Indonesia punya sumber daya manusia (SDM) yang tak kalah berbakat untuk mengembangkan game online. “Kita punya 115 juta player, sepertiga warga Indonesia main game. Namun jangan hanya puas menjadi pasar, jadilah pelaku, penghasil karya. Kita punya talenta dan skill,” ujar Diana dalam jumpa pers virtual Piala Presiden Esports (PPE) 2021, Selasa (14/9/2021).

Diana mengatakan Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang telah mampu memproduksi game online. Anantarupa sendiri mengembangkan Lokapala, sebuah game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), yang terinsiprasi dari Candi Borobodur.

Lokapala turut dimainkan dalam PPE yang dimulai awal Oktober hingga akhir November 2021. Lima game lain yang dipertandingkan berasal dari luar negeri yakni Mobile Legend, PUBG, Free Fire, PES 2021, dan Speed Chess.

Baca Juga: Jokowi Teken Perpres Atur Dana Abadi Pesantren

 

PON Papua

“Selaku developer, kami sangat bersyukur dan berterima kasih bisa ikut serta di ajang ini. Semoga ini dapat membuka jalan bagi game developer lain untuk semakin menggairahkan ekosistem e-sport nasional,” ujar Diana.

Lokapala yang menggaet PT Melon Indonesia sebagai publisher sebelumnya juga dipastikan bakal dipertandingkan dalam PON 2021 di Papua. Lokapala mencetak sejarah sebagai game e-sports lokal pertama yang ikut serta dalam ajang PON.

Sementara itu pemetintah menegaskan komitmen dan dukungannya untuk memajukan ekosistem dan industri e-sport nasional. Penyelenggaraan PPE yang telah memasuki tahun ketiga menjadi salah satu upaya pemerintah mewujudkan hal itu.

Baca Juga: Jokowi Teken Perpres, PNS Bolos 10 Hari Bisa Dipecat

“Indonesia harus siap menjadi pemimpin dalam dunia e-sports. Kita memiliki potensi luar biasa dari sisi sumber daya generasi muda, ekosistem keolahragaan, dan juga industri e-sports,” ujar Kepala Kantor Staf Kepresidenan RI, Moeldoko.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Liga 2 Sukses Digelar di Solo, Menpora: Manahan Stadion Piala Dunia

Liga 2 Indonesia secara resmi dibuka di Stadion Manahan, Solo, lewat laga pembuka antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati yang dimenangkan Persis Solo 2-0.

Ternyata, Aspal Sirkuit Mandalika Lebih Baik Dibanding Sepang Malaysia

Salah satu keunggulan yang menonjol dari Sirkuit Mandalika adalah kualitas aspalnya. Aspal yang digunakan merupakan jenis SMA.

Piala Sudirman 2021: Anthony Ginting Bawa Indonesia Ungguli Rusia

Tim Indonesia menghadapi Tim Rusia pada laga perdana Grup C Piala Sudirman 2021. Indonesia menurunkan Anthony Sinisuka Ginting pada pertandingan pertama.

LIVE Persis Solo Vs AHHA PS Pati: Laga Berakhir, Persis Menang 2-0!

Persis Solo menantang PSG Pati atau dikenal dengan nama AHHA PS Pati pada laga pembuka Liga 2 musim ini.

Hujan Jelang Persis Solo Vs PSG Pati, Stadion Manahan Gak Akan Banjir!

Hujan lumayan deras mengguyur kawasan Stadion Manahan Solo pada Minggu (26/9/2021) mulai sekitar pukul 17.10 WIB, jelang duel Persis Solo vs AHHA PS Pati.

Ini Susunan Pemain Persis Solo Vs AHHA PS Pati: Beto Starter!

Persis Solo akan menghadapi PSG Pati atau dikenal dengan nama AHHA PS Pati pada laga pembuka Liga 2 musim ini.

Persis Solo Vs AHHA PS Pati Juga Disiarkan Streaming Loh, Ini Linknya

Pertandingan pembuka Liga 2 Indonesia musim ini antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati akan digelar di Stadion Manahan Solo.

Bangkitkan Gairah Persis Solo Juara Liga, Banner Dukungan Bertebaran

Kompetisi Liga 2 Indonesia yang kembali bergulir membuat para pendukung Persis Solo bergerak menyuarakan dukungan dengan berbagai ekspresi.

Berada di Grup Neraka, Hizbul Wathan Waspadai Persis Solo

Persis Solo sebagai tuan rumah dinilai menjadi tim paling diwaspadai oleh Hizbul Wathan FC dan dinilai sebagai tim terkuat.

Kata Rossi Soal Balapan di Mandalika: Jika Panas, Bisa Terjun ke Laut!

Indonesia dikabarkan akan menjadi salah satu tuan rumah Moto GP pada musim depan. Gelaran itu akan dilangsungkan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Jangan Kelewatan! Persis Solo Vs AHHA PS Pati Disiarkan Indosiar

Pertandingan pembuka Liga 2 Indonesia musim ini antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi Indosiar.

Meninggal di Balap World Supersport 300, Ini Sosok Dean Berta Vinales

Dean Berta Vinales, meninggal dalam usia 15 tahun setelah mengalami kecelakaan saat tampil dalam balap motor Supersport 300 di Sirkuit Jerez, Spanyo.

Prediksi Persis Solo Vs AHHA PS Pati, Bisa Menang Laskar Sambernyawa?

Persis Solo akan menghadapi PSG Pati atau AHHA PS Pati pada laga perdana Grup C Liga 2 musim ini. Duel tersebut bakal dilangsungkan di Stadion Manahan.

Pep Guardiola Cetak Rekor Manajer City Tersubur Seusai Kalahkan Chelsea

Pep Guardiola menorehkan rekor sebagai manajer Manchester City dengan jumlah kemenangan terbanyak sepanjang masa seusai timnya mengalahkan Chelsea 1-0.

Hasil Liga Inggris Semalam: Chelsea dan MU Kalah, Liverpool Imbang

Manchester United yang dibintangi Cristiano Ronaldo di luar dugaan menyerah 1-2 dari Aston Villa.