SOLOPOS.COM - RAWAN SENGKETA -- Jajaran sepeda motor di sebuah diler. Makin mudahnya prosedur jual beli kendaraan bisa mengundang kerawanan sengketa dalam masalah leasing. (JIBI/Bisnis Indonesia/dok)

Solopos.com, JAKARTA— Bagi sebagian orang membeli kendaraan secara leasing baik sepeda motor dan mobil menjadi pilihan dengan berbagai alasan. Mulai dari budget yang terbatas hingga masih banyaknya keperluan yang harus dikeluarkan.

Akan tetapi, membeli kendaraan secara kredit harus dilakukan cermat dibandingkan jika membayar secara tunai.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Tujuannya agar konsumen mengalami kesulitan dalam proses pembayarannya sampai saat menerima Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang menjadi haknya.

Nah jika Anda ingin kredit kendaraan berikut tips cara memilih perusahaan pembiayaan atau leasing seperti disarikan dari Liputan6.com dan Toyota Astra:

Baca Juga:Pandemi Covid-19 Belum Usai, Presiden Jokowi Ajak Terus Waspada

1. Cek Kredibilitas Leasing

Anda sebaiknya memilih perusahaan pembiayaan yang dapat dipercaya. Leasing yang baik biasanya terdaftar sebagai anggota Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), baik perbankan ataupun lembaga pembiayaan.

Untuk lembaga pembiayaan biasanya terkait dengan bidang otomotif atau Agen Pemegang Merek (APM). Perusahaan pembiayaan yang baik akan memiliki jaringan kerjasama yang luas dengan dealer-dealer rekanan.

2. Memiliki produk yang fleksibel dan kompetitif

Kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda memerlukan paket pembiayaan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Produk yang fleksibel dan kompetitif merupakan kelebihan perusahaan pembiayaan dalam menjawab setiap kebutuhan pelanggan.

3. Pilih pinjaman yang dilindungi asuransi

Dengan pinjaman yang dilindungi asuransi, maka jika terjadi kecelakaan dengan kerusakan lebih dari 75 persen atau kendaraan hilang akibat dicuri maka Anda tidak perlu membayar sisa pinjaman.

Baca Juga: Tanpa Ribet, Begini Cara Mengajukan KUR BRI Secara Online

4. Proses mudah

Persyaratan dokumen yang mudah dan proses persetujuan kredit yang cepat adalah salah satu nilai tambah utama bagi perusahaan pembiayaan.

5. Akses pembayaran angsuran yang mudah

Perusahaan pembiayaan yang Anda pilih sebaiknya memiliki beberapa opsi pembayaran cicilan untuk mempermudah proses pembayaran.

Misalnya dengan cara transfer antar bank, ATM, melalui loket pembayaran di kantor pos, pembayaran langsung di cabang-cabang bank atau perusahaan pembiayaan, atau melalui auto debet rekening tabungan.

6. Keamanan dan kemudahan pengambilan BPKB

Penyimpanan BPKB yang aman, serta dapat langsung diambil saat pembayaran lunas merupakan salah satu komitmen yang harus dimiliki oleh perusahaan pembiayaan yang baik dalam mewujudkan kepercayaan pelanggannya.

7. Kemudahan akses informasi

Informasi mengenai produk, layanan, paket pembiayaan, cara pembayaran, hingga sisa angsuran harus dapat diakses melalui call center dan website, sehingga informasi dapat disampaikan dengan jelas kepada pelanggan.

Baca Juga: Tawarkan Kredit Sampai Rp500 Juta, Simak Syarat Pengajuan KUR BNI

8. Bisa negosiasi bunga

Lakukan negosiasi ulang bunga yang ditetapkan pihak leasing. Umumnya perusahaan pembiayaan bisa tawar menawar bunga untuk 1 tahun, 2 tahun, atau 3 tahun.

9. Kalau ada dana, tingkatkan uang muka

Jangan berpatokan pada jumlah minimal yang ditetapkan oleh pihak leasing, yakni 30%. Jika Anda memiliki sejumlah dana yang lebih besar, akan sangat baik untuk mengalokasikannya sebagai uang muka.

Dengan membayar uang muka yang besar, maka utang juga akan berkurang dan secara otomatis kamu akan membayar bunga utang yang lebih ringan. Uang muka yang besar akan berbanding lurus dengan masa kredit yang singkat, atau cicilan bulanan yang lebih ringan.

10. Jangan terpaku satu leasing

Dapatkan informasi yang lengkap mengenai kinerja serta berbagai penawaran dari leasing. Anda bisa mencarinya melalui layanan internet atau mendatangi langsung kantor leasing tersebut.

Jangan terburu-buru dalam menentukan pilihan, lakukan perbandingan antara satu leasing dengan leasing lainnya, sehingga kamu bisa menemukan lembaga pembiayaan yang benar-benar tepat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya