Ini Tantangan Lulusan ITNY Menjelang Revolusi Industri 5.0

Mahasiswa lulusan ITNY menghadapi sejumlah tantangan dan peluang menjelang Revolusi Industri 5.0.

 Wisuda Daring Program Sarjana dan Diploma ITNY Periode II Tahun Akademik 2020/2021, Sabtu (25/9/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Wisuda Daring Program Sarjana dan Diploma ITNY Periode II Tahun Akademik 2020/2021, Sabtu (25/9/2021). (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA – Rektor Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), Dr. Ir. H. Ircham, MT mengatakan mahasiswa lulusan ITNY menghadapi sejumlah tantangan dan peluang menjelang Revolusi Industri 5.0.

“Saat ini kita berada di Revolusi Industri 4.0 dan segera memasuki Revolusi industry 5.0. Di mana perkembangan dunia digital memasuki semua lini kehidupan dan membawa perubahan yang sangat cepat di semua bagian,” kata Ircham saat Wisuda Sarjana dan Diploma ITNY Periode II Tahun Akademik 2020/2021, Sabtu (25/9/2021).

Menurutnya, driveless car, drone, artificial intelegence, dan high technologi telah menggeser bahkan hilangnya beberapa jenis pekerjaan. Namun, di sisi lain membuka lapangan pekerjaan baru yang lebih bersifat teknologi lanjut (shifting).

Baca juga: Kuliah Perdana ITNY : Generasi Z Harus Bisa Berkompetisi dalam Perkembangan Teknologi

“Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi anak-anakku sekalian. Institusi [ITNY] telah membekali dengan hard skill maupun soft skill yang tidak dapat digantikan oleh robot. Inilah saatnya kalian mengembangkan potensi diri, mejawab tantangan jaman. Sekaligus berjuang meraih mimpi dan berbakti bagi nusa dan bangsa. Kalian harus menjadi orang yang bermanfaat bagi lingkungan dimanapun kalian berada,” ujar Ircham dalam sambutannya.

Sementara Ketua Panitia Wisuda, Andrea Sumarah Asih, S.T, menjelaskan, kegiatan Wisuda Sarjana dan Diploma III ITNY periode II tahun akademik 2020/2021 meluluskan sebanyak 265 mahasiswa. Dengan rincian lulusan jenjang Sarjana Strata 1 (S1) : Teknik Sipil 47 orang, Perencanaan Wilayah Kota 24 orang, Teknik Mesin 42 orang.

Kemudian Teknik Elektro 24 orang, Teknik Geologi 35 orang, dan Teknik Pertambangan 53 orang. Sedang lulusan jenjang Diploma III untuk prodi Teknik Mesin 30 orang dan Teknik Elektronika 10 orang.

Baca juga: Sambut Mahasiswa Baru, ITNY Gelar PPTMB 2021

Wisudawan ITNY Cumlaude

“Pada wisuda periode ini untuk jenjang Strata 1 IPK rerata 3,20 dengan masa studi rerata 5,01 tahun sedang jenjang Diploma III IPK rerata 3,66 dengan masa studi rerata 3,14 tahun,” kata Andrea.

Selain itu terdapat 76 wisudawan yang berpredikat cumlaude dengan perincian Teknik Sipil 7 orang, PWK 8 orang, Teknik Mesin 8 orang. Lalu Teknik Elektro 3 orang, Teknik Geologi 12 orang dan Teknik Pertambangan 5 orang. Untuk jenjang program Diploma III, Teknik Mesin 24 orang dan Teknik Elektronika 9 orang.

“Ada delapan wisudawan berpredikat cumlaude terpilih menjadi wisudawan terbaik Prodi. Di urutan pertama adalah Rizhal Wahyu Harwaka (Teknik Mesin DIII) yang meraih IPK 3,94 dengan lama studi 3,21 tahun,” jelas Andrea.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Fintech Tingkatkan Lapangan Kerja Jasa Keuangan hingga 45%

Para pelaku usaha di bidang jasa keuangan multinasional dan domestik berinvestasi besar-besaran ke dalam financial technology.

Solopos Hari Ini: Hapus Militerisme di Kampus

Kasus meninggalnya salah satu mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) setelah mengikuti diklat yang diselenggarakan Resimen Mahasiswa (Menwa) menunjukkan ada sistem yang tidak beres dalam organisasi itu.

PM Sudan Ditahan di Rumah Ketua Dewan Militer, Ini Alasannya

Perdana Menteri Abdalla Hamdok kini ditahan di rumah ketua dewan militer berkuasa Sudan, Abdel Fattah al-Burhan.

LaSalle College Surabaya Usung Tema Unification dalam Graduation Show

Dalam setiap wisuda, LaSalle College Surabaya menampilkan tema menarik yang telah dieksplorasi dan dipoles dengan cermat.

Bikin Resah NU, Menteri Yaqut Cholil Diminta Sowan Kiai Sepuh

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas diminta sowan kepada kiai-kiai NU pasca ramainya pernyataan dirinya yang menyebut Kemenag merupakan hadiah bagi NU.

Toloong...9 Anak Buah Kapal Hilang Ditelan Ombak Laut Bali

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali) melakukan pencarian terhadap 9 orang ABK KM Liberty 1 yang hilang ditelan ombak,

Dicolek Soal Tarif PCR Rp96.000, Puan Justru Apreasiasi Jokowi

Puan mengingatkan tarif Rp300.000 masih akan membebani rakyat karena harga tiket transportasi massal banyak yang lebih murah dari harga tes PCR.

Begini Kronologi Polisi Kutalimbaru Cabuli Istri Tersangka Narkoba

Hadi mengaku saat ini Kapolsek beserta kanit serta enam penyidik Polsek Kutalimbaru telah dibebastugaskan.

Syarat PCR untuk Naik Pesawat Resmi Digugat ke PTUN

Joman menganggap Inmedagri yang dikeluarkan Tito Karnavian soal syarat PCR untuk naik pesawat melanggar Undang Undang Dasar (UUD).

Ini Gelar Sukmawati Soekarnoputri Setelah Menganut Agama Hindu

Putri Presiden Sukarno, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri, resmi menjadi penganut agama Hindu setelah menjalani prosesi upacara Sudhi Wadani.

Sejarah Hari Ini: 27 Oktober 1928, Kongres Pemuda II Dihelat di Jakarta

Aneka peristiwa terjadi di dunia pada 27 Oktober terangkum dalam Sejarah Hari Ini salah satunya terkait dimulainya Kongres Pemuda II di Jakarta.

5 Bocah Main Air di Sungai, 1 Hilang

Keceriaan lima bocah itu berubah menjadi malapetaka setelah terdengar suara teriakan minta tolong dari para korban.

Ustaz di Lampung Unggah Video Dibegal, Eh Ternyata Abal-Abal

Karena menyebut nama Lampung, video rekayasa pembegalan itu dianggap membikin resah.

Tarif PCR di India Murah Banget Rp160.000an, Ternyata Ini Sebabnya

Budi Gunadi menekankan pemerintah tidak akan memberikan subsidi harga tes PCR karena harganya sudah cukup murah dibandingkan negara lain.

Presiden Minta Kantin dan Tempat Parkir Diwaspadai, Ada Apa Ya?

Seiring dengan pembelajaran tatap muka yang sudah dimulai, Presiden meminta kewaspadaan tinggi di kantin dan tempat parkir.

Babat Polisi Jahat, Kapolri: Saya Ingin Polri Dicintai Masyarakat

Kapolri ingin polisi menjadi kebanggaan dan dicintai masyarakat.