Jos! 18.300 Warga Wonogiri Divaksin Covid-19 Dalam Sehari

Pola vaksinasi yang diselenggarakan di setiap kecamatan berdampak pada banyaknya warga Wonogiri yang telah divaksin.

 Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (14/9/2021). (Solopos-M Aris Munandar)

SOLOPOS.COM - Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (14/9/2021). (Solopos-M Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI — Percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri mampu menyasar ke belasan ribu orang dalam satu hari. Diharapkan, target sasaran vaksinasi di kabupaten itu bisa rampung Oktober 2021.

“Sebagai gambaran, kemarin [Senin, 13/9/2021], dalam waktu satu hari ada 18.300 warga Wonogiri yang sudah divaksin secara serentak di 25 kecamatan,” kata Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, kepada wartawan di area Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri, Selasa (14/9/2021).

Tiga pekan terakhir, Kabupaten Wonogiri mendapatkan stok vaksin yang cukup banyak. Pola vaksinasi yang diselenggarakan di setiap kecamatan berdampak pada banyaknya warga yang telah divaksin.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Wonogiri Sudah Turun, Hajatan Kok Belum Boleh Digelar?

Menurut bupati yang akrab disapa Jekek, sebelum mendapatkan stok atau dosis vaksin banyak, presentase vaksinasi di Wonogiri baru 15%. Saat ini, presentase vaksinasi di Wonogiri mencapai 35,63%.

“Jadi ada kenaikan 100 persen lebih. Angka 35,63% itu capaian sampai kemarin [Senin]. Kalau tambah capaian hari ini nanti bisa lebih,” ungkap dia.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, saat Wonogiri mulai mendapatkan stok vaksin banyak, pada pekan pertama diperuntukkan untuk para mahasiswa, sukarelawan dan pedagang pasar. Pada pekan kedua diperuntukkan bagi pelaku UMKM dan PKL.

Baca juga: Ortu Kudu Waspada! Begini Cara Pengedar Jual Obat Keras ke Pemuda Wonogiri

Kemudian, pada pekan ketiga menyasar ke anggota dan tokoh keagamaan serta pelajar SMA sederajat. Pada pekan ke empat atau pekan ini, menyasar ke pelajar SMA, sopir, nelayan, bolo roda dan profesi yang mempunyai risiko tinggi terpapar virus corona.

Pelaksanaan Berdasarkan Kelompok

Jekek mengatakan, vaksinasi di Wonogiri dilakukan dengan sistem klaster kelompok atau berdasarkan profesi. Jika dibuka untuk umum berpotensi terjadi rebutan. Selain itu, pelaksanaan berdasarkan kelompok bisa digunakan untuk saling koreksi dan mengingatkan.

“Secara otomatis nanti irisannya sudah menyasar ke masyarakat umum. Kami urutkan berdasarkan kerentanan profesinya. Yang mempunyai mobilitas tinggi diprioritaskan. Tinggal nanti terakhir masyarakat yang tidak terkover di organisasi atau profesi tertentu jadi sasaran masyarakat umum,” ungkap dia.

Baca juga: Rekrut 3.545 Orang, Anggaran Gaji PPPK Wonogiri Rp229 Miliar Setahun

Saat ini, kata Jekek, masih ada sisa 32.000 dosis vaksin di Wonogiri. Beberapa hari lalu, Wonogiri mendapatkan stok vaksin sekitar 80.000 dosis. Manajerial ketersedian vaksin sudah dihitung. Pihaknya sudah menginventarisasi distribusi vaksin baru.

“Prinsipnya kami tanggung jawab terhadap ketersedian vaksin. Masyarakat tidak perlu galau dan khawatir. Dengan sinergi kebersamaan pemda dan TNI-Polri, kami menjamin vaksinasi terselenggara baik. Kami tanggung jawab,” papar dia.

Pemkab Wonogiri selalu menghitung kuota vaksin yang tersedia. Sebelum stok habis sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Tengah dan pemerintah pusat, agar stabilitas stok vaksin di Wonogiri terjaga. Dengan metodologi dan strategi itu, vaksinasi bisa teraktualisasi ke masyarakat dengan baik.

Baca juga: Hiiii… Ada 2 Sosok Misterius di Balik Asale Dusun Tandon di Selogiri Wonogiri

Jika stok vaksin berhenti, bisa menimbulkan kegaduhan. Saat ini antusias atau respons masyarakat terhadap vaksin sudah luar biasa. Jika terhenti bisa mempertaruhkan kredibilitas pemerintah daerah dalam menjamin stok vaksin.

“Jika sistem seperti ini mampu berjalan terus, vaksinasi di Wonogiri selesai Oktober. Karena polanya sudah oke, vaksinator siap, hanya libur saat Minggu saja, enam hari kerja jalan terus. Satu pekan bisa menyasar ke 100.000 orang,” kata Jekek.


Berita Terkait

Berita Terkini

UNS Solo Dampingi IKM di Laweyan Penuhi Syarat SNI Batik

RG RITE Fakultas Teknik UNS Solo memberikan pendampingan kepada IKM Batik Pandono di Laweyan, Solo, agar memenuhi syarat sertifikasi batik.

Jadwal Pemadaman Listrik Sragen Hari Ini (25/10/2021), Mana Saja?

Berikut jadwal pemadaman listrik di Sragen, Jawa Tengah, hari ini, Senin (25/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam.

Jadwal Pemadaman Listrik Solo dan Karanganyar Hari Ini (25/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Solo dan Karanganyar hari ini, Senin (25/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam.

Kwarcab Pramuka Boyolali Targetkan 1.000 Pembina Bersertifikat KMD

Sertifikasi pembina pramuka menjadi urgen menyusul kegiatan kepanduan ini menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah yang menerapkan kurikulum 2013.

Suharno, Peternak Sukses Klaten Punya Kambing Etawa Dihargai Rp300 Juta

Suharno mengakui salah satu kambing etawa pejantan miliknya dihargai hingga Rp300 juta.

Berharap Showroom Bersama Kampung Batik Kauman Solo Dihidupkan Lagi

Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Paguyuban Kampung Wisata Batik Kauman berharap showroom bersama produk batik lokal dihidupkan lagi.

Canon Mati Seusai Ditangkap Satpol PP Aceh, SAS Solo Tuntut Pengusutan

Komunitas Sahabat Anjing Surakarta menuntut pengusutan tuntas kasus anjing bernama Canon yang mati setelah ditangkap Satpol PP di Aceh.

Pemkot Solo Perbarui Kerja Sama Sister City dengan Xian & Zhuhai China

Kerja sama sister city antara Solo dengan dua kota di China diperbarui karena adanya perubahan aturan pada Peraturan Pemerintah.

Kambing Etawa Bikin Milenial Klaten Tertarik Geluti Peternakan

Menggeliatnya peternak kambing etawa di Klaten semakin menggaet kalangan milenial untuk menggeluti usaha bidang peternakan.

Harga Fantastis, Kambing Etawa Jadi Primadona Baru Peternak di Klaten

Meningkatnya jumlah peternak kambing etawa itu menyusul belakangan harga jual kambing tersebut kian fantastis.

SGS 2021, Panitia Yakin Target Rp800 M Tercapai Sebelum Akhir Bulan

Target transaksi Solo Great Sale atau SGS 2021 hingga akhir pekan ini tercapai Rp501 miliar dari total target Rp800 miliar pada akhir bulan nanti.

Ingin Dolan ke TSTJ Solo? Pengunjung Wajib Perhatikan Sejumlah Hal ini

Meski ada kelonggaran, sejumlah aturan tetap harus diperhatikan oleh para pengunjung objek wisata kebun binatang TSTJ Solo.

Rusak, Jl Duwet Raya di Perbatasan Solo-Sukoharjo-Karanganyar Direhab

Pemkot Solo memperbaiki Jl Duwet Raya di perbatasan Solo-Sukoharjo-Karanganyar yang selama beberapa tahun terakhir rusak dan banyak lubang.

Banteng vs Celeng, PDIP Klaten Madep Mantep dengan Megawati

Ketua DPC PDIP Klaten, Sri Mulyani, mengatakan tidak ada dukung mendukung di internal PDIP Klaten dengan narasi banteng vs celeng.  

Siap-Siap! 29 Sekolah Lagi di Solo bakal Dites Swab Acak

Tes swab PCR secara acak di lingkungan bakal digelar di Kota Solo dengan sasaran 29 sekolah jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat.

Puluhan Kader Perempuan PDIP Klaten Ikuti Pembekalan Politik PUAN

Dengan pembekalan tersebut, Sri Mulyani berharap semakin banyak kader perempuan PDIP Klaten yang mengisi pembangunan di Kabupaten Bersinar.