Kabar Baik! Risiko Anak Mengalami Long Covid-19 Rendah

Meskipun lebih kecil, risiko long Covid-19 pada anak tetap ada.

 Kecil risiko anak alami long Covid-19. (Ilustrasi/Freepik)

SOLOPOS.COM - Kecil risiko anak alami long Covid-19. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO-Sekelompok peneliti yang dipimpin oleh University College London telah menyimpulkan bahwa risiko long Covid-19 pada anak-anak jauh lebih rendah daripada yang ditakuti sebelumnya. Ini merupakan kondisi dimana seseorang masih merasakan gejala penyakit tersebut dalam jangka waktu yang lama, bahkan setelah dinyatakan sembuh dari infeksi virus Corona.

Melansir Aljazeera, Kamis (23/9/2021), mereka mensurvei lebih dari 50.000 anak berusia antara 11 tahun dan 17 tahun yang positif terinfeksi corona di Inggris antara September 2020 dan Maret 2021, hasilnya hanya sedikit yang mengalami long Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian antara 2 persen dan 14 persen dari anak-anak ini masih memiliki gejala 15 pekan setelah infeksi awal mereka, tetapi hanya sedikit yang memiliki gejala berkelanjutan yang mengharuskan mereka mencari bantuan medis atau mengambil cuti sekolah yang signifikan.

Baca Juga: Kontroversi MSG, Berbahaya atau Tidak untuk Tubuh?

Mengutip Bisnis.com, Kamis (23/9/2021), studi awal yang dilakukan di Roma, yang mewawancarai 129 anak berusia antara 6 tahun-16 tahun dari Maret hingga November 2020, melaporkan bahwa lebih dari sepertiga memiliki satu atau dua gejala yang menetap setelah empat bulan. Jadi temuan terbaru ini, meskipun masih mengkhawatirkan, akan meyakinkan orang tua bahwa jika anak mereka terkena virus, risikonya lebih kecil daripada yang diperkirakan sebelumnya untuk mengembangkan long Covid-19.

Meskipun lebih kecil, risiko long Covid-19 pada anak tetap ada, dan penulis penelitian ingin menunjukkan bahwa jumlahnya masih tidak sepele dan penyakit ini perlu ditanggapi dengan serius pada anak-anak. Jelas dari penelitian ini bahwa anak-anak tidak ‘kebal’ dari efek virus ini, sebuah narasi yang terus dikayuh oleh banyak orang, tetapi ini adalah kabar baik bahwa mereka mungkin kurang rentan terhadap long Covid daripada yang diperkirakan semula.

Baca Juga: Jadi Produk Keluarga Broken Home, Anak Ikke Nurjanah Buktikan Tidak Broken

Lalu, apakah vaksin membantu mencegah long Covid? Jawabannya adalah ya. Sebuah studi yang dilakukan oleh Kings College London telah menunjukkan bahwa divaksinasi penuh mengurangi kemungkinan gejala yang berlangsung lebih dari empat minggu sebesar 50 persen. Long Covid-19 diidentifikasi ketika gejala bertahan selama empat pekan atau lebih setelah infeksi Covid-19 awal. Studi ini mengamati hampir satu juta orang yang divaksinasi lengkap dan hanya 592 yang dinyatakan positif Covid-19.

Dari 592 ini, hanya 31, yang merupakan 5 persen dari kohort, yang melaporkan gejala empat pekan atau lebih setelah infeksi. Pada kelompok yang tidak divaksinasi, angka ini adalah 11 persen. Ini adalah alasan lain untuk mengambil vaksin ketika ditawarkan. Jadi, pastikan untuk mengambil semua vaksin Anda untuk melindungi Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Efek Pandemi Covid-19, Kasus Tuberkulosis Naik Lagi

WHO memaparkan bahwa kemajuan dalam pemberantasan penyakit TBC telah menjadi lebih buruk karena meningkatnya jumlah kasus yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

Punya Cicilan Utang KPR atau Pinjol? Ini Trik Bijak Melunasinya

Kita bisa menerapkan salah satu dari dua trik jitu supaya bisa cepat dapat melunasi utang atau cicilan yaitu menggunakan metode debt snowball atau debt stacking.

Mengenal Penyebab Kanker Usus Seperti Diidap Pelawak Qomar

Penyebab utama di balik kedua jenis kanker usus ini adalah mutasi gen.

Viral Kisah Sedih Pria Hidupi Istri ODGJ, Netizen Sindir Baim Wong

Video perjuangan pria menafkahi istrinya yang ODGJ itu kemudian viral di media sosial dan ada netizen yang mengaitkan dengan Baim Wong yang kini ramai diperbincangkan.

90 Karya Seni Rupa Semarakkan Pameran Lentik/Lenting ISI Surakarta

Pameran Lentik/Lenting adalah gagasan untuk melihat lentiknya potensi pengetahuan seni tradisi dengan segenap ciri artistik dan estetiknya, serta potensinya untuk melenting.

15 Oktober Hari Cuci Tangan Sedunia, Tak Hanya untuk Cegah Covid-19

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini pertama dicetuskan oleh Global Handwashing Partnership pada tahun 2008.

Cara Mudah Membeli dan Menggunakan Meterai Elektronik alias E-Meterai

Berikut ini terdapat cara mudah membeli dan menggunakan meterai elektronik alias e-meterai di pos.e-meterai.co.id.

Ini Bacaan Doa Agar Usaha dan Rezeki Lancar

Berikut bacaan doa yang bisa dilafalkan setiap hari agar usaha dan rezeki dilancarkan atas izin-Nya.

Agar Anak Tidak Jadi Penakut, Ajarkan Doa Ini!

Berikut ini terdapat doa yang bisa orang tua ajarkan kepada si kecil agar anak tidak jadi penakut. Lengkap dengan latin dan artinya.

Pilihlah Masakan Rumah daripada Masakan Restoran, Ini Alasannya

Tak ada salahnya membawa bekal makanan berupa masakan dari rumah saat Anda bekerja dan anak sekolah.

Viral Tukang Bangunan Bawa Bayi ke Tempat Proyek, Bikin Miris!

Kisah sedih ini datang dari pria yang bekerja sebagai tukang bangunan dengan membawa anaknya yang masih bayi ke tempat proyek.

Singgung Soal Baim Wong Marahi Kakek, dr Tirta Ajarkan Etika di Sosmed

Dokter sekaligus influencer kesehatan, Tirta Mandira Hudhi menyinggung soal aksi Baim Wong yang memarahi kakek tua.

Raup Rp20 Miliar dari Ternak Sapi? Begini Caranya

Kisah inspiratif tentang seorang pemuda yang sukses bisnis ternak sapi hingga meraup omzet Rp20 miliar.

Disebut Manusia Chip, Perempuan Ini Bisa Buka Lemari Tanpa Menyentuh

Seorang perempuan menanam chip di tangan kirinya untuk memudahkan membuka pintu atau lemari tanpa menyentuh.

Shopee Solo Buka Loker, Jika Diterima Bakal Dapat Fasilitas Keren Ini?

Salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, Shopee membuka lowongan pekerjaan atau loker di Solo. Jika diterima, apa saja fasilitas yang bakal didapat?

Doa Hari Jumat dan Amalannya, Bisa Dibaca di Pagi Hari

Berikut ini terdapat doa hari Jumat, lengkap dengan latin dan artinya yang bisa dibaca di pagi hari sesuai anjuran Rasulullah SAW.