SOLOPOS.COM - Tak hanya sukses budi daya, peternak kambing etawa asal Klaten berhasil meraih juara saat digelar kontes kambing etawa di berbagai daerah. Foto diambil Minggu (24/10/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN–Peternakan kambing etawa di Klaten belakangan kian populer. Populasinya semakin bertambah terutama di wilayah Kecamatan Kemalang.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten, Triyanto, mengatakan Kemalang bisa menjadi pusat peternakan kambing etawa dan menjadi komoditas peternakan unggulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia berencana mengusulkan ke Bupati agar bisa dibuatkan SK bupati wilayah Kemalang menjadi sumber pembibitan kambing etawa di Klaten.

Baca Juga: Harga Fantastis, Kambing Etawa Jadi Primadona Baru Peternak di Klaten

Ekspedisi Mudik 2024

Triyanto berharap menggeliatnya peternak kambing etawa di Klaten semakin menggaet kalangan milenial untuk menggeluti usaha bidang peternakan. Apalagi, sebagian peternak kambing etawa di Klaten saat ini berasal dari kaum milenial.

“Sumber daya peternak PE saat ini justru peternak milenial. ini yang membanggakan dan mudah-mudahan semakin banyak kalangan muda tertarik beternak,” jelas dia.

Anggota Komisi II DPRD Klaten, Widodo, mengatakan kambing etawa memiliki keunggulan dari sisi daging, susu, hingga memiliki nilai seni tinggi hingga kerap digelar kontes. Dia berharap kontes kambing etawa bisa digelar di Klaten dan menjadi agenda rutin.

Baca Juga: Banteng vs Celeng, PDIP Klaten Madep Mantep dengan Megawati

“Kami akan mendorong DPKPP bisa menggerakkan kegiatan kambing PE [peranakan etawa],” jelas dia.

Soal geliat peternak muda, Widodo mengatakan kambing etawa bisa menumbuhkan minat milenial untuk menggeluti usaha bidang peternakan. Hal itu terbukti dengan saat ini semakin banyak milenial yang mulai beternak kambing etawa.

“Ternyata diawali dari seni dan harganya yang menjanjinkan, banyak anak muda tertarik,” kata dia.

Baca Juga: Puluhan Kader Perempuan PDIP Klaten Ikuti Pembekalan Politik PUAN

Sebelumnya diberitakan, peternak kambing peranakan etawa (PE) di Klaten belakangan terus meningkat. Diperkirakan, kini ada ratusan peternak dengan jumlah populasi kambing etawa mencapai 500 ekor.

Ketua Paguyuban Peternak Kambing Etawa Mendo Lembah Merapi (MLM), Gothot Winarso, mengatakan meningkatnya jumlah peternak kambing etawa itu menyusul belakangan harga jual kambing tersebut kian fantastis. Sejak pandemi Covid-19, justru harga jual kambing itu melejit.

“Sejak pandemi Covid-19 harganya mulai semakin fantastis sampai hari ini. Untuk nilai harga tergantung kelasnya. Kalau kelas biasa Rp6 juta sampai Rp10 juta. Kalau sudah pernah masuk kontes minimal dari Rp30 juta hingga bisa sampai ratusan juta rupiah,” kata Gothot sata ditemui di sela kegiatan nyencang bareng dan diskusi terbuka di Dukuh Surowono, Desa Tangkil, Kecamatan Kemalang, Minggu (24/10/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya