SOLOPOS.COM - Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak (kiri) menyerahkan piagam penghargaan kepada Bripka Arif Setiawan (kanan) di Mapolresta Solo, Jumat (6/8/2021) siang. (Solopos-Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, memberi penghargaan langsung kepada tiga anggota Satlantas Polresta Solo yang aksinya sempat viral di media sosial beberapa waktu terakhir. Tiga anggota itu yakni Bripka Arif Setiawan yang berjualan koran di jalan dan dua polwan Iptu Uki Ambarini dan Ipda Festy yang memberikan susu kepada warga Laweyan Solo.

Kapolresta Solo, kepada wartawan, setelah memberikan penghargaan di Mapolresta Solo, Jumat (6/8/2021) siang, mengatakan reward itu diberikan menyusul aksi spontan para anggotanya kepada warga yang membutuhkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengapresiasi Bripka Arif Setiawan saat melintas di kawasan Gemblegan dengan sigap membantu seorang penjual koran yang tidak bisa berdiri karena sakit diabetes.

Baca juga: Panutan! Polisi Solo yang Bantu Kakek-kakek Jualan Koran dan Tisu Dapat Penghargaan

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, dua polwan anggota Satlantas, merespons postingan viral seorang ayah yang hendak menukar sepatu dengan sekotak susu.

“Ini yang saya dorong kepada para anggota untuk mengasah rasa simpati. Ini filsafah kami, jika diniatkan dengan ibadah memilih polisi sebagai profesi adalah jalan menuju surga,” papar Kapolresta Solo.

Ia mengatakan seluruh kerja di seluruh satuan dan fungsi kepolisian memiliki banyak jalan menuju surga dengan berbagai manfaat untuk orang sekitar.

Filsafat kerja menuju surga itu telah terpasang dalam bentuk tulisan di seluruh Mapolresta dan Mapolsek Jajaran Polresta Solo semenjak Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

“Capailah surgamu dengan optimalkan kinerjamu. Jadilah manfaat kepada orang lain,” pesan Kapolresta Solo.

Baca juga: Pemuda di Solo Raup Omzet Jutaan Rupiah Per Bulan Berkat Usaha Packaging Produk

Sementara itu, lanjut dia, aksi Bripka Arief, Iptu Uki, dan Ipda Festy, harus menjadi contoh para anggotanya di Jajaran Polresta Solo. Menurutnya, ia selalu menekankan rasa simpati dan empati kepada masyarakat sebagai seorang polisi. Apalagi, situasi saat ini masih dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV.

Empati dengan Berbagai Hal

Ia menambahkan Polri merupakan bagian dari masyarakat yang nantinya juga akan kembali ke masyarakat.

“Polri wajib hadir untuk membantu dan memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan bantuan maupun yang membutuhkan pertolongan,” ujar dia.

Baca juga: Viral Polisi Solo Bantu Kakek-kakek Jualan Koran dan Tisu, Ternyata Ini Hlo Sosoknya

Ade mendorong para anggotanya untuk selalu bersimpati dan empati dengan berbagai hal. Apa pun itu demi kebaikan masyarakat.

“Kalau ada rezeki lebih, berikan rezeki lebih itu. Kalau bisa membantu, seperti menjualkan koran, lakukan,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya