SOLOPOS.COM - Pelajar SDI Al-Azhar Surabaya mementaskan fragmen perjuangan di TMP Jl. Kusuma Bangsa, Surabaya, Senin (9/11/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Didik Suhartono)

Solopos.com, SOLO — Di bawah ini terdapat sejarah kenapa 10 November selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan?

Seperti diketahui, 10 November menjadi hari bersejarah bagi bangsa Indonesia karena diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal ini dikarenakan pada 10 November 1945, para pahlawan tengah berjuang untuk mempertahankan kedaulatan Indonesia dari asing.

Baca Juga:  Apa Sih Perbedaan Solo dan Surakarta, Kamu Sudah Tahu Belum?

Tetapi, kenapa 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan dan bagaimana sejarahnya?

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada 10 November 1945 terjadi konflik di Surabaya yang merupakan pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris.

Baca Juga: Profil Larasati Nugroho, Pemeran Jessica di Ikatan Cinta RCTI

Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Kenapa 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan erat kaitannya dengan peristiwa bersejarah yang dimulai pada 29 Oktober 1945.

Baca Juga: Aura Kasih Atasi Gairah Seksual dengan Hipnoterapi, Apa Itu?

Pada tanggal itu, terjadi gencatan senjatan Indonesia dengan Inggris. Sebenarnya bentrokan antara tentara Indonesia dengan Inggris sudah mereda, tetapi ada insiden terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby yang merupakan pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur. Kematian Jendral Mallaby ini menyebabkan pihak Inggris marah kepada pihak Indonesia dan berakibat pada keputusan pengganti Mallaby yaitu Mayor Jenderal Eric Carden Robert Manserg.

Dia mengeluarkan peringatan kepada Indonesia agar pada 10 November 1945 segera menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawan pada pasukan sekutur AFNEI. Pihak Inggris juga mengancam Indonesia akan menggempur kota Surabaya dari darat, laut, dan udara apabila orang-orang Indonesia tidak mentaati perintah Inggris.

Baca Juga:  Ini Modal dan Syarat untuk Jadi Agen Elpiji 3 Kg Pertamina

Sejarah Kenapa 10 November Diperingati Hari Pahlawan?

Selain itu, pihak Inggris juga mengeluarkan instruksi kepada pimpinan bangsa Indonesia dan para pemuda di Surabaya untuk datang pada 10 November 1945 pukul 06.00 pagi di tempat yang telah ditentukan.

Akan tetapi, peringatan tersebut tak dipedulikan oleh rakyat Surabaya. Sehingga terjadilah pertempuran Surabaya pada 10 November 1945.

Baca Juga: Banyak Diburu, Ini Cara Daftar Jadi Agen Gas Elpiji 3 Kg Pertamina

Pertempuran tersebut telah mengakibatkan sekitar 20.000 rakyat Surabaya menjadi korban, sebagian besar adalah warga sipil. Selain itu diperkirakan 150.000 orang terpaksa meninggalkan kota Surabaya dan tercatat sekitar 1.600 orang prajurit Inggris tewas, hilang dan luka-luka serta puluhan alat perang rusak dan hancur.

Pertempuran ini terus berlangsung sampai dua minggu lamanya hingga 28 November 1945. Itulah kenapa alasan 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan setiap tahunnya.

Baca Juga:  Pakar Ungkap Transportasi Masa Depan Kota Solo, Ini Gambarannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya