SOLOPOS.COM - Mobil listrik ITNY yang diujicoba untuk rem magnetik, Sabtu (23/10/2021). (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA — Setelah sering meraih juara di Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI), dosen Institut Teknologi Nasional Yogyakarta atau ITNY kini meneliti tentang engine brake mobil listrik.

Penelitian kali ini diketuai oleh dosen Teknik Mesin ITNY, Ir. Agus Jayatun, M.T. dan beranggotakan Sulaiman Tampubolon, S.T., M.T. serta dibantu tiga mahasiswa Teknik Mesin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mobil Listrik ITNY
Mobil listrik ITNY yang diujicoba untuk rem magnetik, Sabtu (23/10/2021). (Istimewa)

Agus mengatakan pengembangan sistem pengereman dengan engine brake pada mobil listrik merupakan proyek yang terpadu dengan pengembangan mobil listrik di ITNY.

Baca Juga: Program MBKM, Mahasiswa ITNY Susun Digitalisasi Peta Desa di Bantul

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam penelitian ini Agus dkk. melakukan uji coba rem magnetik. Uji coba rem di mobil listrik ITNY ini dilaksanakan Sabtu (23/10/2021) di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Pathuk, Gunungkidul.

“Uji coba sukses, desain engine brake Tim Mobil Listrik ITNY mampu menambah daya pengereman saat mobil dikendarai di jalan menurun, sehingga kekhawatiran rem blong dapat ditepis,” jelas Agus.

Jurusan ITNY

Baca Juga: 4 Mahasiswa ITNY Magang di Pusat Riset Aplikasi Penginderaan Jauh Lapan

Selanjutnya, Agus menambahkan bahwa tanpa dilengkapi engine brake, mobil listrik dapat mengalami rem blong ketika melaju di jalan menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya