SOLOPOS.COM - Agus Alesta, pengusaha muda Jepara (Instagram/@agus_alesta)

Solopos.com, JEPARA — Agus Alesta menjadi sosok yang disorot atas kontribusinya mengembangkan sebuah desa di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah menjadi lebih maju. Dilansir dari laman Instagram @infoseputarjepara, Rabu (27/10/2021), pengusaha muda asal Kabupaten Jepara itu menjadikan  desa yang sebelumnya sangat terpencil menjadi sangat maju dengan membuat ratusan perumahan klaster bersubsidi dan komersil dengan berbagai macam tipe.

Agus yang merupakan Direktur PT Alesta Group Indonesia ini mengatakan bahwa di desa itu dulunya sangat sepi. Karena dia melihat peluang besar di kawasan tersebut, akhirnya tergeraklah hatinya untuk memajukan tanah kelahirannya tersebut dengan mencoba peruntungannya dengan terjun di dunia property.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Perumahan yang diberi nama Lestari Garden Hill ini tepatnya berada di Jalan Raya Mayong Pancur Km 6,5, Dukuh Ngipik, Desa Pancur, Kecamatan Mayong. Meskipun rumah ini termasuk kategori rumah bersubsidi, namun kualitas material bangunan rumahnya benar-benar diperhatikan.

Agus Alesta (tengah), pengusaha muda Jepara
Agus Alesta (tengah), pengusaha muda Jepara (Instagram/@agus_alesta)

Baca Juga: Ini Besaran UMR Tahun 2022 yang Diinginkan Buruh di Jateng

Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui kanal Youtube Agus Alesta “PENGUSAHA MUDA MAMPU MEMBUAT RATUSAN PERUMAHAN .PART 1”, material bangunan memiliki spesifikasi fondasi yang dibuat dari batu belah, strukturnya dari beton bertulang, dindingnya bata ringan, lantai menggunakan keramik, kusennya menggunakan alumunium, plafonnya menggunakan gypsumboard sedangkan rangka atap menggunakan baja ringan dan atapnya menggunakan multiroof pasir.

Sumber air mengambil dari PDAM dan daya listriknya dari PLN dengan level daya sebesar 1300kwh. Rumah ini rata-rata bertipe 30/60 dan berdiri di atas lahan seluas 6 hektar (Ha). Agus yang juga merupakan pengusaha fasyen ini memulai proyek pembangunan Lestari Garden Hill ini sejak sekitar akhir 2019 dan selesai total pada September 2021.

Tidak hanya perumahan saja, namun Agus juga membangun ruko-ruko sebagai penunjang yang nantinya digunakan sebagai mini market, resturan dengan berbagai menu dan juga jasa-jasa lainnya. Ada juga spot-spot untuk berswafoto dengan latar yang menarik. Dari 650 rumah yang dibangun ini, 480 diantaranya adalah rumah subsidi dengan harga sekitar Rp140 juta dan sisanya adalah rumah komersil dengan harga sekitar Rp190 juta

Baca Juga: Air Curug Mini Bengkelung Park Diklaim Obat Segala Penyakit

Jalur jalan yang ada di dalam perumahan ini panjangnya 11 meter dengan dibagi menjadi dua jalur. Perumahan ini juga nantinya akan diberi fasilitas pencahayaan yang baik dan juga ada pintu gerbang One Gate System. Perumahan ini juga dirancang dengan wahana hiburan, seperti salah satunya adalah flying fox yang melintasi danau buatan.

Agus mengaku bahwa proyek perumahan ini adalah usaha properti pertamanya dan dia berupaya untuk membuat kawasan properti yang berbeda dari yang lain. Dia ingin membuat sebuah pemikiran bahwa perumahan murah juga memiliki kualitas yang bagus dan itu dimulai dari proyek perumahan yang dia bangun.

Baca juga: Wisata Udara di Jepara Serasa di Bali Hlo

Potensi yang dia lihat dari lahan yang dia bangun sebagai perumahan adalah banyaknya pabrik yang beridiri di sekitar sehingga dia berharap perumahan yang dia bangun bisa memberikan solusi jangka panjang bagi pegawai yang bekerja di pabrik tersebut yang pada akhirnya akan membeli rumah permanen sebagai tempat tinggal. Dalam jangka waktu empat bulan saat perumahan dibangun, sudah ada 60 pembeli. Mereka tertarik dengan kualitas bangunan yang digunakan.

Agus Alesta juga merupakan penerima UMKM Apreciation Award pada januari 2020 dan berhasil menerima gelar juara dua. UMKM Apreciation Award ini diselenggarakan oleh Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya