Keren, Tim ITNY Juara 1 Paper Competition Geodefest 2021

Mahasiswa Teknik Geologi Fakultas Teknologi Mineral (FTM) ITNY meraih juara 1 dalam Paper Competition Geodefest 2021.

 Tim ITNY meraih juara 1 Paper Competition Geodefest 2021. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Tim ITNY meraih juara 1 Paper Competition Geodefest 2021. (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA – Prestasi membanggakan diraih mahasiswa Teknik Geologi Fakultas Teknologi Mineral (FTM) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) setelah menjadi juara 1 dalam Paper Competition Geodefest 2021 di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY).

Hasil lomba Geodefest diumumkan Minggu (5/9/2021). Pada kegiatan ini, juara 2 dan 3 diraih oleh tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pembuatan paper berbekal ilmu dan data yang diperoleh dari Kerja Praktek di PT. GeoPartner Mineral, Kendari Sulawesi Tenggara. Paper yang dilombakan di Geodefest 2021 berjudul, “Pengembangan Model Machine Learning untuk Eksplorasi Nikel Laterit pada Blok X, PT Geo Partner Mineral”.

Baca juga: Tak Seperti Akidi Tio yang Ngeprank, Nenek Ini Sumbangkan Ambulans dari Duit Tabungan

Tim ITNY yang berlaga dalam kompetisi Geodefest 2021 ini diketuai oleh Unggul Prabowo, mahasiswa teknik Geologi angkatan 2017. Didukung mahasiswa lainnya sebagai anggota, Makruf Nur Hanafi dan Reza Krisnandi.

Geodefest sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh SC MGEI – UPN Veteran Yogyakarta. Kegiatan terdiri dari seminar dan kompetisi paper bagi mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia.

Geodefest 2021 ini dilaksanakan secara virtual. Kegiatan ini dimulai dengan pengumpulan abstrak dari berbagai perguruan tinggi. Selanjutnya diseleksi dan diambil 10 paper terbaik.

Baca juga: Perusahan di Jogja Jadi Korban Peretasan E-Mail, Rugi Rp1,4 Miliar

Dosen Pembimbing, Obrin Trianda, S.T., M.T.mengatakan bahwa era digital ini, peran mahasiswa lebih aktif menciptakan hal baru. Terutama untuk efisiensi kegiatan yang dikerjakan secara manual.

Dalam presentasinya di Geodefest 2021, Unggul dan kawan kawan menjelaskan tentang Pemanfaatan teknologi untuk eksplorasi nikel laterit. Yakni dengan mengklasifikasikan tanah hasil pelapukan batuan ultramafik dan non-ultramafik menggunakan pemrograman python

“Terkadang di dalam eksplorasi nikel laterit timbul kesulitan dalam kebutuhan bagi perusahaan. Seperti biaya tenaga lokal, jalan ke lokasi terputus. Maka pengembangan selanjutnya menggunakan drone untuk membantu pengambilan sampel tanah,” ujar Unggul mengenai paper di Geodefest 2021.

ITNy Geodefest 2021

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Gunungkidul Bebas Pilih Vaksin, Ini Jenis yang Paling Diminati

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memberikan kebebasan bagi warganya untuk memilih jenis vaksin Covid-19.

Kabar Baik! Tak Ada Zona Merah di Jogja, Tinggal Satu Oranye

Wakil Wali kota Jogja, Heroe Poerwadi, mengumumkan tidak ada lagi kelurahan di Kota Jogja yang masuk zona merah, dan tersisa satu yang zona oranye.

Gelar Workshop Kewirausahaan, ITNY Jogja Siap Cetak Technopreneur Muda

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan workshop pengembangan kewirausahaan, Sabtu (16/10/2021).

Kemiskinan Kulonprogo Tembus 18,1 Persen, DPRD Minta Ada Evaluasi

Tingginya angka kemiskinan di Kulonprogo menjadi sorotan DPRD setempat. Legislatif ingin ada Pemkab mengevaluasi program pengentasan kemiskinan.

Pemkot Jogja Ingin Seluruh Wisata di DIY Bolehkan Anak 12 Tahun Masuk

Pemerintah Kota atau Pemkot Jogja berharap seluruh tempat wisata di Yogyakarta diizinkan untuk memperbolehkan anak usia di bawah 12 tahun masuk ke kawasan wisatanya.

Ternyata... Gaji Debt Collector Pinjol Ilegal di Sleman Setara UMR

Debt collector salah satu kantor pinjol ilegal di ruko lantai 3, Jalan Prof Herman Yohanes, Depok, Sleman, DIY digaji sesuai UMR Yogyakarta.

Pemkot Jogja Tidak Lagi Gunakan Metode Swab untuk Tes Covid-19, Lalu?

Pemerintah Kota Jogja tidak akan lagi menggunakan metode swab dalam pengambilan sampel tes Covid-19.

Bertambah, Pasien Covid-19 Klaster Senam Sehat di Bantul Jadi 14 Orang

Jumlah pasien Covid-19 dari klaster senam di Mbelan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Kabupaten Bantul terus bertambah hingga Kamis (14/10/2021), tercatat 14 orang.

Ini Daftar Wisata Terbaru di Yogyakarta yang Instagramable

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beragam destinasi wisata terbaru yang layak dikunjungi.

Wisata Pantai di Gunungkidul Kapan Buka?

Inilah penjelasan kenapa sampai saat ini objek wisata pantai di Gunungkidul tak kunjung dibuka.

Jual ke Penyedia Nikah Siri, Komplotan Pencuri Buku Nikah Diringkus

Aparat Polres Gunungkidul meringkus komplotan pencurian spesialis buku nikah dan akta nikah untuk dijual lagi ke penyedia jasa nikah siri dan kawin kontrak.

Tabrakan Pikap dan Scoopy Di Kulonprogo, Dua Orang Tewas di TKP

Dua orang meninggal dunia seketika di tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan antara pikap dan Scoopy di Kulonprogo.

Gempa 4,9 Magnitudo Goyang Yogyakarta, Warga Berhamburan Keluar Gedung

Gempa bumi berkekuatan 4,9 Magnitudo yang terjadi di Pacitan, Jawa Timur, turut dirasakan warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

7 Warga Positif Covid-19 dari Klaster Tilik Bantul Dipindahlan ke RSLKC

Warga yang terpapar Covid-19 dari klaster tilik di Srigading, Saden, Bantul mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid (RSLKC) Bambanglipuro Bantul.

Gempa Kekuatan Magnitudo 4,9 Guncang Yogyakarta Siang Ini

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,9 di ke kedalaman 10 kilometer (km) dan pusat gempa di perairan selatan Jawa.