Kesetaraan Gender di Kota Semarang Terbaik di Indonesia

Kota Semarang yang dipimpin Wali Kota Hendrar Prihadi memperoleh penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Kemen PPPA.

 Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Instagram/@vithoap)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Instagram/@vithoap)

Solopos.com, JAKARTA — Kota Semarang dinobatkan sebagai wilayah dengan tingkat keseteraan gender tertinggi di Indonesia.

Atas prestasinya itu, Kota Semarang yang dipimpin Wali Kota Hendrar Prihadi itu memperoleh penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI, Rabu (13/10/2021).

Anugerah Parahita Ekapraya merupakan salah satu penghargaan bergengsi di Indonesia, yakni pengakuan Pemerintah RI atas komitmen dan peran pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Kategori Utama

Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Puspayoga dalam sambutannya secara virtual mengatakan Kota Semarang meraih penghargaan di kategori utama untuk penilaian tahun 2020.

Pada ajang dua tahunan tersebut Kota Semarang pernah mendapatkan penghargaan untuk kategori madya di tahun 2018, satu tingkat di bawah kategori utama yang diterima Kota Semarang saat ini.

Baca Juga: Disebut Lionel Hendi, Begini Penampilan Kece Wali Kota Semarang Main Bola 

Menteri PPPA menekankan pentingnya implementasi strategi pengarusutamaan gender (PUG) dalam pembangunan, agar dapat mendorong terwujudnya kesetaraan dan keadilan masyarakat.

“Kesetaraan gender adalah kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial, budaya dan kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan tersebut,” terangnya dalam keterangan tertulis yang dikutip Detik.com, Rabu (13/10/2021).

“Sedangkan keadilan gender adalah suatu proses untuk menjadi adil terhadap laki-laki dan perempuan,” sambungnya.

Terima Kasih

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengucapkan terima kasih atas perhatian yang telah diberikan kepada wilayah yang dipimpinnya.

Hendi, sapaan akrabnya, menegaskan komitmen untuk terus sejalan dengan pembangunan di tingkat pusat.

“Terkhusus tentu terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah bergerak bersama mendorong peningkatan pembangunan di Kota Semarang. Pemerintah tidak dapat berjalan sendiri dalam mengupayakan pembangunan, butuh gotong royong, maka apresiasi ini adalah untuk seluruh pihak yang terus aktif berkontribusi,” tutur Hendi.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Wali Kota Gibran Hingga Slank Turut Beri Ucapan Selamat Ultah ke Ganjar

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menerima ucapan selamat ulang tahun atau ultah mulai dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, hingga personel grup musik Slank.

Ultah di Hari Sumpah Pemuda, Ganjar dapat Kado Topi Papua & Baju Adat

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menerima kado ultah dari berbagai tokoh adat di rumah dinasnya.

Demo, Buruh di Jepara Minta UMK 2022 Sebesar Ini

Buruh yang tergabung dalam FSPMI di Kabupaten Jepara menggelar demo menuntut pemerintah menetapkan UMK Jepara 2022 naik 10%.

Selat Muria Hilang, Begini Sejarahnya

Selat Muria dulunya merupakan jalur transportasi dan perdagangan yang ramai dilalui karena merupakan penghubung masyarakat Jawa kuno dengan warga dari pulau-pulau lain.

Nikmatnya Moto Belong Khas Jepara, Dijamin Bikin Melotot

Kuliner khas Jepara bernama moto belong berbentuk menyerupai mata yang melotot.

BPJS Apresiasi Layanan JKN KIS 2 Faskes di Grobogan, Mana Saja?

BPJS Kesehatan Cabang Kudus memberikan apresiasi kepada dua faskes yang berkomitmen baik dalam pelayanan peserta JKN KIS di Kabupaten Grobogan.

Gubernur Ganjar Ajak Mahasiswa Aceh Perbaiki Makam Pocut Meurah Intan

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengajak mahasiswa Aceh untuk memperbaiki makam pahlawan perempuan Pocut Meurah Intan di Blora.

Dibakar Api Cemburu, Kepala Desa di Jepara Setrum Selingkuhan Istri

Seorang kepala desa di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng) diduga melakukan penganiayaan terhadap pria yang dituding sebagai selingkuhan istrinya.

Dukung Jokowi 3 Periode, Ketua DPC PDIP Salatiga Mengundurkan Diri

Teddy Sulistio yang sempat menyatakan dukungan Jokowi 3 periode mengundurkan diri sebagai Ketua DPC PDIP Kota Salatiga dan anggota DPRD Kota Salatiga.

Buruh Minta UMR Jateng 2022 Naik 10%, Apindo Keberatan

Apindo Jateng berharap kenaikan UMR 2022 masih rasional dan tidak memberatkan kalangan pengusaha.

Misteri Sakoci & Larangan Pejabat Publik Masuk Wilayah Ini

Dayeuhluhur adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang kuat dengan mitos pejabat dilarang masuk.

Tanggul Sungai Jebol, Ratusan Rumah di Cilacap Diterjang Banjir Bandang

Ratusan rumah warga di tiga desa di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) diterjang banjir bandang akibat curah hujan tinggi yang sebabkan tanggul sungai jebol.

Rawa Pening Dikaitkan dengan Gempa Ambarawa, Cek Faktanya

Gempa yang terjadi di Salatiga, Banyubiru dan Ambarawa pada 23 Oktober 2021 menimbulkan pertanyaan besar yang mengkaitkan bencana tersebut dengan aktivitas vulkanik di Rawa Pening.

Undip Tambah 4 Guru Besar, Siapa Saja?

Universitas Diponegoro atau Undip Semarang menambah daftar guru besar di kala peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Ini Penyebab Gempa Swarm di Ambarawa Semarang Sepekan Terakhir

Rentetan gempa swarm yang terjadi di wilayah Ambarawa, Banyubiru, serta Salatiga selama sepekan belakangan terjadi akibat aktivitas tiga sesar aktif.

Jual Beli Atlet PON, KONI: Asal Jateng Tapi Sumbang Emas ke Papua

KONI Jateng menyayangkan adanya praktik jual beli atlet PON di mana atlet asal Jateng justru menyumbangkan emas untuk kontingen Papua.