SOLOPOS.COM - Santri asal Karanganyar yang akan kembali ke ponpes di Kediri Jawa Timur, diberangkatkan dari Kantor Bupati Karanganyar, Senin (24/5/2021). (Istimewa/Diskominfo Karanganyar)

Solopos.com, JAKARTA – Kalangan agamawan dan santri menjadi target yang dibidik untuk vaksinasi.

Pada Kamis (2/9/2021), pemerintah melakukan vaksinasi untuk kiai, ustaz dan santri di Jawa Tengah.

Promosi BRI Peduli Ini Sekolahku, Wujud Nyata Komitmen BRI Bagi Kemajuan Pendidikan

“Program ini menargetkan vaksinasi untuk 8.635 kiai, 46.181 ustaz/ustazah, dan 539.255 santri,” papar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan resmi, seperti dikutip Bisnis, Rabu (1/9/2021).

Yaqut optimistis, vaksinasi santri dan pesantren berlangsung masif seiring dengan ketersediaan vaksin serta meningkatnya kesadaran masyarakat untuk vaksinasi.

Baca Juga: Kimia Farma Bagikan Paket Imunitas ke 8.800 Nakes Semarang 

Program vaksinasi ini, lanjut Yaqut, merupakan langkah awal menyambut pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

“Pemerintah berkomitmen proses vaksinasi santri dan pelajar ini bisa segera diselesaikan, dan itu akan berkontribusi besar dalam pembentukan kekebalan kolektif,” katanya.

Langkah Strategis

Ia mengatakan, vaksinasi merupakan langkah yang strategis untuk mencapai herd immunity.

“Program vaksinasi santri ini terus bergulir di berbagai daerah sebagai bagian partisipasi pesantren dalam mewujudkan herd immunity,” papar tokoh Nahdlatul Ulama (NU) itu.

Program vaksinasi di pesantren merupakan langkah yang strategis karena pesantren merupakan sebuah ekosistem sekitarnya.

Tumbuh Kepercayaan

“Vaksinasi santri dan pesantren juga berdampak pada tumbuhnya kepercayaan masyarakat untuk bersama-sama ikut program vaksinasi,” imbuhnya.

Dalam sebulan terakhir program vaksinasi santri sudah berjalan di Jawa maupun luar Jawa.

Baca Juga: Setelah Harga PCR Turun, Tarif Tes Swab Antigen Ikut Turun 

Dirinya sempat memantau program Kick Off Program 3 Juta Pesantren Jawa Barat Siap Divaksin” pada pertengahan Agustus 2021 lalu.

Pelaksanaan vaksinasi, merupakan bentuk kerja sama Kanwil Kemenag Provinsi atau Kankemenag Kabupaten/Kota dengan Baznas atau LAZ, Dinas Kesehatan, TNI, Polri, dan pihak lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya