SOLOPOS.COM - Sendang Pengantin Kandang Sapi Solo. (Instagram/@misterisolo)

Solopos.com, SOLO — Di bawah ini terdapat kisah cinta berakhir tragis yang konon katanya merupakan legenda munculnya Sendang Pengantin Kandang Sapi di Solo, Jawa Tengah.

Sendang yang berada tak jauh dari salah satu rumah sakit terbesar di Kota Solo ini menyimpan cerita menarik untuk diulas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga:  Biaya Masuk Sekolah PAUD di Soloraya, Segini Dana yang Harus Disiapkan

Berdasarkan informasi yang diunggah oleh pengelola akun Instagram @misterisolo, sendang ini konon katanya muncul setelah sepasang kekasih melarikan diri karena tak direstui cintanya oleh orang tua perempuan yang bernama Jumirah.

“Hiduplah sepasang sejoli yang saling mencintai bernama Jumirah dan Sankalan. Naasnya, kedua hubungan mereka tidak direstui oleh keluarga Jumirah yang pada saat itu termasuk abdi dalem Keraton Pajang (adapula yang menyebut Keraton Kartasura) karena Sangkalan merupakan ‘pidak pedarakan’ atau rakyat miskin,” cerita pengelola akun Instagram @misterisolo tentang legenda Sendang Pengantin Kandang Sapi di Solo ini.

Baca Juga: Bukan Solo Baru, Ternyata Ini Nama yang Sempat Diusulkan untuk Soba

Meski cintanya terhalang restu, mereka tetap memperjuangkannya hingga pernikahan. Tetapi, di tengah-tengah pernikahan mereka, ayah Jumirah berusaha mengambil anaknya agar tak hidup bersama dengan Sankalan.

“Konon, kedua pengantin berhasil melarikan diri dan menghilang di suatu tempat meskipun telah dikepung di semua penjuru,” tambah dia.

Baca Juga:  Ternyata Ini Alasan Solo Baru Dibangun di Madegondo Sukoharjo

Setelah mereka kabur dan tak ditemukan ada keanehan muncul. Tiba-tiba di lokasi hilangnya sepasang pengantin muncul dua buah sendang yang kini dikenal sebagai Sendang Pengantin Kandang Sapi.

Ada dua sendang yang muncul di lokasi tersebut disertai pohon kepuh. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, sepasang pengantin itu telah berubah menjadi sendang karena telah berjanji sehidup semati.

Baca Juga: Informasi Biaya Masuk Sekolah SD di Solo, Ada yang Sampai Puluhan Juta!

Konon katanya,, air di sendang ini dipercaya bisa memberikan manfaat. “Air disini juga menjadi syarat sesaji perpindahan Kraton Kartasura ke Kraton Surakarta. Banyak yang masih percaya, bahwa mandi dengan air dari sendang ini dapat mendekatkan jodoh serta bagi ibu hamil dapat menangkal sawan yang menyebabkan anak lahir dalam kondisi cacat,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya