SOLOPOS.COM - Penampakan rumah yang selamat seusai diterjang awan panas erupsi Gunung Semeru. (TikTok/@rendra_tegar)

Solopos.com, LUMAJANG — Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) meluluhlantakkan banyak bangunan, khususnya di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Meski demikian, ternyata ada satu rumah yang masih berdiri tegal setelah diterjang awan panas Gunung Semeru.

Penampakan rumah yang selamat itu viral dalam video yang diunggah pengguna akun TikTok @Rendra. Rumah tersebut berada di Kampung Renteng yang  di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Satu-satunya rumah yg selamat di Kampung Renteng. Rumah Pak Roh,” tulis keterangan akun tersebut, seperti dikabarkan Okezone.com, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Cerita Kampung Renteng Jadi Lautan Debu, Tertimbun Abu Gunung Semeru

Rumah itu tampak penuh debu dan abu. Tetapi bentuknya masih tegak berdiri dibandingkan rumah penduduk lain. Video tersebut mengundang empati warganet atas bencana alam yang terjadi di Gunung Semeru.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, erupsi Gunung Semeru berdampak pada delapan kecamatan di Lumajang. Seluruh rumah warga di Dusun Curah Krobokan, Desa Supiturang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), dilaporkan hancur akibat terdampak erupsi Gunung Semeru.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, 3 Gunung Berapi di Indonesia Siaga, 11 Waspada

Bencana alam tersebut juga menyebabkan Jembatan Gladak Perak yang merupakan akses penghubung antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang putus. Akibat kondisi itu, warga yang ada di Pronojiwo tidak bisa mengarah ke wilayah Lumajang.

Sementara itu abu vulkanik erupsi Gunung Semeru menyulap Kampung Renteng lenjadi lautan debu. Rumah, pabrik, tempat ibadah, hingga kendaraan warga tertimbun abu. Bahkan hujan abu yang terjadi di sana menyebabkan beberapa ternak warga mati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya