SOLOPOS.COM - Nurul Qomar alias Komar (Youtube)

Solopos.com, SOLO — Komedian Nurul Qomar baru-baru ini divonis mengidap kanker usus stadium 4C oleh dokter.

Bahkan, akibat penyakitnya tersebut, ia harus menjalani operasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dokter ahli memvonis kanker ganas ada di pencernaan usus besar dan usus halus dan sudah stadium 4C,” jelas Qomar, dilansir Detik.com, Jumat (1/10/2021).

Baca Juga:  Bolehkah Akad Nikah 2 Kali, Seperti yang Dilakukan Billar dan Lesti?

Ekspedisi Mudik 2024

Idap kanker usus, komedian Qomar tak bisa buang air besar atau BAB secara normal. Dia harus menggunakan alat bantu bernama stoma untuk mengeluarkan kotoran dari dalam tubuhnya.

Qomar mengungkap gejala awal yang ia alami sebelum divonis dokter mengidap kanker usus. Ia sempat mengalami susah BAB selama satu bulan.

Baca Juga:  Penuh Misteri, Pembantaian Libatkan PKI di Solo Terhenti Banjir 1966?

Selain itu, perutnya keras dan tak bisa kentut. “Satu waktu selama satu bulan itu tidak bisa buang air besar dan tidak bisa buang gas. Keras, [seperti] mau pecah,” ungkap dia.

Lalu, bagaimana sih gejala kanker usus seperti yang dialami komedian Qomar?

Baca Juga: Selain Tukul Arwana, Ini Anak Artis Lainnya yang Jadi Polisi & Tentara

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, gejala awal kanker usus sangat sulit untuk diidentifikasi. Namun, masyarakat harus mewaspadai beberapa gejala, salah satunya, adalah sulitnya BAB yang disertai dengan perut kembung. Perubahan saat buang air besar dan perut yang membesar ini, dikarenakan usus dipenuhi oleh tumor yang tentunya mempersulit BAB.

Kemudian, pengidap akan mengalami BAB berdarah, dikarenakan pengidap kurang konsumsi makanan berserat. Feses akan berubah warna menjadi lebih gelap. Walaupun terkadang sebagian orang memiliki feses yang berwarna normal namun tetap ada pendarahan. Namun, pada gejala ini, dianggap wasir oleh sebagian banyak orang. Sekitar empat pekan, tekstur feses berubah menjadi bertambah padat lalu keras hingga bertambah cair (diare) dan hal ini perlu diwaspadai.

Baca Juga:  5 Kuliner Khas Mandalika Lombok, Semuanya Menggugah Selera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya